MPKS Kolaborasi Yamali TB Pastikan LKSA Bebas TBC

Publish

24 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
297
MPKS

MPKS

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar membangun kolaborasi bersama Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB).

Kolaborasi kali ini dalam rangka upaya pencegahan dan pengendalian infeksi TBC di lingkungan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah-Aisyiyah di kota Makassar.

Kerjasama kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Ketua MPKS Muhammadiyah Makassar, Subani Martonadi dengan Ketua Yamali TB Kasri Riswadi, di Aula LKSA Sejati Muhammadiyah, Jl. Cakalang, Makassar, Sabtu (23/9/2023).

Ketua MPKS Makassar, Subani Martonadi mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah kerjasama pertama MPKS dalam periode kali ini. 

Ia menyebut bekerjasama dengan Yamali TB sebagai komunitas pegiat TBC sangat penting untuk memastikan bahwa LKSA di bawah MKPS telah teredukasi terkait penyakit menular dan dapat menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) dengan bimbingan secara terpadu kepada para anak didik di LKSA.

"Dalam penandatangan MOA hari ini, kita sekaligus rangkaikan dengan kegiatan workshop pencegahan TBC serta sikrining gejala kepada para anak didik di LKSA Sejati. Alhamdulillah hasilnya semua sehat dari TBC, dan ini kami harapkan juga hal yang sama di delapan LKSA di bawah MPKS Makassar," tutur Subani.

Sementara itu, Manager SR Yamali TB, Wahriyadi menyatakan bahwa relasi dengan Muhammadiyah Makassar sejatinya telah terjalin sejak beberapa tahun lalu melalui TB Care Aisyiyah,

Sehingga kolaborasi kali ini adalah penguatan untuk memastikan lagi bahwa warga LKSA bebas TBC.

"Kasus TBC di masyarakat khususnya Makassar ini masih sangat tinggi, karenanya kita terus menggiatkan upaya penemuan kasus serta pencegahan di masyarakat. Salah satu dengan faktor resiko tinggi adalah di tempat berasrama seperti LKSA," sebutnya.

Kegiatan workshop sensitisasi TBC dan sikining sendiri dilakukan kepada 30 peserta anak didik LKSA serta 10 orang pembina dengan melibatkan 20 tenaga sikrining dari mahasiswa TB Rangers BCF-Yamali TB.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi Host Pelatihan Pen....

Suara Muhammadiyah

12 July 2024

Berita

DEPOK, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Saad Ibrahim, MA menghadiri Baitul ....

Suara Muhammadiyah

2 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Prof. Dr. /Agussani, MAP ....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Cirebon ....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar terus menggencarkan progr....

Suara Muhammadiyah

13 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah