Muhammadiyah Bantul Dorong Pilkada Damai dan Berkeadaban untuk Kemaslahatan Bersama

Publish

26 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
113
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - 
Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul Yogyakarta menyatakan pernyataannya dalam pers pada Kamis (26/9), terkait Pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan serentak dalam waktu dekat. PDM Bantul menyambut baik dan mendukung penuh proses Pilkada di Kabupaten Bantul. 

PDM Bantul mengucapkan selamat atas keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul yang telah menetapkan tiga Paslon Bupati/Wakil Bupati Bantul. Yaitu paslon nomor urut satu, Untoro Hariadi dan Wahyudi Anggoro Hadi. Paslon nomor urut dua, Abdul Halim Muslih dan Aris Subaryanto. Lalu Paslon ketiga Joko Budi Purnomo dan Rony Wijaya Indra Gunawan. 

PDM Bantul merasa harus memberikan sikap sehubungan dengan posisi dan peran Muhammadiyah di dalam dinamika dan bernegara. Khususnya dalam konteks pilkada 2024. 

PDM menyampaikan 3 maklumat untuk masyarakat terutama untuk warga Muhammadiyah Bantul, yang pertama Persyarikatan Muhammadiyah bersikap tegak lurus dengan berteguh pada khittah Perjuangan Muhammadiyah yang mengamanatkan kepada segenap jajaran Persyarikatan beserta seluruh organisasi otonomnya.

Hal ini bertujuan secara kelembagaan tidak terlibat langsung dalam kegiatan politik praktis, namun Muhammadiyah tetap berkewajiban mendorong proses politik damai dan berkeadaban yang tercermin dalam pelaksanaan pilkada secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dengan tetap menjaga kerukunan dan perdamaian.

Kedua, PDM Bantul mendorong peran dan partisipasi warga Muhammadiyah di dalam pilkada 2024 ini berdasarkan pandangan bahwa peranan para kader dan warga Muhammadiyah di dalam pilkada merupakan hak politik pribadi atau kelompok warga Muhammadiyah yang dijamin oleh Undang-Undang. 

Sehingga harus dihargai dan dijunjung tinggi, dan dijalankan dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara selaras dengan kepentingan Muhammadiyah, di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Ketiga, PDM Bantul mendorong seluruh warga Muhammadiyah yang berhak pilih, agar pada hari Rabu, (27/11) mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menggunakan hak tersebut untuk menentukan pilihannya secara cerdas dan bertanggung jawab dalam memperjuangkan kepentingan-kepentingan Muhammadiyah.

Terutama dibidang pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup, untuk mencapai cita-cita masyarakat Bantul yang lebih berkemajuan. Memilih secara cerdas berarti sebelum memilih telah mencermati, memahami, dan mempertimbangkan track record dan visi misi para paslon.

Dengan tolak ukur paslon mana yang benar-benar menunjukkan komitmennya bagi kepentingan Muhammadiyah, serta mewaspadai anasir-anasir yang berniat mengadu domba, memecah-belah, dan menyebarkan fitnah yang merugikan kepentingan Muhammadiyah itu. 

Memilih secara bertanggung jawab, berarti menyadari posisi diri masing-masing sebagai warga, simpatisan, aktivis, jama'ah, karyawan amal usaha, termasuk pimpinan Persyarikatan di semua lini untuk memahami dan mematuhi arahan Pimpinan Muhammadiyah. (Lika/Alle/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -  ”Kita diberi kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Kegiatan studi kunjung telah menjadi salah satu metode efektif u....

Suara Muhammadiyah

14 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Perkumpulan Sepakbola Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Yogyak....

Suara Muhammadiyah

28 April 2024

Berita

Sinergi Bersama dan Berkolaborasi   SAMARINDA, Suara Muhammadiyah – Orientasi Kader Aksi....

Suara Muhammadiyah

17 October 2024

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Anti-Korupsi Sedunia 2023, Pimpinan Daer....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah