Muhammadiyah Dorong Ekonomi Produktif Peternak Bebek Peking

Publish

24 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
74
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Kolaborasi LAZISMU - LPUMKM melalui Program Mikro Plasma di Lampung 

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah melalui LAZISMU Wilayah Lampung terus berkomitmen untuk mengimplementasikan program-program pemberdayaan yang bersifat produktif, yang mempunyai efek jangka panjang bagi para penerima zakat.

LAZISMU Wilayah Lampung bersinergi dengan Lembaga Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (LPUMKM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, menyalurkan dana zakat untuk program Peternakan Masyarakat Mandiri Mikro Plasma Peternak Bebek Peking di Kandang Itik Langkapura milik Sunardi pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Hadir dalam acara penyerahan simbolis Wakil Ketua Bidang Penghimpunan dan Kerjasama LAZISMU Ir. Mursidin, Sekertaris LPUMKM PWM Lampung Danang Tri Hartanto, Ketua PCM Langkapura, serta peternak bebek peking sebagai penerima manfaat langsung Bapak Sunardi.

Danang Tri Hartanto mengatakan bahwa program ini merupakan program kemitraan antara LPUMKM dan Peternak. LPUMKM selaku penanggungjawab program akan melakukan pendampingan kepada Peternak dari hulu hingga hilir. Mulai dari penyediaan bibit, bahan makanan ternak, perawatan, hingga akses pasar yang sangat terbuka. “Sehingga dana yang disalurkan oleh LAZISMU kepada peternak, insyaallah bisa berkembang dengan baik dan pada akhirnya menjadi mandiri”, jelasnya optimis.

Terkait luasnya akses pasar, Danang menyebutkan bahwa kebutuhan bebek sebagai bahan baku makanan siap saji di Lampung sejauh ini mendapatkan suplai dari wilayah Jawa. . LPUMKM bersama jaringan yang dimiliki sudah melakukan survey pasar dan memastikan bahwa pasar bebek di Lampung masih sangat terbuka. "Dengan masa panen hanya sekitar 35 hari sejak bibit masuk ke kandang, peternak dapat menjadikan usaha ini sebagai mata pencaharian utama untuk memenuhi kebutuhan keluarga", tambahnya.

Mursidin, atas nama LAZISMU selaku pemberi bantuan berharap program ini dapat menjadi pemantik untuk terus mengembangkan usaha sehingga menjadi peternakan yang memiliki kualitas yang unggul. (Banun)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Klinik Pratama Muhammadiyah Medical Center atau yang sering disebut MMC m....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Cipayung, Jakarta Timur, menerima Dana Tanggung Jawab Sos....

Suara Muhammadiyah

17 October 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Wilayah Asyiyah Jawa Tengah mengad....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Palangkaraya menyelenggarakan Baitu....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Akhirussanah dan Wisuda Tahfidh SD Muhammadiyah Pandeyan Tahun Ajaran 2....

Suara Muhammadiyah

20 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah