Muhammadiyah Sulsel Dorong Masyarakat Hidupkan Budaya Berliterasi

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
187
Doc. MPI Sulsel

Doc. MPI Sulsel

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional tahun 2024, Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan menyelenggarakan acara bertajuk "Muhammadiyah Studies Talk Volume 5" dengan tema "Partisipasi Masyarakat dalam Mengembangkan Budaya Literasi,” Jum’at (17/5).

Acara yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung di tvMu ini menghadirkan Kepala Perpustakaan Nasional RI Prof E Aminuddin Aziz, MA., PhD sebagai pembicara utama. Refleksi Hari Buku ini juga dihadiri oleh Ketua PWM Sulsel Prof. Ambo Asse yang memberikan pengantar.

Kepala Perpustakaan Nasional Prof E Aminuddin Aziz dalam presentasinya memaparkan beberapa strategi untuk meningkatkan literasi di Indonesia. Salah satunya adalah pengembangan infrastruktur buku dan perpustakaan yang merata di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah terpencil.

Ia menilai bahwa salah satu penyebab rendahnya tingkat kegemaran membaca dan kemampuan literasi siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, yaitu masih kurang tersedia buku-buku bacaan yang benar-benar sesuai dengan minat para calon pembaca. Sebab, pada sisi yang lain, ada data yang menunjukkan bahwa minat baca masyarakat di Indonesia cukup tinggi.

“Oleh karena itu, salah satu ikhtiar Perpustakaan Nasional untuk menata pembangunan budaya baca dan kemampuan literasi berdasarkan data masalah tadi adalah menyediakan buku-buku bacaan yang lebih sesuai dengan minat baca dan dapat memenuhi harapan para calon pembaca itu,” ungkap Dewan Pakar Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini.

Aminuddin mendorong peningkatan anggaran untuk pengadaan buku berkualitas, termasuk buku dalam bahasa daerah dan yang mengusung kearifan lokal.

Acara ini juga dirangkaikan dengan diskusi buku bertajuk "Covering Muhammadiyah: Gerakan Islam Berkemajuan dalam Sorotan Media Massa pada Zaman Kolonial Belanda". Diskusi buku ini menghadirkan Mu'arif, MPd, penulis buku tersebut, sebagai narasumber. Selain itu, hadir pula Wakil Ketua PWM Muhammadiyah Sulsel Dr Dahlan Lama Bawa dan Pegiat Literasi Dr. Fadli A. Natsif sebagai pembicara lainnya. Acara ini dipandu oleh Pengurus MPI PWM Sulsel Muhammad Ihsan Harahap.

Ketua MPI Sulsel, Hadisaputra, berharap dengan diselenggarakannya "Muhammadiyah Studies Talk" secara berkala, Muhammadiyah Sulsel dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. Hal ini diharapkan dapat menciptakan generasi yang lebih cerdas dan berdaya saing. (Hadi/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah –  Kantin sehat di SD Muhammadiyah 1 Solo mendapatkan berbagai p....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

TOKYO, Suara Muhammadiyah - "Berdirinya PCIA dan PCIM menjadi salah satu bukti bahwa program interna....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

BATAM, Suara Muhammadiyah - Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Muhammadiyah Batam menerima kunjun....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Menyikapi tingginya animo sekolah Muhammadiyah mengikuti Olympic....

Suara Muhammadiyah

8 February 2024

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Pada Sabtu (15/6) SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban menjalani visitasi Mu....

Suara Muhammadiyah

15 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah