Musycab Muhammadiyah dan Aisyiyah Manggala Berlangsung Semarak

Publish

24 July 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
555

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Cabang Muhammadiyah Manggala dan  Cabang  Aisyiyah Manggala V  secara resmi telah dibuka Ahad 23 Juli 2023 di Gedung LKSA Panti Asuhan Bahagia Kota Makassar Jl. Raya Baruga Antang Manggala.

Musycab V ini diikuti sekitar 300 peserta dan penggembira dan akan melakukan sidang mengevaluasi program kegiatan periode sebelumnya kemudian akan memilih anggota kepengurusan cabang untuk periode lima tahun ke depan.

Ketua Panitia Musycab V PCM dan Aisyiyah Manggala Makassar, Muh Irsan, A.Md dalam laporannya mengatakan, peserta musycab yang punya hak suara berasal dari utusan 11 Pengurus Anak Ranting (PAC) se Cabang Muhammadiyah Manggala serta 7 Pengurus Ranting Aisyiyah se Cabang Manggala serta Ortom dan PCM Manggala.

Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan pra musycab dengan kegiatan gerak jalan sehat sekaligus menyemarakkan tahun baru Hijriyah pada 1 Muharram 1445 bertepatan Rabu 19 Juli 2023, kata Muh Irsan, A.Md.

Ketua PCM Manggala Kota Makassar, Drs.H.Sahaka Baso, M.Pd.I pada sambutan pembukaan musycab mengatakan, semua urusan harus  dimusyawarahkan dan proses pengambilan keputusan  jangan tergesa gesa dan tetap lewat proses.

Demikian halnya calon Pengurus Cabang Muhammadiyah juga lewat proses penjaringan sesuai dengan aturan organisasi persyarikatan Muhammadiyah.

H.Sahaka berharap agar proses pemilihan Pengurus Cabang Muhammadiyah Manggala agar tetap berjalan lancar dan sukses sesuai dengan aturan dalam persyarikatan, katanya.

Ketua PC Aisyiah Manggala, Dra.Hj Sumiati Hasyim, M.Pd pada sambutannya mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada para panitia angkatan muda Muhammadiyah yang telah bekerja secara maksimal dan hasilnya acara dapat berjalan lancar dan sukses.

Musycab PC Aisyiah akan mengevaluasi program kerja pengurus lama dan akan melakukan pemilihan Pengurus Cabang Aisyiah Manggala untuk lima tahun kedepan.

Pengurus Daerah Muhammadiyah Makassar  Dr Mujahid Abd Jabbar pada sambutannya mengatakan, pilihlah pemimpin yang bagus hubungannya dengan Allah SWT serta bagus pula hubungannya dengan sesama manusia.

Nampak hadir dalam acara pembukaan Muscab PCM dan Aisyiyah Manggala, Ketua Majelis Wakaf PWM Sulsel, Ir H Saleh Molla, MM; Dewan Penasehat Majelis Pemberdayaan Masyarakat PWM Sulsel, Dr H Mahmud Nuhung, MA, Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PWM Sulsel, Dr.Muhammad Yahya, M.Si.

Kapolsek Manggala, Kompol H Syamsuardi, S.Sos, MH, Camat Manggala diwakili Muhammad Nawir serta para pengurus PDM, PD Aisyiyah Makassar, PCM dan PC Aisyiah Manggala serta PRT Muhammadiyah dan Ranting  Muhammadiyah se Cabang Manggala dan undangan lainnya.

Hasil Musyawarah

MAKASSAR. Muh Ali H, S.Ag, M.Pd.I, terpilih jadi Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Manggala periode 2022-2027 pada Musycab V digelar Ahad 23 Juli 2023 di Lantai 2 Masjid Nurul Iman Pannara Antang. Dia menggantikan Ketua PCM Manggala sebelumnya Drs.H.Sahaka Baso, M.Pd.I.

Pembukaan Musycab PCM dan PC Aisyiah Manggala V secara resmi  dibuka Ahad pagi  23 Juli 2023 di Gedung LKSA Panti Asuhan Bahagia Kota Makassar Jl. Raya Baruga Antang Manggala dan rapatnya di Masjid Nurul Iman Pannara.

Prosesi pemilihan dari 25 calon tetap kemudian dipilih 9 formatur PCM  Manggala Makassar periode  2022-2027 yakni; 

Muh Ali H, S.Ag, M.Pd.I sebanyak 46, Kamaluddin Lala (39), Anwar, S.Pi,M.Pi (37); Muhammad Mahdi Syukur, S.Ag (31); Ilyas Jamaluddin H, S.Pd.I (28); Andi Amri Masyur IR (25); Alimuddin H (24); Amin H (23); Usman HL (23).

Peserta yang memiliki hak pilih dalam muscab kali ini berjumlah 63 orang terdiri dari unsur PCM Manggala sebanyak 9 orang. Unsur Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) se PCM Manggala 44 orang.Ortom Muhammadiyah sebanyak 10 orang.

Ketua terpilih PCM Manggala Muh Ali H, pada sambutan singkat saat penutupan musycab mengajak semua pengurus dan  anggota berkolaborasi secara bersama membangkitkan dan mengembangkan persyarikatan Muhammadiyah.

Agenda ke depan cukup banyak tantangan mencapai Muhammadiyah Berkemajuan. Tetapi dengan kolaborasi dan kerjasama akan melewati tantangan itu, kata Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Aisyiyah Sungguminasa ini.

Muhammadiyah punya agenda besar melakukan pemberdayaan ummat dengan menggerakkan ekonomi ummat, katanya.

Agenda besar PCM Manggala adalah pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Cabang Manggala yang sudah ada lokasi dan fondasi di Borong Jambu Manggala.

Selain itu peningkatan pelayanan dan pemberdayaan kepada ummat apalagi dalam menghadapi era masyarakat digital.

Sosok Muh Ali lahir di Kassi Tamangapa Makassar, 4 Agustus 1970. Menyelesaikan jenjang studi  S1 Pendidikan Agama Islam UIN Alauddin Makassar 1994.

Merampungkan pendidikan Magister Manajemen Pendidikan Agama Islam di PPs-Unismuh Makassar 2009. Periode lalu dia salah seorang Wakil Ketua PCM Manggala. (Yahya/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah meluluskan ribuan alumninya....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Tanggal 9-11 Mei  2024 ini 183 penggiat Muhammadiyah yang berkhidma....

Suara Muhammadiyah

9 May 2024

Berita

FRANKFURT, Suara Muhammadiyah - Timnas U-17 Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan di Jerman, ....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 650 siswa mulai dari kelas 1ABCD hingga kelas 6ABCD SD Muh....

Suara Muhammadiyah

2 May 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Se Daerah Istimewa Yogyakarta menerima dana Zakat Infaq Sh....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah