Pakar Falak Malaysia Akui OIF UMSU Hebat

Publish

11 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
129
OIF UMSU

OIF UMSU

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pakar Falak Malaysia, Dr. Kassim Bahali mengatakan bahwa UMSU sangat hebat karena telah terkognisi MQA Mayasia, “UMSU ini hebat loh karena sudah mendapatkan rekognisi dari MQA,” ujarnya. 

Ia menyampaikan, jalinan kerja sama dan seminar internasional ini dapat mempererat dan mendekatkan hubungan dua negara, khususnya antara OIF UMSU, Persatuan Falak Syarie Melaka dan Persatuan Falak Syar’i. 

“Alhamdulillah, hubungan kita dapat dipertingkatkan untuk kemajuan masa depan. Supaya Ilmu Falak ini dapat terus berkembang, hari ini ilmu menjadi sangat penting untuk kemaslahatan umat Isalam dalam menguasai Ilmu Falak,” ujar Dr Kassim. 

Sebelumnya, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwakili oleh WR III Dr. Rudianto, M.Si menyambut hangat kedatangan rombongan Persatuan Falak Syarie Melaka dan Persatuan Falak Syar’i. 

“UMSU sangat serius mengembangkan Ilmu Falak, selain arahan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah kita melihat bahwa Masyarakat perlu dicerahkan dan diajarkan terkait bagaimana mengembangkan ilmu falak,” kata WR III UMSU. 

Kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Internasional Ilmu Falak bertajuk ‘Instrument Astronomi Klasik dan Modren’ dipandu oleh Roynanda Sinaga, S.I.Kom bersama pemateri Dosen Prodi Ilmu Falak UMSU, Muhammad Hidayat, M.Pd membahas materi terkait ‘Instrumen Klasik Rubuk Mujayyab’ dan perwakilan dari Pusat Falak Syarie Melaka, Ahmad Zailan Abidin menyampaikan tentang ‘Penggunaan Alat Tradisional Falak Vs Teknologi Modern’. 

Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU dan Persatuan Falak Syarie Melaka tandatangani MoU, MoA dan IA serta gelar seminar Internasional bertajuk ‘Instrument Astronomi Klasik dan Modern’.  Penandatangan MoU dilakukan oleh WR III UMSU Dr. Rudianto, M.Si dan Pakar Falak Malaysia, Dr. Kassim Bahali didampingi Kepala OIF UMSU Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, M.A serta penyematan cendramata berupa Ulos. 

Turut hadir pada kegiatan ini WD 1 FAI UMSU Assoc. Prof. Dr. Zailani. MA, 18 Mahasiswa Prodi Ilmu Falak dan rombongan dari Persatuan Falak Syarie Melaka. (Syaifulh/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Sejumlah 29 siswa SMA Muhammadiyah PK Solo lolos seleksi PTN (SNBT) berba....

Suara Muhammadiyah

20 June 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Universitas Muh....

Suara Muhammadiyah

21 April 2024

Berita

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Bertempat di gedung dakwah Muhammadiyah Provinsi Lampung, Sabtu (4/11)....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merayakan momen Iduladha 1445 Hi....

Suara Muhammadiyah

17 June 2024

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah - Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Ponorogo ....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah