Pakar UMJ Ungkap Penyebab Banjir Bandang di Sumbar

Publish

13 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
250
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Beberapa wilayah di Indonesia baru-baru ini dilanda bencana alam di antaranya banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat pada Sabtu (11/05/2024). Atas peristiwa itu, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM) Hardiman SG, SKM, M.Kes, CIAP, C.RM., memberikan tanggapan. 

Ia mengatakan banjir bandang yang terjadi di Sumbar tidak hanya disebabkan oleh hujan berintensitas tinggi di hulu Gunung Marapi, tapi juga karena ekploitasi alam yang berlebihan. "Banjir bandang bukan hanya persoalan bencana ekologis. Namun hal itu, bisa muncul akibat kerusakan alam," tutur Hadiman.

Dosen yang juga perintis lembaga tanggap bencana di FKM yaitu ERDAMS, mengatakan rentannya kondisi lingkungan akibat eksploitasi dan pembangunan pemukiman yang terdampak banjir belum berbasis mitigasi bencana yang kemudian berujung pada akumulasi krisis.

Hardiman mengungkapkan pemerintah perlu melakukan evaluasi pasca-banjir bandang dengan membangun pemukiman berbasis mitigasi bencana. Hal itu mencakup pembuatan fasilitas alarm peringatan dini, posko pemantauan, titik kumpul, hingga posko darurat.

"Pemukiman juga perlu dijauhkan dari titik sungai, revitalisasi sungai dengan pembuatan aliran bercabang, dan peningkatan kesadaran masyarakat dalam melakukan mitigasi bencana secara mandiri. Ini tugas yang harus dilakukan pemerintah," ungkap Hadiman.

Pemerintah harus segera cepat melakukan pemulihan pasca bencana dengan memperhatikan kondisi masyarakat. Tentunya, kondisi sumbar dapat menjadi contoh pemerintah untuk melakukan upaya pencegahan di daerah rawan bencana lainnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Izin Program Studi (Prodi) Kedokteran Program Sarjana dan Prodi Pend....

Suara Muhammadiyah

4 June 2024

Berita

HSU, Suara Muhammadiyah - Momen Idul Adha 1445 H/2024 M dirayakan secara semarak oleh segenap umat I....

Suara Muhammadiyah

18 June 2024

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik menyelenggarakan sosialisasi ....

Suara Muhammadiyah

15 February 2024

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Rabu, 12 Juni 2024, menjadi hari istimewa bagi Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

12 June 2024

Berita

TASHKENT, Suara Muhammadiyah – Hj. Zesmita Umar, SH, Kepala SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamu....

Suara Muhammadiyah

1 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah