PALESTINA DAN UJIAN KEMANUSIAAN

Publish

5 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
567
Dok SM

Dok SM

PALESTINA DAN UJIAN KEMANUSIAAN

Palestina dapat dikatakan sebagai wilayah yang mempunyai sejarah terpanjang di dunia. Tiga agama samawi yaitu Islam, Nashrani, dan Yahudi semuanya mempunyai kelekatan di negeri ini. Ketiga agama itu menganggap Jerussalem (Pusat kota Palestina) sebagai kota suci..

Bagi Umat Islam, Palestina tidak dapat dipisahkan dengan Masjid Al-Aqhsa (Baitul Maqdis), yang menjadi kiblat shalat yang pertama. Juga menjadi tempat mikraj Nabi Muhammad. Kelekatan sejarah Kaum Nashrani dengan kota ini karena mereka yakin Negeri ini merupakan tempat kelahiran sekaligus tempat wafat dan kebangkitan Yesus. Bagi bangsa dan umat Yahudi, Palestina diklaim sebagai tanah yang dijanjikan Tuhan kepada mereka.

Oleh karena itu, seawam pengetahuan keagamaan seseorang, penganut di antara tiga agama itu pasti mempunyai kelekatan hati dengan negeri yang bernama Palestina ini. Namun, di samping kisah kesuciannya, sejak zaman purba sejarah Palestina ini lebih banyak berisi dengan kisah yang berisi tetesan air mata. Aneka penderitaan akibat perebutan kekuasaan selalu akrab dengan nasib penduduknya. Baik ketika negeri itu masih disebut sebagai negeri Kanaan pada zaman Firaun, maupun pada zaman setelah Nabi Musa, dan juga pada masa yang sekarang.

Karena Palestina dan bangsa-bangsa yang menghuninya mempunyai sejarah yang terlalu panjang, banyak pula versi yang harus dirunut tentang siapa yang paling berhak untuk tinggal di negeri itu. Semua pihak dapat mengarang kisah masing-masing untuk memperkuat klaimnya sendiri-sendiri. Sebagaimana Ken Arok yang menyuruh para pujangga Singasari untuk membuat kitab pararaton agar rakyat Pulau Jawa percaya kalau dirinya merupakan keturunan Dewa Brahma.

Akan tetapi, sejarah yang masih berbekas dan menjadi bagian dari peristiwa hari ini di Palestina adalah sejarah yang terjadi pada peralihan abad ke-17 ke abad ke-18 Masehi. (Awal tahun 1900-an). Puncaknya adalah peristiwa Pada bulan Mei tahun 1948 yaitu berdirinya Negara Israel di tanah Palestina.

Selengkapnya dapat berlangganan Majalah Suara Muhammadiyah

Klik di sini https://suaramuhammadiyah.or.id/ebook/paket 

Download di Playstore 

Atau, beli Majalah digital 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Editorial

Membangun Keunggulan Umat Islam Oleh Prof Dr H Haedar Nashir, M.Si. Umat Islam Indonesia di dalam ....

Suara Muhammadiyah

31 August 2023

Editorial

Kepemimpinan yang Menggerakkan Kemajuan Muhammadiyah dan Aisyiyah sudah melewati delapan bulan dari....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Editorial

AGAR BASA-BASI TAK MENYAKITI HATI Banyak orang tak berpikir panjang sebelum ber-’basa-basi&rs....

Suara Muhammadiyah

12 April 2024

Editorial

HIJRAH Perputaran waktu begitu cepat berlalu. Hari demi hari telah dilewati dengan sederet dinamika....

Suara Muhammadiyah

18 October 2023

Editorial

Ideologi Islam Berkemajuan Oleh Prof Dr H Haedar Nashir, M.Si. Muhammadiyah melekat dengan dan men....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah