Pameran Poster Psikologi UMM, Kaji Hubungan Psikologi dan Perilaku Konsumen

Publish

10 January 2025

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
128
UMM

UMM

MALANG, Suara Muhammadiyah - Dorong tingkat literasi bidang psikologi, prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar pameran poster di lingkup kampus. Tri Muji Ingarianti, M.Psi. selaku Dosen Fakultas Psikologi (Fapsi) mengatakan, kegiatan pameran ini merupakan salah satu luaran  dari mata kuliah psikologi konsumen yang diikuti oleh mahasiswa Psikologi semester 5 dengan peminatan Psikologi Industri dan Organisasi. Kegiatan pameran poster itu diikuti puluhan poster menarik dna digelar pada tanggal 6 hingga 7 Januari.

Tri mengungkap bahwa hal unik dalam kegiatan pameran poster ini adalah bagaimana para mahasiswa Psikologi mencoba menggali tentang mengapa dan bagaimana individu maupun kelompok terlibat dalam aktivitas konsumen, serta bagaimana mereka terpengaruh aktivitas itu. Dengan mempelajari psikologi konsumen, mahasiswa dapat memahami faktor-faktor apa saja yang dapat mendorong perilaku konsumen untuk memutuskan membeli suatu produk. Sehingga sebagai pihak produsen dan konsumen dapat lebih mengetahui terkait bagaimana psikologis konsumen mempengaruhi perilaku pembelian.

“Pameran poster terkait psikologi konsumen ini telah banyak memamerkan beragam topik seperti halnya "Cashback vs Diskon: Mana yang Lebih Menarik Mahasiswa untuk Berbelanja?", "Influence of Social Media: Bagaimana Instagram dan TikTok Mendorong Keputusan Pembelian Konsumen Milenial?", "Experience vs Goods: Mengapa Milenial Lebih Memilih Menghabiskan Uang untuk Pengalaman Dibandingkan Barang?" dan masih banyak tema-tema menarik lainnya,” ungkap Tri.

Sementara itu, menurut pengamatannya  tingkat literasi mahasiswa Psikologi UMM cukup tinggi. Tidak hanya itu, mahasiswa Psikologi cenderung menyukai sifat pembelajaran yang praktis dan juga informatif. Jadi tidak hanya belajar di kelas dan membaca buku, tetapi juga melakukan kegiatan riset dengan mengadakan pameran poster ini. Kegiatan seperti mempelajari berbagai jurnal juga dapat dilakukan dalam bentuk pameran poster seperti ini sebagai luaran, karena menurutnya dapat lebih mudah dipahami oleh mahasiswa dan sebagai ajang saling berbagi informasi.

Sementara itu, salah satu pengunjung Balqis Saraja mengaku senang dengana danya pameran ini. Ada banyak hal mengenai psikologi yang ternyata cukup menarik, utamanya dalam hal konsumen. Berkat pameran ini, ia mengetahui hubungan psikologi dan perilaku konsumen. “Semoga ada banyak pameran-pameran poster sebagia luaran penelitian. Dengan begitu, akan lebih menarik bagi masayrakat dan anak-anak muda. Tidak hanya berbentuk tulisan yang banyak orang tidak tertarik,” katanya menambahkan. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

UMT bekerjasama dengan UAD menyelenggarakan FGD & Visiting Lecturer tentang Strategi Kebijakan P....

Suara Muhammadiyah

5 September 2024

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Di tengah maraknya penggunaan teknologi Artificial Intelligence ....

Suara Muhammadiyah

6 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Berkemajuan. Tradisi berprestasi, bukan sekedar narasi semata, teta....

Suara Muhammadiyah

6 February 2025

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pada Rabu (4/9) Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) mengg....

Suara Muhammadiyah

4 September 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Lembaga Studi Keislaman dan Kemuhammadiyahan Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah