PCM Pahandut Selengarakan Pengajian “Kalender Hijriah Global Tunggal”

Publish

23 July 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
95
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pahandut (PCM Pahandut) Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah mengadakan pengajian ini rutin dilakukan 2 (dua) pekan sekali, yang bertempat di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangka Raya pada Minggu, 21 Juli 2024, bertempat di Sekretariat pimpinan cabang Pahandut. Pada kajian ini mengangkat tema “Kalender Hijriah Global Tunggal” (KHGT). 

Kajian ini dibuka dengan tadarrus quran secara bergantian semua jamaah dan dilanjutkan dengan sambutan ketua PCM Pahandut,. Drs. H. Ahmad Wahyu Cahyono, M.Pd. Adapun yang menjadi narasumber pada pengajian kali ini adalah ustadz Dr. H. Muhammad Yamin Mukhtar. Lc.,M.Pd.I. yang merupakan Ketua Majelis Tarjih dan Tadjid PW Muhammadiyah Kalimantan Tengah, Pada pengajian kali ini di hadiri juga oleh pengurus PDM Kota Palangka Raya, Para Pengurus PCM Pahandut, mahasiswa Pendidikan kader ulama Muhammadiyah (PKUM), para dewan guru SDM Pahandut, serta para Jamaah.

“Pengajian terkait Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) di PCM Pahandut, salah satunya ialah untuk memberikan informasi awal kepada Warga Persyarikatah Muhammadiyah di Kota Palangka Raya. Sehingga kita sebagai Warga Persyarikatan Muhammadiyah bisa memahami apa yang dimaksud dengan KHGT,” ungkap  Ahmad Wahyu Cahyono pada saat memberikan pengantar pada kegiatan Pengajian Bulanan Cabang Muhammadiyah.  

Ahmad Wahyu Cahyono mengungkapkan bahwa keberadaan Kalender Hijriah Tunggal untuk umat Islam menjadi sangat penting. Sehingga umat Islam di seluruh dunia memiliki patokan kesatuan yang sama antara satu tempat dengan tempat lainnya, seperti yang terjadi pada kalender Miladiah.

“Alhamdulillah, narasumber hari ini merupakan seseorang yang memang memiliki kompetensi dan kapasitas di bidang tersebut, yaitu Dr. H. Muhammad Yamin Mukhtar. Lc.,M.Pd.I. Selain sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya,  beliau merupakan anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PWM Kalteng. Sehingga, sangat tepat untuk menyajikan informasi terkait KHGT, termasuk implementasi dan dinamika di dalamnya,” ujarnya. 

Apa yang disampaikan oleh Ahmad Wahyu Cahyono, langsung mendapatkan respons dari  Dr. H. Muhammad Yamin Mukhtar. Lc.,M.Pd.I. dalam pemaparannya, bahwa keberadaan Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) menjadi sangat penting untuk dimiliki umat Islam. Agar ada kepastian terkait beberapa ibadah yang memang mengacu terhadap keberadaan kalender.

“Penentuan awal Puasa Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, Muharram, Ibadah Haji, dan lain sebagainya. Semua ibadah tersebut, memiliki hubungan yang sangat erat dengan keberadaan kalender. Bila kita sebagai umat Islam memiliki kalender tunggal, maka kita akan ada kepastian terkait ibadah tersebut antara satu tempat dengan tempat lainnya,” ungkapnya.  Maskufa, di sela-sela pemaparan materi.

Dr. H. Muhammad Yamin Mukhtar. Lc.,M.Pd.I menambahkan bahwa selain itu, keberadaan Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) memberikan kepastian bagi masyarakat yang bekerja di sektor formal. Hal tersebut penting, sehingga bisa merencanakan berbagai macam hal jauh hari.

“Misalnya terkait kapan akan ambil cuti, kapan akan libur hari raya, dan lain sebagainya. Jadi, dengan adanya Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT), masyarakat yang bekerja di sektor formal akan mendapatkan banyak manfaat,” tambahnya. (MF)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP mengingatkan manajemen Rumah Sakit Um....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Para siswa SD Muhammadiyah 06 Tebet Ikuti ajang perlombaan kejuaraan p....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menandatangani nota kesepahaman....

Suara Muhammadiyah

7 June 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Bertempat di wisma Pendawa Kementerian Sosial RI Kota Bandung, Jawa Ba....

Suara Muhammadiyah

3 March 2024

Berita

Resmikan Gedung Pendidikan Profesi UMS SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum PP Muhammadiyah ,....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah