Pengajian Terpadu PRM Maguwoharjo: Kemuliaan Bani Adam

Publish

7 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
68
Doc.Istimewa

Doc.Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Ta’Lim Al-Barokah Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Maguwoharjo Selatan  menggelar pengajian terpadu pada Hari Ahad, 6 Oktober 2024. Acara ini dilaksanakan di posko Al-Barokah Kradenan, Maguwoharjo. Dalam acara ini hadir Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Hasanudin Salimi, MPd sebagai narasumber pada kesempatan tersebut.

Dalam paparannya, Hasan menjelaskan tentang Surat Al-Isra ayat 70 yang menerangkan bahwa dalam ayat tersebut Allah Swt memuliakan anak cucu Adam. “Al-Isra ayat 70 meniko bapak ibu, Allah sangat memuliakan Bani  Adam dan anak cucunya.” ucapnya.

Hasan mengungkapkan bahwa ayat ini juga membahas sejatinya Allah telah mengampuni dosa Adam dan Hawa. “Kalau kita analisis ayat ini bapak ibu, sejatinya Allah telah mengampuni dosa Nabi Adam dan Hawa yang telah melanggar perintah Allah mendekati pohon terlarang yang ada di surga,” ungkapnya. 

Selain dalam surat Al- Isra ayat 70 tersebut terdapat dalam surat Al- Baqoroh yang menerangkan saat Adam dan Hawa melanggar perintah Allah dan dihukum diturunkan ke bumi. “ Dari penjelasan surat tersebut maka ada yang menafsirkan, bahwa Ketika engkau dekat dengan dunia, sejatinya Warning engkau akan jauh dari Allah Swt,” terangnya.

Hasan menjelaskan, Allah saja memuliakan Adam dan Hawa yang telah berbuat kesalahan, maka Ia menekankan sebagai sesama manusia yang sama-sama anak cucu Adam harus bisa saling memaafkan. “ Jadi, ketika ada tetangga kita, teman kita atau siapapun manusia yang berbuat salah sama kita, menyakiti hati kita, maka kita harus bisa memaafkannya dengan lapang dada,” tambahnya.

Sebagai penutup Hasan menambahkan, tujuan Allah menciptakan dunia dan seisinya ini sebagai tempat pemelihara manusia dan makhluk-makhluk lainnya. “ Dados Gusti Allah meniko menciptakan alam dunia ini, semata-mata untuk dikelola Bani Adam,” tutupnya. (Alle)

 

 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Siswa SD Muhammadiyah 1 Solo, Jawa Tengah Baby Khumaira Surya berhasil me....

Suara Muhammadiyah

15 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Ketua Badan Pembina ....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merayakan momen Iduladha 1445 Hi....

Suara Muhammadiyah

17 June 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersama Asosiasi Ins....

Suara Muhammadiyah

1 December 2023

Berita

SYDNEY, Suara Muhammadiyah - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu'ti, MEd ....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah