Pentingnya Dakwah Inklusif kepada Kader Muhammadiyah

Publish

16 July 2024
mpm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
30
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma'mun Murod, M.Si., mengingatkan peserta Sekolah Kader Pemberdayaan Masyarakat (Sekam) Nasional Angkatan I 2024 untuk melaksanakan dakwah inklusif. itu dilakukan agar jangkauan Muhammadiyah semakin luas dan masyarakat tidak memandang dengan stigma negatif.

"Pelaksanaan dakwah inklusif selaras dengan yang selalu dilakukan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., yaitu mengedepankan dakwah dengan pendekatan bayani, burhani, dan irfani," katanya dalam Penutupan Sekam Nasional di Training Center UMJ, Senin (15/07/2024).

Keseriusan Muhammadiyah dalam melakukan dakwah inklusif telah tertuang pada gelaran Pengajian Ramadan yang digelar PP Muhammadiyah 1445 Hijriah di Jakarta dan Yogyakarta.

"Pesan khusus dari PP Muhammadiyah dalam pengajian tersebut yakni kecenderungan eksklusivisme dakwah Muhammadiyah sehingga harus dihindari dan kita perlu menghadirkan dakwah yang inklusif," tutur Ma'mun.

Ia menambahkan, saat ini Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah selaku penyelenggara Sekam Nasional, sudah melaksanakan dakwah inklusif karena telah memberdayakan siapa pun tanpa membeda-bedakan.

"Selanjutnya yang MPM perlu lakukan kepada majelis dan lembaga di tingkat wilayah, daerah, cabang hingga ranting harus sama derajatnya yaitu mengedepankan sisi inklusif Muhammadiyah," pungkas Ma'mun.

Sekam Nasional yang diinisiasi MPM PP Muhammadiyah ini bekerja sama dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta. Program tersebut dilaksanakan guna membangun model organisasi dan kepemimpinan yang efektif, serta memperkuat kapasitas fasilitator pemberdayaan atau pendampingan masyarakat.

Peserta yang mengikuti Sekam Angkatan I Nasional 2024 berjumlah 60 orang dari 19 wilayah di seluruh Indonesia. Pada kesempatan ini, peserta diberikan materi klasikal dan praktikal di Training Center UMJ, serta studi lapangan di Pamulang pada 12-15 Juli 2024.

Sebelumnya, Pembukaan Sekam Nasional dilakukan Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH., MH. di Aula FEB UMJ, Jumat (12/07/2024).

Turut hadir Ketua PP Muhammadiyah Dr. Agung Danarto, M.Ag., Ketua MPM PP Muhammadiyah Dr. M. Nurul Yamin, M.Si., Ketua PWM DKI Jakarta Dr. Akhmad H Abubakar, MM., dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Periode 1995-2000 Prof. Dr. Muhammad Amien Rais, MA.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Angkatan Muda Muhammadiyah Depok yang terdiri dari Pemuda Muhamma....

Suara Muhammadiyah

8 July 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara  Muhammadiyah - Gedung baru yang dibangun Aisiyah Ranting Berkoh Purwokerto t....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Kedutaan Besar Amer....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Santunan anak-anak Yatim dan Dhuafa Panti Asuhan An Nur Kesugihan....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah meluluskan ribuan alumninya....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah