Pentingnya Mengembangkan Literasi Keuangan Ibu Rumah Tangga

Publish

5 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
261
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Romi Bhakti Hartarto, Ph.D., dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), melaksanakan kegiatan edukasi literasi keuangan di SD Muhammadiyah Sapen, Kraton Yogyakarta, pada Sabtu (2/3).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman keuangan ibu-ibu anggota PCA Kraton dengan menyediakan edukasi perencanaan keuangan rumah tangga dan mengajarkan penggunaan aplikasi smartphone untuk pengelolaan keuangan keluarga.

Kegiatan ini diawali dengan pre-test sebagai alat ukur tingkat literasi keuangan ibu rumah tangga. Danes Quirira Octavio, M.Sc., selaku dosen Manajemen UNDIP memberikan materi kepada ibu-ibu anggota PCA mengenai pembuatan laporan keuangan digital, dengan mendomonstrasikan website yang disediakan oleh Bank Indonesia yaitu “Siapik”.

Kemudian, materi dilanjutkan oleh Ibnu Hajar, M.Sc. dengan mendemonstrasikan penggunaan aplikasi ponsel “Ajaib” untuk mengenalkan instrument keuangan dan berinvestasi di pasar saham.

Kegiatan diakhiri dengan post-test untuk menilai tingkat pemahaman ibu-ibu PCA setelah Mengikuti Program Literasi Keuangan. Dan hasilnya pemahaman mengenai literasi keuangan ibu-ibu meningkat setelah mengikuti program literasi keuangan. Dan kegiatan ditutup dengan hibah wakaf saham oleh Romi Bhakti Hartarto, Ph.D. kepada ibu-ibu PCA Kraton.

Para peserta sangat mengapresiasi manfaat yang didapat dari acara ini, dan mereka mengungkapkan keinginan untuk melanjutkan dengan topik lebih spesifik tentang keuangan rumah tangga. Mereka merasa bahwa sesi semacam ini seharusnya berlangsung lebih lama dengan lebih banyak praktik langsung.

Acara pengabdian ini turut didukung oleh beberapa mahasiswa Prodi Ekonomi UMY, yakni: Faizmal Sugiarto, R. Fadhil Ginanjar, dan Sintia Handayani. (Fadhil Ginanjar)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pada hari batik Nasional 2 oktober 2023 ada pemandangan berbeda t....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - (18/01) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yo....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa Badan Eksekutif Maha....

Suara Muhammadiyah

3 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Koordinator Komisariat IMM UMP gelar acara Pelantikan dan Sara....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada sesi terakhir Pengajian Ramadhan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah