PontrenMU Kauman Raih Juara 3 TGD Robotic Competition

Publish

31 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
146
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - KAUMANATOR, Tim robotik Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang berhasil meraih juara tiga dalam ajang bergengsi Tri Ghuna Dharma (TGD) ROBOTIC COMPETITION 2024 kategori Robotic Sumo 1 Kg.

Kepastian juara tiga yang diraih oleh Pesantren Kauman didapat setelah robot Kauman mengalahkan robot dari Tim K.8 Sampali Robotik Club asal SMK PAB 8 Sampali. Kamis (30/05).

Bertempat di gedung serba guna STMIK Tri Ghuna Dharma, Asyrof Al Ghani selaku ketua tim Robotik Kauman melalui pesan singkat mengatakan bahwa pada ajang ini beberapa kategori diperlombakan, namun timnya hanya mengikuti kategori Sumo.

"Ya (banyak) yang dilombakan. Kategori kami hanya sumo. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan," ungkapnya.

Asyrof juga menambahkan bahwa prestasi gemilang ini tidak lepas dari dedikasi dan kerja keras tim Kauman. Dengan keahlian teknis dan kreativitas yang luar biasa, mereka berhasil menunjukkan performa yang mengesankan dalam menghadapi berbagai tugas dan tantangan dalam kompetisi. Keberhasilan mereka ini merupakan hasil dari latihan yang intensif dan semangat juang yang tinggi.

"Tentu saja semua tidak terlepas dari kuasa Allah SWT. Kami hanya berusaha dengan latihan yang maksimal. Kemudian dukungan dari pimpinan Pesantren membuat kami semakin semangat," katanya.

Sejalan dengan itu, Dr. Derliana selaku mudir Pesantren Kauman mengatakan bahwa prestasi bidang robotik ini memberikan angin segar bagi pihak pesantren karena telah lama pesantren tidak lagi mengukuti ajang-ajang bergengsi dalam bidang Robotik.

“Tahniah tim KAUMANATOR atas prestasi gemilang ini. Kami sangat bangga dengan kerja keras dan dedikasi mereka semua. Sudah lama tidak ikut, sekali ikut langsung dapat. Kami bangga sekali," ujarnya.

Derliana juga mengatakan bahwa kedepannya pihaknya akan terus mendorong tim Robotik Kauman untuk terus berinovasi dan tidak akan berhenti belajar. Pihaknya selalu menekankan pentingnya sebuah program yang terstruktur.

"Ini adalah bukti bahwa dengan tekad dan usaha, serta program-program yang terstruktur akan memudahkan mencapai tujuan. Kita berharap semuanya tetap terus berlatih lebih baik lagi karena kedepan akan ada kompetisi-kompetisi bergengsi lainnya," harpanya.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa Pesantren Kauman memang sudah lama dikenal sebagai pionir dari Madrasah di bidang IT dan robotik. Sejak 2017, Pesantren Kauman terus menorehkan prestasi dari tingkat provinsi hingga internasional. Keberhasilan di bidang robotik inilah yang menjadikan Pesantren Kauman sebagai magnet bagi banyak calon santri yang ingin mengembangkan bakat mereka.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 12 kementerian/lembaga Republik Indonesia berkomitmen melakuk....

Suara Muhammadiyah

7 May 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Berpijak dari  International Literacy Associatio, literasi mer....

Suara Muhammadiyah

14 May 2024

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mendo....

Suara Muhammadiyah

30 June 2024

Berita

 SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Peringati World Clean Up Day (WCD) 2023, SMP Muhammadiyah Prog....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menerima kunjungan silatur....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah