Posyandu Lansia 'Aisyiyah SAKINAH Giripeni Peringati Milad ke-19

Publish

10 March 2024
pra

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
107
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka Milad Posyandu Lansia 'Aisyiyah SAKINAH - PRA Giripeni yang ke 19, Pimpinan Ranting 'Aisyiyah  Giripeni bekerja sama dengan Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesehatan kognitif lansia di wilayah Giripeni, Wates. Kegiatan ini diselenggarakan di Posyandu Lansia 'Aisyiyah "SAKINAH", dipimpin oleh Pimpinan Ranting Aisyiyah Giripeni, Hj. Siti Sholikhuh SKM.MPH.

Pemateri utama dalam acara ini adalah ibu Ns. Zubaida Rohmawati, MPH dari UNISA Yogyakarta, yang memberikan materi tentang pentingnya menjaga kesehatan kognitif lansia. Dalam materinya, beliau menekankan pentingnya perawatan dan perhatian terhadap kesehatan mental dan fisik lansia. Selain itu juga memberikan pelatihan senam otak. 

Dalam sambutannya, Hj. Siti Sholikhuh SKM.MPH menyampaikan kesehatan lansia merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya perawatan kesehatan lansia semakin meningkat di masyarakat,” ungkapnya, Sabtu, 24 Februari 2024.

Lebih dari 100 orang hadir dalam kegiatan ini, mulai dari lansia itu sendiri, anggota posyandu, hingga mahasiswa UNISA yang turut serta membantu dalam pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tensi dan gula darah gratis yang dilakukan oleh tim medis serta mahasiswa UNISA yang telah terlatih.

Nurul Hasanah A. S.Ag., selaku Sekretaris Posyandu Lansia 'Aisyiyah "SAKINAH" menyampaikan terima kasih atas dukungan dari UNISA Yogyakarta dan seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, kesehatan lansia di wilayah Giripeni dapat terus terjaga dan meningkat,” tambahnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, juga diselenggarakan materi senam otak untuk kesehatan lansia, yang bertujuan untuk merangsang aktivitas otak dan menjaga kesehatan mental lansia. Hal ini menjadi langkah preventif yang penting dalam menjaga kesehatan kognitif di usia lanjut.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya lansia, serta kolaborasi antara lembaga pendidikan tinggi dan masyarakat dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan untuk kepentingan bersama. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. (Edwin)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan Idul Fitri 1 Syawal 1....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Berita

MAMUJU, Suara Muhammadiyah - Persyarikatan Muhammadiyah melalui Majelis Pembinaan Kesehatan Umum tel....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melakukan penandatanganan....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

Kader Muhammadiyah Harus Siap Bersinergi Pengukuhan PDM, PDA dan UPP Banjarnegara Berjalan Khidmat ....

Suara Muhammadiyah

10 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Ketua Badan Pembina ....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah