PUM Netherlands Expert Dampingi Empat Microfinance Muhammadiyah

Publish

21 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
166
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Jawa Tengah, (20 Juli 2024) - Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan manajemen tata kelola microfinance di Muhammadiyah, PUM Netherlands Senior Expert memberikan pendampingan kepada empat lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) bernama Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) di Magelang, Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara, mulai 17 – 30 Juli 2024. Dengan adanya pendampingan ini diharapkan BTM sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bisa kompetitif ditengah pertumbuhan lembaga keuangan syariah di Tanah Air. 

Manager BTM Amman Magelang; Putro Prihatmanto dalam keterangan releasenya yang dibagikan ke berbagai insan media hari ini Sabtu (20 Juli 2024), memaparkan, program pendampingan microfinance yang dilakukan oleh PUM Netherlands Senior Expert ini tak lepas dari kemitraan yang dibangun oleh Induk BTM selama ini sebagai payung jaringan BTM se Indonesia. Kami dari BTM Magelang bersama beberapa BTM di Jawa Tengah yang lain mengucapkan terimakasih telah ditunjuk sebagai pilot project program pertama dari kemitraan ini. Apalagi pihak expert dari PUM yang mendampingi BTM kami adalah Mr. Lex Boogaarts yang memiliki reputasi internasional sebagai expert lembaga keuangan. 

Diakui oleh Putro, selama expert PUM memberikan pendampingan kepada BTM Amman, banyak masukkan yang diperoleh terutama untuk mengembangkan BTM dari sisi sumber daya manusia dan teknologi. Kami memperoleh gambaran selama didampingi dimana kualitas sumber daya manusia BTM itu harus unggul dan kompetitif apabila ingin bersaing dalam mengembangkan microfinance di Tanah Air. Maka dari itu manajemen SDM BTM harus ditata dengan baik sehingga memiliki motivasi yang tinggi untuk bekerja dan menghasilkan pendapatan bisnis yang besar bagi BTM.

“Begitu juga dengan teknologi, transformasi teknologi BTM adalah sebuah keniscayaan yang harus dimiliki, sehingga akan mempercepat akselerasi BTM dalam meningkatkan kekuatan dalam pelayanan produk dan jasa keuangan kepada para anggota. Inilah hal yang positif yang kami peroleh dari pendamping PUM Netherlands, Expert ”ucapnya.

Senada dengan Putro, manager BTM Purbalingga; Abdullah Faozan, menambahkan, program microfinance yang diberikan oleh PUM memiliki aura positif bagi masa depan BTM di Jawa Tengah. Apalagi pendampingan yang diberikan bukan sekedar masalah SDM BTM saja, tapi banyak hal yang disesuaikan dengan kearifan lokal masalah di masing – masing BTM. Hal itu sangat positif. 

“Maka dari itu kami berharap relasi antara BTM dan PUM Netherlands terus dipererat dan ditingkatkan dikarenakan program ini sangat bagus dan memiliki metodologi pendampingan yang sangat dibutuhkan oleh jaringan BTM se Indonesia,” paparnya 

Sementara, Yuyun Yunastuti Daud, selaku Representasi PUM Indonesia, menjelaskan, PUM Netherlands Expert adalah sebuah lembaga pendampingan bisnis berbadan hukum Yayasan yang didanai oleh kementerian luar Negeri Belanda berbasis voluntury yang berisikan para pensiunan pengusaha maupun profesional seperti Mr. Lex Boogaart yang memberikan pendampingan teknis kepada empat BTM untuk meningkatkan performance para manager dan staff sehingga BTM dapat melakukan inovasi layanan di tengah tantangan jaman. 

Pendampingan ini berjalan selama 2 minggu secara off line dan dapat di lanjut secara online dan tidak dipungut biaya hanya menanggung biaya lokal akomodasi. “Pendampingan teknis dari PUM Netherlands Expert ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja manager dan staff sehingga peningkatan pelayanan terhadap nasabah (mitra) meningkat maka laba BTM pun akan meningkat,” ujar Yuyun.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah - RSU Aisyiyah Padang menjalani survey Akreditasi oleh Lembaga Akreditasi....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

26 June 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) Gelar Bazar produk KKN (Kuliah Ker....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

PERLIS, Suara Muhammadiyah - Internasionalisasi Muhammadiyah bertujuan untuk memberi dampak secara l....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Assoc Prof Dr Jeb....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah