Puncak Milad ke-24 SD Muhammadiyah PK Kottabarat Berlangsung Meriah

Publish

26 February 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
189
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat (PK) Solo menggelar puncak milad ke-24 dengan tema "Dari Kottabarat Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan” di Sarkara Hall De Tjolomadoe, Jl. Adisucipto No.1, Malangjiwan, Colomadu, Kota Karanganyar, Sabtu (24/2/2024).

Kepala SD Muhammadiyah PK Kottabarat, Nursalam, menyampaikan rangkaian kegiatan milad meliputi lomba tumpeng, sema'an Al-Qur'an, bakti sosial, dan sebagai puncak acara diselenggarakannya pentas seni untuk menampilkan bakat dan kreativitas para murid.

"Suksesnya kegiatan ini berkat kerja sama yang apik antara orang tua murid, panitia acara, pihak sponsor, serta keterlibatan guru dan tenaga kependidikan. Acara ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube SDMUHPKTV" terangnya saat memberikan sambutan.

Puncak acara milad dihadiri oleh 1300 orang, terdiri dari seluruh murid, orang tua, guru, tenaga kependidikan, serta peserta bazar UMKM. Turut hadir dalam acara ini, ketua Majelis Pendidikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Solo, Kepala TK Aisyiyah PK, SMP-SMA Muhammadiyah PK, serta manajer Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Solo.

Ketua Majelis Pendidikan PDM Kota Solo, Mohamad Ali, mengungkapkan kegiatan seperti ini bisa dilakukan setahun dua kali, selain mengasah kreativitas murid juga dapat menjalin komunikasi dan kekompakan antarwali murid.

“Luar biasa meriah, pengalaman yang sangat berkesan karena selama 10 tahun saya pernah menjadi kepala sekolah di SD Muhammadiyah PK ini, bersama teman-teman ikut mengembangkan SD ini dari yang awalnya tidak dikenal dan saat ini sudah dikenal oleh masyarakat luas" imbuhnya.

Tak kalah seru dan menarik, sebagai pembawa acara dihadirkan Terra, Whawin, dan Mamank yang tergabung dalam grup Trio Terawank. Gaya, penampilan suara, serta lelucon yang mereka lontarkan menambah meriah acara puncak milad. Suguhan pentas seni puncak milad meliputi penampilan murid kelas I - VI, penampilan ekstrakurikuler, serta band Komunitas Seni Kottabarat.

Setiap murid mendapatkan satu kupon doorprize dan empat voucher makan senilai Rp20.000,00 yang dapat ditukarkan di stand bazar UMKM di lokasi acara. Pengumpulan kupon doorprize dilakukan ketika registrasi awal masuk dan pengundiannya dilakukan secara bertahap dan transparan selama acara berlangsung. 

Azkadina Belva Zhafira, salah satu murid kelas IV,  merasa sangat beruntung dapat memenangkan doorprize satu buah sepeda.
"Tak kusangka namaku disebut, terima kasih SD Muhammadiyah PK telah mengemas pentas seni kali ini dengan sangat menarik," ucapnya.

Selama berlangsungnya acara, tim Lazismu Solo nampak melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk korban bencana. Selain itu, mereka juga melakukan edukasi terkait program zakat, infak, dan sedekah melalui flyer dan banner.

Selain pentas seni dan bazar UMKM, puncak milad ke-24 kali ini juga ditandai dengan launching aplikasi Sistem Informasi SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta (Si Peka). Aplikasi berbasis android ini berisi sistem informasi sekolah yang terintegrasi dengan kartu identitas murid, atau dikenal dengan istilah PK Excard 4.

PK Excard 4 merupakan akronim dari Program Khusus Excellent Card 4. Pemilihan nama tersebut karena kartu memiliki empat fungsi utama, yaitu  sebagai kartu presensi kehadiran dan kepulangan, kartu pinjam di perpustakaan, kartu periksa di Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dan kartu belanja di Badan Usaha Milik Sekolah (BUMS) atau koperasi sekolah melalui sistem top up uang elektronik. (Nikmah Hidayati)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALOPO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Palopo (UM Palopo) merayakan Milad ke-5 dengan....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Tim Musikalisasi Puisi SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman, DIY berhasil me....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Ta'mir Masjid Jami' Karang Dowo menggelar Kajian/ Tabligh Akbar dengan ....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi fasilitator Pelati....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

LAMTIM, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah 1 Labuhan....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah