Ramadhan Bulan Menyehatkan Bukan Menyakitkan

Publish

28 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
130
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., MKes

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., MKes

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., MKes mengatakan bulan suci Ramadhan telah berjalan beberapa hari. Menyikapi hal tersebut, Agus meminta untuk berintrospeksi diri (telaah diri) sejauh mana progres implementasi ritus peribadatan yang telah dilakukan.

"Hari ini kita patut bersyukur karena Allah masih memperkenankan kita berkesempatan untuk berjumpa dengan Ramadhan. Dan Ramadhan telah berjalan beberapa hari, kita patut bersyukur seraya berintrospeksi diri. Ini sangat penting sekali untuk dilakukan," ujarnya saat menyampaikan tausiyah Pengajian Nuzulul Qur'an dan Buka Bersama di Suara Muhammadiyah, Kamis (28/3).

Agus meminta demikian karena teringat dengan secercah pesan Nabi Muhammad Saw. Menyitir narasi hadis yang diriwayatkan oleh Imam at-Thabrani bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda, “Betapa banyak orang berpuasa hasilnya hanya sekadar lapar dan dahaga."

"Maka untuk itu, kita perlu melihat (chroscek) sejauh mana ibadah puasa yang kita kerjakan di bulan Ramadhan ini. Jangan-jangan tanpa berbuah apapun seperti peringatan Nabi tadi. Alangkah meruginya," sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini mengingatkan bahwa manifestasi puasa yang dijalankan akan berbuah takwa bilamana dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Dalam konteks kesehatan, Agus megungkapkan puasa berdampak besar terhadap kesehatan tubuh manusia. 

Karena berpuasa justru membuat tubuh makin sehat. Demikian Agus menukil penelitian yang dilakukan Ilmuwan biologi sel dan profesor di Tokyo Institute of Technology Yoshinori Ohsumi.

"Banyak orang berspekulasi bahwa puasa itu membuat tumbuhnya penyakit. Belakangan karena diprotes oleh ahli kesehatan, semua itu kemudian dibantah. Karena secara teori tidak mungkin,” ungkapnya.

Maka, Agus mengajak untuk tetap bersemangat dalam berpuasa. Meningkatkan kualitas diri di bulan Ramadhan ini menjadi kesempatan untuk meraih predikat takwa. Dengan demikian, maka akan berbuah pada transformasi perilaku yang dari buruk jadi baik dan dari baik jadi lebih lagi. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar Soft Openi....

Suara Muhammadiyah

23 December 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meraih penghargaan bergengsi Sat....

Suara Muhammadiyah

27 December 2023

Berita

SYDNEY, Suara Muhammadiyah - Baitul Arqam (BA) Kedua di Sydney telah dibuka oleh, Profesor Muhammad ....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhamamdiyah - Dalam rangka mendorong kreativitas dan inovasi calon mahasiswa....

Suara Muhammadiyah

5 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Amphitarium Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Kwartir Pu....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah