Rapat Senat Sahkan Empat Bakal Calon Rektor Unismuh Periode 2024-2028

Publish

18 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
314
Doc. Unismuh

Doc. Unismuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Rapat Senat Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah mengesahkan empat Bakal Calon Rektor. Rapat tersebut berlangsung, di Ruang Senat, Gedung Iqra Lantai 17, Jumat, 17 Mei 2024

Dalam rapat itu, Senat Unismuh menyetujui hasil verifikasi berkas Panitia Pemilihan Rektor Unismuh Makassar periode 2024-2028. Berdasarkan hasil verifikasi, dari delapan orang bakal calon rektor, empat di antaranya dinyatakan memenuhi syarat. 

Keempat calon yang memenuhi syarat tersebut adalah, Dr. Rusli Malli M.Ag, Erwin Akib, M.Pd Ph.D, Prof. Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum, dan Dr. Ir. Abd Rakhim Nanda, MT., IPM. Sementara itu, empat bakal calon lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tidak melengkapi beberapa berkas yang dibutuhkan, dan atau tidak memenuhi syarat tertentu.

Keempat calon yang belum memenuhi persyaratan, pertama Prof. Dr. Gagaring Pagalung, M.Si. "Beliau belum pernah menjadi Pejabat Struktural di Unismuh Makassar," ungkap Sekretaris  Panitia Pemilihan Dr. Baharullah, M.Pd.

Sementara Dr Muryani Arsal MM, Dr Syamsia M.Si, dan Dr Alimuddin tidak melampirkan surat izin dari instansi induk mereka sebagai PNS. "Bu Muryani dan Bu Syamsia tidak melampirkan surat izin dari LLDIKTI, sebab mereka adalah dosen DPK. Sementara Pak Alimuddin, tidak melampirkan surat izin dari UIN Alauddin,"  ungkap Baharullah yang juga Sekretaris Senat Akademik Unismuh Makassar.

Selanjutnya, keempat nama Bakal Calon tersebut akan diteruskan ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel untuk melakukan tahapan seleksi selanjutnya khususnya dari aspek Al-Islam Kemuhammdiyahan. Setelah keluar rekomendasi bakal calon dari PWM, Pemilihan Calon Rektor oleh senat dijadwalkan pada 10 Juni 2024. "Namun jadwal ini bakal menyesuaikan dengan keluarnya surat rekomendasi dari PWM," tambah Ketua Panitia Pemilihan Dahlan Lama Bawa.

Tiga besar nama Calon Rektor hasil pemilihan senat, lanjutnya, akan diteruskan ke Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Majelis Diktilitbang akan melakukan fit dan proper test terhadap ketiga Calon Rektor, dan memberikan pertimbangan kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Nanti PP Muhammadiyah yang bakal memutuskan Rektor Unismuh Periode 2024-2028," jelas Dahlan.

Ia menyebut, pelantikan Rektor baru Unismuh bakal digelar sebelum 9 Agustus 2024. Semua tahapan tersebut dikawal oleh Panitia Pemilihan, yang terdiri dari Dr. Dahlan Lama Bawa, S.Ag., M.Ag. (Ketua merangkap anggota), Dr. Baharullah, M.Pd. (Sekretaris merangkap anggota), dan Dr. Ihyani Malik, S.Sos., M.Si. (Juru bicara merangkap anggota). (Hadi/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Sudah semestinya sekolah menjadi ruang aman bagi siapa pun teruta....

Suara Muhammadiyah

27 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Di periode abad kedua, peran-peran kebangsaan 'Aisyiyah harus terus....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah (PRNA) Kalirejo mengadakan s....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel Dukung Pembangunan dengan Penelitian Kampus  GOWA, Suara Muhamm....

Suara Muhammadiyah

31 December 2023

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (Ummad), Prof Dr Sofyan Anif men....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah