Rektor UMSU Serahkan Rp 1,4 Miliar Insentif Publikasi Ilmiah Dosen

Publish

16 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
256
UMSU

UMSU

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof. Dr. Agussani, MAP menyerahkan insentif publikasi ilmiah sebanyak Rp1,4 miliar lebih kepada 202 dosen. Penyerahan dilakukan pada Selasa (15/10) di Auditorium UMSU Jalan Kapt. Muchtar Basri No.3 Medan.

Penyerahan insentif ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan penghargaan terhadap karya ilmiah dosen tetap. Adapun publikasi ilmiah yang diberikan insetif berupa Jurnal, Proseding, HKI, Buku, Jurnal dari Skripsi/Tesis/Disertasi hingga Pengelolaan Jurnal.

Rektor UMSU menyampaikan rasa syukurnya karena agenda ini telah terus dilaksanakan. Dia mengatakan UMSU memiliki sejarah dalam penelitian. Pada awalnya, UMSU berada di klaster binaan, kemudian naik menjadi klaster pratama, dan naik menjadi klaster mandiri, yang merupakan klaster tertinggi untuk perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Prof. Agussani juga menyampaikan bahwa UMSU berasil di peringkat ke-4 Sinta Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA Se-Indonesia). Dia turut bangga dengan meningkatnya ranking UMSU dari 51 menjadi 41 se-PTN/PTS Indonesia terkait publikasi ilmiah serta mengapresiasi dosen dengan peringkat tertinggi Scopus di UMSU yang Ketua LPPM, Dr. Muhammad Fitra Zambak, ST., M.Sc. Dekan FIKTI Dr. Al-Khowarizmi, S.Kom., M.Kom dan WR II UMSU, Prof. Dr. Akrim, M.Pd.

“Selain dana internal, kita juga tentu bersyukur mendapatkkan hibah eksternal 36 proposal dari Program Penelitian dan Pengabdian DRPTM tahun 2024 sebanyak Rp3,1 miliar,” ujarnya. Dana tersebut terdiri dari 27 penelitian dan 9 pengabdian.

Terkait kerja sama Internasional, Rektor UMSU berharap setiap fakultas memiliki program kerja sama internasional di bidang pengabdian menjalin hubungan dengan beberapa perguruan tinggi di ASEAN, seperti Malaysia dan Thailand, yang akan menjadi prioritas di masa mendatang.

“Kita juga perlu mempertahankan status klaster mandiri, karena ini adalah hasil evaluasi yang dapat saja dicabut jika kinerja kita tidak baik. Saya berharap hal ini menjadi perhatian kita bersama,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua LPPM, Dr. Muhammad Fitra Zambak, ST., M.Sc melaporkan progres perkembangan lembaga penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat UMSU.  Dia mengatakan, UMSU sudah memasuki tahap ketiga dari Rencana Strategis (Renstra) periode 2023–2028 yakni menjadi universitas berbasis riset dan inovasi.

“Sebagai upaya peningkatan, LP2M telah mengambil langkah nyata, termasuk turun langsung ke lapangan untuk mendampingi dosen-dosen di semua fakultas. Kami mengadakan sesi upgrading dan motivasi untuk meningkatkan kinerja dosen, terutama terkait dengan SINTA, yang menjadi parameter kinerja dosen,” lapornya.

Selain itu, LPPM juga telah meningkatkan pengabdian UMSU kepada desa-desa binaan dan melakukan pengabdian Internasional di Malaysia. “Kita berharap ke depannya, 1000 artikel scopus dapat dicapai menuju World Class University. Mudah-mudahan membawa berkah kita semua,” harapnya.

Insentif publikasi diserahkan langsung oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP kepada perwakilan setiap kategori yakni dr. Eka Febriyanti (FK) Jurnal, Rahmat Suryanto Pringadi, S.P., M.P (Faperta) Prosiding, Assoc. Prof. Dr. Zailani, MA (FAI) Keynote Speaker, Asrizal Efendi Nst, S.E., M.Si (FEB) HKI, Dr. Ismail Koto, S.H., M.H (FAHUM) Jurnal Mahasiswa dan Dr. Muhajidin, S.Sos., M.SP (FISIP) Buku. (Syaifulh/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Manusia dan pendidikan adalah dua hal yang saling terkait dan tidak....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Berita

BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung menyelenggarakan Rap....

Suara Muhammadiyah

31 December 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dalam sambutannya di acara Baitul Arqam mahasiswa baru Fakultas ....

Suara Muhammadiyah

25 September 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Career Development & Alumni Center (CDAC) Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Kejuaraan Daerah (Kejurda) VIII Tahap 2 Tapak Suci 2024, diseleng....

Suara Muhammadiyah

13 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah