Resmi Dilantik, Abd Rakhim Nanda Rektor Unismuh 2024-2028

Publish

13 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
268
Istimewa

Istimewa

Mimpi Besar Targetkan  Masuk Ring Asia  

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Khudzaifah Dimyati melantik Dr Ir Abd. Rakhim Nanda MT IPU sebagai Rektor baru Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar periode 2024-2028.

Rakhim menggantikan Prof Ambo Asse yang telah mengakhiri masa jabatannya pada periode 2020-2024. Pelantikan digelar di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin, Selasa, 13 Agustus 2024.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) Prof Haedar Nashir bersama Ketua PPM Dr Agung Danarto turut menyaksikan prosesi pelantikan via zoom. Awalnya keduanya hendak hadir langsung ke Unismuh, namun pesawat yang akan mereka tumpangi mengalami kerusakan, dan terlambat berangkat.

Dalam pidato iftitah sebagai Rektor baru Unismuh, Abd Rakhim Nanda menegaskan komitmennya untuk melanjutkan dan memperkuat berbagai prestasi yang telah dicapai oleh pendahulunya. Dalam kesempatan tersebut, ia mengakui bahwa tantangan ke depan cukup berat, namun ia optimis karena landasan kuat yang telah dibangun sebelumnya.

"Rektor sebelumnya telah memberikan delegasi penuh kepada para wakil rektornya, sehingga kami bisa berkarya sesuai dengan bidang masing-masing. Kami hanya tinggal melanjutkan prestasi yang telah ada, karena kami juga bagian dari tim beliau," ungkapnya.

Visi utama yang diusung oleh Dr. Abd Rakhim Nanda adalah menjadikan Unismuh Makassar sebagai universitas yang Islami, unggul, terpercaya, mandiri, dan berdaya saing global. 

Dalam pidatonya, ia mengungkapkan bahwa Unismuh saat ini berada pada etape kedua dalam road map pengembangan menuju “Toward Research and International Reputable University”. Langkah pertama pada periode 2020-2024 telah dijalani dengan sukses di bawah kepemimpinan Ambo Asse.

"Langkah kedua yang kami siapkan adalah mempersiapkan Unismuh Makassar agar mampu bersaing secara global dengan memperkuat riset dan kriteria lain yang ditetapkan dalam perangkingan dunia. Kami bercita-cita Unismuh dapat berada di ring Asia pada tahun 2024-2028 kelak, Insya Allah," tegasnya.

Untuk menghidupkan ruh perjuangan dalam membangun Unismuh Makassar periode 2024-2028, Abd Rakhim Nanda memperkenalkan tema "Integrated, Green Islamic, Futuristic" sebagai tagline baru Unismuh. Tema ini diharapkan menjadi pendorong semangat dalam menjalankan visi yang telah dicanangkan.

Dengan tema ini, Dr. Abd Rakhim Nanda optimis Unismuh Makassar akan semakin maju dan mampu bersaing di kancah global, tetap berlandaskan nilai-nilai Islami yang kuat.

Selain pelantikan Rektor Unismuh, pada kesempatan yang sama juga dilantik Rektor Institut Teknologi & Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Polman, Ir Nursahdi Saleh, SM ST M Si untuk periode 2024-2028. 

Acara pelantikan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan prasasti peresmian Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar yang baru. Gedung setinggi 11 lantai yang terletak di Jl. Tun Abd Razak, Kabupaten Gowa, ini diresmikan oleh Prof. Ambo Asse sebagai simbol penutup masa jabatannya.

Pelantikan tersebut dihadiri ribuan orang terdiri atas pejabat Forkopimda Sulsel, para Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-Sulsel, para pimpinan perguruan tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah se-Sulsel, para pimpinan Pondok Pesantren Muhammadiyah – Aisyiyan se-Sulsel, para pimpinan Organisasi Otonom Muhammadiyah Tingkat Wilayah Sulsel, para dosen dan karyawan Unismuh, serta undangan lainnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pembukaan dan Stadium General Darul Arqom Madya (DAM) PC IMM Djazma....

Suara Muhammadiyah

23 May 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman SpS., MKes m....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - Wujudkan Pemimpin Berkemajuan, PCM dan PCA Ciledug Kukuhkan Pimpinan....

Suara Muhammadiyah

24 December 2023

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Pembinaan Cabang – Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCR....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Nahkoda baru dan semangat api perjuangan Alfin Nur Ridwan terpilih s....

Suara Muhammadiyah

16 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah