YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Menyambut libur Lebaran dan arus mudik 2025, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta memastikan kesiapan layanan kesehatan bagi para pemudik dan wisatawan yang singgah di Yogyakarta. Sebagai rumah sakit yang terletak di jantung Kota Yogyakarta dan pusat wisata, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta menghadirkan berbagai layanan unggulan untuk menjaga kesehatan masyarakat selama periode libur Lebaran.
Dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (24/3), jajaran direksi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta hadir untuk menyampaikan kesiapan rumah sakit dalam menghadapi tingginya mobilitas masyarakat.
Acara ini turut dihadiri oleh Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, dr. H. Mohammad Komarudin, Sp.A., Direktur Pelayanan dan Penunjang Medis, Direktur Pelayanan dan Penunjang Medis, dr. H. Adnan Abdullah, Sp. THT-KL., M.Kes., Direktur Umum dan Keuangan, Ahmad Mukhlis, S.E., Direktur Sumber Daya Insani dan Al-Islam Kemuhammadiyahan, H. Muhammad Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A., Manajer Layanan, dr. Khairina Hashifah, Sp.O.G., dan Penanggung Jawab Unit Gawat Darurat, dr. Tri Yunanto Arliono, S.Ked., Sp.EM.
Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Komarudin, dalam sambutannya, menegaskan bahwa RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta siap memberikan layanan medis terbaik bagi para pemudik dan wisatawan yang membutuhkan perawatan.
“Kami telah menyiapkan berbagai fasilitas dan layanan unggulan guna memastikan setiap masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat terlayani dengan optimal,” ungkapnya.
Adapun layanan unggulan yang disiapkan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta selama libur Lebaran 2025, yaitu Instalasi Gawat Darurat (IGD), Farmasi, Laboratorium, dan Radiologi 24 jam, Dokter jaga 24 jam, Layanan antar-jemput pasien darurat, Pengantaran obat racikan gratis, Layanan Hemodialisa untuk pasien traveling, Dokter spesialis on-call, Layanan Homecare selama libur Lebaran, Medical Check-Up (MCU) khusus libur Lebaran, layanan Kecelakaan Lalu Lintas, Serangan Jantung mendadak dan stroke.
Layanan homecare yang disediakan tidak hanya terbatas pada kunjungan ke rumah, tetapi juga dapat dilakukan di tempat wisata atau hotel, sehingga memberikan kemudahan bagi wisatawan yang membutuhkan perawatan medis tanpa harus datang ke rumah sakit.
Sebagai bentuk komitmen dalam menjaga pelayanan optimal selama libur Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi selama 24 jam. Diantaranya nomor WhatsApp IGD dan Jemput Pasien (08818119119), nomor Pendaftaran (08886412345), nomor Informasi Layanan (08896669666), nomor HomecareKomarudin (081225116719), nomor Farmasi 24 Jam (08880271188), nomor Radiologi 24 Jam (08895701248), dan nomor Laboratorium 24 Jam (0817381923).
Dengan kesiapan layanan ini, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik guna memastikan kesehatan dan keselamatan pemudik serta wisatawan yang berada di Kota Yogyakarta selama libur Lebaran 2025. (Tia)