Sambut Raker, PCM Umbulharjo Adakan GowisMu

Publish

18 September 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
290
Kegiatan GowisMu PCM Umbulharjo

Kegiatan GowisMu PCM Umbulharjo

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Semboyan "Mens Sana in Corpore Sano" pada tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat, kiranya cocok untuk menggambarkan semangat "Gowismu" Gowes Wisata Muhammadiyah. Gerakan bersepeda yang diselenggarakan oleh LSBO PDM Yogyakarta bekerjasama dengan LSBO PCM Umbulharjo untuk menanamkan dan mensyiarkan hidup sehat dengan bersepeda dan juga menjaga udara yang bersih tanpa polusi yang dikemas dengan wisata Muhammadiyah.

Gowismu yang diadakan pada hari Ahad, 17 September 2023, dimulai pada pukul 06.15 WIB. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut dan menyemarakan Raker Muhammadiyah Umbulharjo pada pukul 12.30 di hari sama dan bertempat di Aula SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Sepeda santai yang diikuti oleh ratusan komunitas "Gowismu" dari berbagai cabang dan ranting yang ada di Umbulharjo khususnya dan Kota Yogyakarta pada umumnya. Untuk titik kumpul depan kantor PDM Kota Yogyakarta. Ketua LSBO PCM Umbulharjo Febrianto Ahmad Fauzie menyampaikan bahwa sebagai “Tuan rumah menyambut baik kegiatan tersebut, disamping sehat juga untuk menjalin silaturrahim antar komunitas sepeda Muhammadiyah,” ungkapnya.

Jarak yang ditempuh sekitar 13 kilometer, dengan mengelilingi wilayah Kota Yogyakarta dan singgah ke beberapa tempat bersejarah di Umbulharjo, seperti situs Warungboto dan saat pitstop di Masjid Sulthonain di Kampung Muhammadiyah Nitikan. Peserta Gowismu juga mendapatkan penjelasan yang di pandu langsung oleh Kusmanto selaku ketua takmir tentang sejarah masjid Sulthonain yang merupakan salah satu masjid kagungan dalem Keraton Yogyakarta dan Surakarta yang di dirikan setelah perjanjian Giyanti tahun 1755 M.

Start Gowismu yang mengambil titik di depan kantor PDM Kota Yogyakarta Jl. Sultan Agung ke barat menyusuri JI. Brigjend Katamso - JI. Kolonel Sugiyono - JI. Lowanu - JI. Ki Ageng Pemanahan - JI. Ring Road Selatan - JI. Singoranu - JI. Masjid Sulthonain Masjid Sulthonain - Jl. Tempel - JI. Tegalturi - JI. Pramuka - JI. Gambiran JI. Perintis Kemerdekaan - JI. Ngeksigondo - JI. Retno Dumilah - Jl. Rejowinangun - Jl. Kebun Raya - JI. Glagahsari - Kantor PCM Umbulharjo dan menuju garis finish di Masjid Nur Hasanah.

Rute yang ditempuh sekitar 1 jam lebih, berjalan dengan lancar dan meriah, peserta finish di Halaman Masjid Nur Hasanah. Sambil istirahat peserta Gowismu disambut hangat oleh PCM Umbulharjo yang langsung dipimpin ketuanya Safroni Saifuddin. Peserta menikmati sarapan soto, aneka jajan pasar, wedang seruni dan teh hangat serta camilan berupa kacang, ubi godog dan pisang yang telah disiapkan di halaman masjid Nurhasanah Tegalcatak Warungboto Umbulharjo.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian doorprize berupa uang @Rp 50.000,- untuk 10 pesera dan doorprize utama berupa 1 unit sepeda. (Ali Sodikin/Febri/Safroni)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Ribuan pengurus, kader, warga dan simpatisan Muhammadiyah akan memenuh....

Suara Muhammadiyah

15 December 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengangkat Dekan Fakultas Hukum Universi....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Masjid Muhammadiyah Istiqamah merupakan salah satu masjid yang did....

Suara Muhammadiyah

16 April 2024

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Abdidaya Ormawa merupakan salah satu kompetensi tingkat Ormawa Se-Indone....

Suara Muhammadiyah

14 December 2023

Berita

STIE Muhammadiyah Cilacap Gelar Lomba Da'i  CILACAP, Suara Muhammadiyah - Amaliyah Ramadan 144....

Suara Muhammadiyah

28 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah