Sarat Nilai Budaya, UMJ Gelar Pelepasan Mahasiswa Inbound PMM Batch 4

Publish

19 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
165
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar pelepasan mahasiswa Inbound program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) Batch 4 di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Kamis (18/7/2024).

Sebanyak 34 mahasiswa dilepas secara simbolis oleh Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kes,.

Hadi memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa yang sudah memilih UMJ sebagai kampus tujuan untuk melaksanakan program PMM Batch 4 tahun 2024. Ia berharap mahasiswa peserta PMM dapat membawa ilmu yang telah didapatkan di UMJ untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Lebih lanjut, Hadi mengatakan bahwa program PMM ini dapat mengubah pola pikir para mahasiswa. Hal itu dikarenakan, mahasiswa bisa mengenal berbagai macam budaya dari daerah masing-masing.

“Kenanglah hal yang baik selama di UMJ bawalah ke tempat asal kalian. Sampaikan juga kepada mahasiswa lainnya bahwa UMJ patut untuk dijadikan tempat program PMM berikutnya,” jelas Hadi.

Kepala Suku PMM Batch 4 Ahmad Rijal Hanif mengutarakan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh UMJ. Melalui PMM ini, para peserta tidak hanya dibantu dalam meningkatkan pengetahuan akademis, namun juga memperkaya budaya dan pengalaman sosial.

“Semoga kita dapat membawa ilmu dan pengalaman selama di UMJ untuk menjadi bekal dalam memberikan kontribusi positif bagi pembangunan pendidikan,” ucap Hanif.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan, Pendidikan, Pengajaran, dan Perencanaan Strategis (L4PS) Prof. Ir. Budiyanto, M.T,  menyampaikan bahwa manfaat program ini tidak hanya tentang pengenalan budaya, namun juga peningkatan soft skill mahasiswa.

Hal itu didapatkan melalui pengalaman mahasiswa untuk mandiri dan mendapatkan pembelajaran dari mata kuliah berbeda.

“Semoga kalian semua mendapatkan kesan yang baik dari keluarga besar UMJ, bahwa di Jakarta ada kampus yang megah dan mendukung dalam peningkatan kompetensi mahasiswa,” ungkapnya.

Dalam laporannya, Koordinator PMM 4 UMJ Lidiyatul Izzah, M.Pd., menyampaikan para peserta PMM Batch 4 terdiri dari 25 perguruan tinggi dengan program studi di antaranya Administrasi Publik, Agroteknologi, Akuntansi, Arsitektur, Administrasi Publik, Ilmu Keolahragaan, dan Ilmu Komunikasi.

Ucapan terima kasih pun dihaturkan oleh Izzah kepada para pimpinan beserta jajarannya yang telah memberikan fasilitas yang baik demi mendukung kelancaran program PMM 4. “Kami sangat senang UMJ selalu mendukung baik jajaran pimpinan hingga para dosen,” terang Izzah.

Tidak hanya itu kesan dan pesan selama mengikuti program juga datang dari Mega Putri, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Al Ghazali Makassar mengaku mendapat banyak sekali pengalaman. Hal terpenting baginya yakni program PMM memberikan manfaat dalam membangun kemandirian dan menggali potensi bagi mahasiswa.

“Kalian jangan ragu untuk mengikuti Program PMM karena memberikan banyak manfaat, terima kasih juga kepada UMJ. UMJ keren,” katanya saat ditemui usai pelepasan.

Kegiatan pelepasan turut dihadiri Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, SH.MH., Dekan, dosen dan Kaprodi di lingkungan UMJ. Rangkaian pelepasan ditutup dengan penampilan video dokumenter, festival budaya berupa penampilan tari dari daerah asal peserta.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Prof. Dr. Sofyan Anif, ....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

WAJO, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan (PWM) Sulawesi....

Suara Muhammadiyah

16 April 2024

Berita

TERNATE, Suara Muhammadiyah - Tingkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sains dan teknolo....

Suara Muhammadiyah

12 July 2024

Berita

PAHANG, Suara Muhammadiyah - Empat mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh (Unm....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

26 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah