SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sosialisasikan Program Unggulan

Publish

24 July 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
75
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah – Sosialisasi program kegiatan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Jawa Tengah untuk wali murid kelas I sampai VI, tahun ajaran 2024/2025 sukses dilaksanakan yang dikemas dengan pengajian Muharram 1446 Hijriyah menghadirkan Korps Mubaligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta Jaka Prasetya pada Selasa, (23/7/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan sekolah sehat yang beralamat di jalan Kartini No 1 Ketelan Kecamatan Banjarsari, lebih tepatnya barat istana Pura Mangkunegaran, utara Masjid Al Wustha Mangkunegaran. 

Seluruh wali siswa diundang pukul 08:00 WIB. Mereka datang dengan mengisi buku tamu lalu duduk. Acara dimulai pukul 08:10WIB, dengan pembawa acara Wakil kepala Sekolah bidang Humas Dwi Jatmiko. Dan inti sosialisasi dipandu langsung oleh kepala sekolah Sri Sayekti. 

Acara dibuka dengan mengucapkan Basmallah bersama-sama. Kepala Sekolah Penggerak berkemajuan Sayekti menyampaikan program kegiatan SD yang telah berdiri sejak 1935 untuk tahun ajaran 2024/2025.

Di antaranya adalah kurikulum yang digunakan mulai dari Kurikulum Merdeka, Kurikulum Al Islam Kemuhamamdiyahan dan bahasa Arab (Ismuba), Kurikulum cambrige dan kurikulum Mulok Jawa Tengah. Berikutnya ada program Pembelajaran bagi Peserta Didik. Siswa masuk pukul 07.00, Senin – Kamis  kelas 1 – 2 pukul 14.00, kelas 3-6 pukul 15.45 dan Jum’at  Kelas 1-2 pukul 10.20, kelas 3 – 6 pukul 14.05. Presensi menggunakan M1 Smart Crad dan Seragam sekolah.

Lebih lanjut Sayekti menyampaikan tentang Pembelajaran Intrakurikuler, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Ekstrakurikuler, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pelajar Muhammadiyah Berkemajuan, Kewirausahaan. Tambahan jam bakat minat. Penilaian formatif dan sumatif  umum,ciri khusus, projek Outing  class, Home visit (jika diperlukan), Kegiatan Jeda, Parenting, Kelas Inspirasi, Jam wajib kunjung ke perpustakaan, Literasi Numerasi dan Pendidikan anti korupsi (PAK). 

“SD Muh Satu Solo memakai Rapor ada pengetahuan (ekstra kurikuler ), P5, Pembiasaan Ismubaristik, bakat minat, Peraturan Akademik, Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK). Melakukan komunikasi yang baik dengan wali  kelas untuk  mendukung keberhasilan belajar siswa di sekolah,” lanjutnya.

Untuk meningkatkan prestasi bagi Siswa, maka KKTP (Kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran) : 80. Syarat kenaikan kelas : keikutsertaan peserta didik dalam pembelajaran, memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan nilai 80 apabila ada nilai yang kurang dari KKTP tidak boleh lebih dari 2 nilai, penilaian baik pada kompetensi sikap.

“Syarat kelulusan menyelesaikan seluruh program pembelajaran. Menyelesaikan seluruh program Ismubaristik (sholat dan mengaji). Memiliki  deskripsi  sikap  minimal  baik  sesuai  dengan  kriteria yang telah ditetapkan. Mengikuti penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ). Mencapai  nilai  rata-rata  pencapaian  minimal  sekolah  paling rendah 80. Ditetapkan rapat pleno dewan guru dan kepala sekolah,” kata Sayekti.

Selain itu ada Program Tertib ibadah. Tertib sholat 5 waktu dan mengaji. Tadarus di awal kegiatan KBM. Sholat Dhuha. Sholat Dhuhur sholat Jum’at berjama’ah. Membawa alat ibadah, sandal. Lalu, Program peningkatan Baca dan Tulis Al qur’an. Peningkatan BTQ metode Al Husna, Tahfid metode Talaqqi, Tahfid Juz 30, Kelas tahfidz, Muroja’ah Tahfidz. 
“Program Lingkungan Islami. Memakai baju seragam Islami dengan bentuk sesuai ketentuan sekolah. Senyum sapa salam sopan dan santun. Selalu memantau kegiatan belajar dan ibadah siswa. Bersama sekolah menguatkan pendidikan karakter siswa,” katanya.

SD Muhammadiyah 1 Solo memiliki branding “Muhammadiyah 1 International Elementary Islamic School Surakarta”. Oleh karena itu ada banyak pembiasaan keagamaannya. Program peningkatan wawasan dan pemahaman keislaman dan Kemuhammadiyahan. Pengajian, PHBI : Peringatan hari besar Islam, Pembinaan keputrian, Pesantren kilat / Training Leadership Camp (Baitul dan Darul Arqom), Ekstra kurikuler HW dan tapak suci.

“Peningkatan Mutu Pendidikan Ismuba, Pengadaan buku daily record Ismuba, Shalat test (siswa), P5 pelajar muhammadiyag berkemajuan, Penilaian tengah dan akhir semester ciri khusus, Sumatif akhir Jenjang kelas 6. Ukhuwah Islamiyah dan Dakwah, Sosial, Baksos, Silaturahmi idhul fitri / halal bi halal, Latihan Qurban dan Infaq kelas,” bebernya. (Jatmiko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GIRISUBO, Suara Muhammadiyah - Sabtu 28 Oktober 2023 bertempat di komplek SD Muhammadiyah unggulan A....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Berita

Kadindik Banyumas Ungkap 3 Nasihat Sebelum Menutup MPLSSB MBS Zam-Zam BANYUMAS, Suara Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

25 July 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Koordinator Komisariat IMM UMP gelar acara Pelantikan dan Sara....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah  - Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Makmun M.Pd.....

Suara Muhammadiyah

15 May 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Pengajian Guru Karyawan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta edisi bulan D....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah