SD Muhammadiyah 1 Solo Pemantapan Metode Al Husna

Publish

30 December 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
142
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah – Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDM) 1 Solo Jawa Tengah menggelar Baitul Arqom yang bertujuan pemantapan metode al Husna, Rabu (27/12/2023). Kegiatan ini mendatangkan Tim Al Husna Indonesia.

Acara bertempat di di Aula Agro Amanah Karanganyar Jawa Tengah. Baitul Arqom kali ini mengambil tema penerapan membaca Al-Qur’an dan ibadah untuk mewujudkan ismubaristik. Kegiatan diikuti seluruh dewan guru dan karyawan sekolah penggerak.

Metode al Husna ini sudah digunakan oleh siswa-siswi SD yang berdiri sejak 1935. Pemateri Tim al husna Indonesia, Fajar Santoso membeberkan dengan peryantaan mengapa kita pakai metode al Husna? Macam-macam metode pembelajaran Al-Qur'ān diantaranya, metode Al-Mahir, metode Qira'ati, metode Iqra', dan metode Al-Husna, dan lain-lain.

Menurutnya Metode Al-Husna, yaitu metode membaca Al-Qur'ān dengan buku yang bercetakan huruf Qur'ān Rasm Utsmani Riwayat Imam Hafs dari ‘Ashim dengan sistem tanda baca yang mengacu pada terbitan Mujamma’ Malik Fahd Nabawiyyah, yaitu huruf Al-Qur'ān yang berstandar internasional yang menjadi rujukan ulama dunia dan sudah menjadi kesepakatan 4 mahdzab, tetapi diurutkan dengan susunan yang memudahkan kita untuk mempelajari ilmu tajwid.

“Kelebihan Metode Al-Husna diantaranya: Mudah, Cepat, Praktis, Tepat. Dapat digunakan semua usia, mulai balita hingga manula, Menggunakan teknik Scaning-Story-Saying, Susunanya sistematik dan aplikatif,” tandasnya.

Selanjutnya, ustaz Fajar, menjelaskan Prinsip-Prinsip metode Al-Husna yaitu: Mudah, Menyenangkan, Tartil yang optimal10. Strategi pembelajarannya ada 4, yaitu: Tingkat Qur'ān Dasar, Tingkat Tilawah Juz'i, Tahsin Qir̄a'ah, Tingkat Talaqqī
“Keberhasilan metode pembelajaran Al-Qur'ān dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: kemampuan mengajar guru, peserta didik, lingkungan, materi yang menunjang, tujuan yang hendak dicapai,” katanya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 guru karyawan  peserta terdiri Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Kurikulum, Humas, Sarana dan Prsarana dengan ketua panitia Wakil Kepala Sekolah bidang al Islam Kemuhammadiyahan Ahmad Syaifuddin MPd serta karyawan sekolah. 

Acara dibuka oleh Pimpinan Majelis Pendidikan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta Drs H Harminto dan di hadiri pengawas gugus II  RA Kartini Korwil III Kecamatan Banjarsari H Kartono MPd. (Jatmiko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TAKALAR, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Daerah Takalar kini sedang merintis pembangunan pondok pe....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

UCI MTB Mountain Bike World Championship 2023 PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan UCI M....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjadi tuan rumah a....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Language Development Centre (LDC) Universitas Muhammadiyah Pur....

Suara Muhammadiyah

15 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Matraman melaksanakan kegiatan Hari Ber M....

Suara Muhammadiyah

18 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah