Adakan Perlombaan Teselasi, Kirigami, dan Robotika
BANGKA, Suara Muhammadiyah - Pada hari Jum’at, 8 November 2024, Sekolah Dasar (SD) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung merayakan International Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) Day dengan menyelenggarakan berbagai perlombaan, meliputi menggambar dan mewarnai teselasi, membuat kirigami, dan merakit robotika sederhana. Kompetisi diikuti oleh seluruh siswa kelas I hingga kelas VI sejumlah 282 siswa dan didampingi oleh seluruh guru sejumlah 24 guru. Perayaan International STEAM Day berlangsung di masjid dan halaman sekolah.
Sejak tahun 2015, National STEM/STEAM Day dirayakan secara internasional setiap tanggal 8 November (MGA Entertainment, 2015). Perayaan bertujuan untuk mendorong anak tertarik pada bidang sains, teknologi, rekayasa, dan matematika melalui aktivitas seni kreatif. Dalam konteks pembelajaran, perayaan ditujukan untuk semakin memperkenalkan kepada anak-anak hubungan disiplin ilmu sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika dengan kehidupan dunia nyata.
Kepala sekolah Fera Anggraini, S.S, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa perayaan International STEAM Day kali ini merupakan yang pertama kali diadakan di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Siswa kelas rendah (kelas I - III) akan berlomba dalam membuat dan mewarnai teselasi. Kompetisi pembuatan kirigami diperuntukkan bagi siswa kelas tinggi (kelas IV - VI). Sementara perakitan robotika dari material sederhana diikuti oleh peserta ekstrakurikuler robotika yang terdiri dari perwakilan kelas V - VI.
Fera menambahkan bahwa International STEAM Day bertujuan untuk meningkatkan minat dan talenta siswa pada bidang STEAM. "Pada sisi guru, mempersiapkan acara ini membuat para guru belajar lebih dalam apa itu teselasi, kirigami, dan robotika yang bisa dimanfaatkan untuk memfasilitasi pembelajaran lintas disiplin ilmu sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika yang sedang menjadi tren pendidikan global. Pendidikan STEAM merupakan hal baru bagi kami, dan kami tertarik terus mengeksplorasi potensinya untuk menjadikan pembelajaran di sekolah semakin berkemajuan.”
Pendidikan dan pembelajaran STEAM mulai intensif didiseminasikan di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung pada tahun ajaran baru 2024/2025. Diseminasi dilakukan oleh para dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel), terutama oleh Imam Fitri Rahmadi, Ph.D dan Yudi Yunika Putra, M.Pd, yang tergabung dalam kelompok riset Educational Technology Research and Academic Excellent (EduTRAX) melalui program pengabdian masyarakat dalam bentuk pengembangan STEAM Corner di sekolah.
SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung berkomitmen untuk melakukan inovasi dalam bidang pendidikan melalui implementasi pembelajaran STEAM. Sekolah secara berkelanjutan berupaya mengenalkan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan, kontekstual, dan bermakna kepada guru. Sementara kepada siswa, empat keterampilan esensial meliputi keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi yang perlu dimiliki anak pada abad ke-21 menjadi fokus peningkatan dalam pembelajaran.
SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung merupakan laboratorium sekolah (labschool) Unmuh Babel. Rektor Unmuh Babel Ir. Fadillah Sabri, S.T, M.Eng, IPM mengapresiasi perayaan International STEAM Day. Perayaan yang diisi dengan perlombaan menjadi momentum untuk melejitkan potensi siswa, membuat mereka lebih kreatif sekaligus kritis karena seni yang mereka buat dikaitkan dengan ilmu pengatahuan.
Selama kegiatan, para siswa tampak asyik menggambar dan mewarnai teselasi, membuat kirigami, dan merakit aneka robot sederhana. Perayaan International STEAM Day menjadi torehan sejarah dan prestasi baru bagi SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung untuk mulai mengimplementasikan dan mempromosikan pendidikan STEAM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya dan Indonesia secara lebih luasnya.
Menurut koordinator EduTRAX, Imam Fitri Rahmadi, Ph.D perayaan International STEAM Day menunjukkan dedikasi kepala sekolah dan semangat para guru menerapkan pembelajaran STEAM. "Kami yakin hal itu akan berdampak baik bagi siswa, guru, dan sekolah. Siswa semakin mengenal beragam aktivitas yang berguna untuk mempelajari sains, teknologi, rekayasa, dan matematika melalui kreasi seni yang terhubung ke dunia nyata sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Guru menjadi lebih berdaya dalam mengimplementasikan inovasi pedagogis berupa pembelajaran interdisipliner. Reputasi sekolah akan meningkat seiring dengan beragam inovasi yang diterapkan di lingkungan sekolah.”
Sementara itu, Rektor Unmuh Babel, Ir. Fadillah Sabri, S.T, M.Eng, IPM mengetahui senang mengetahui adanya perayaan International STEAM Day di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. "Kegiatan seperti ini sangat penting dan berharga untuk menggali potensi para siswa dan memperluas wawasan para guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif. Perayaan memberi kesempatan siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai aktivitas yang memicu rasa ingin tahu, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Guru juga jadi lebih terbuka wawasan tentang pendekatan pembelajaran STEAM dan bisa menggali ide-ide baru untuk diimplementasikan di kelas," pungkasnya.