Sejarah, Groundbreaking RS PKU Muhammadiyah Pertama di Papua

Publish

24 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
931
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Dampingi Ketum PP Muhammadiyah, Presiden Jokowi Puji Konsep Integrasi

SORONG, Suara Muhamamdiyah - Presiden Joko Widodo resmi melakukan Groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong pada Jumat, (24/11/2023) sebagai bagian dari kunjungannya di Tanah Papua. Sebelumnya, Presiden juga telah mengunjungi beberapa lokasi di Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Teluk Bintuni.

Tiba pukul 13.15 WIT, Presiden Joko Widodo hadir bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof Dr Muhadjir Effendy, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Rektor UNIMUDA Sorong Dr Rustamadji, serta pejabat daerah lainnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof KH Haedar Nashir mengungkapkan RS PKU Muhammadiyah Unimuda menjadi tonggak bersejarah persyarikatan bersama masyarakat Papua. Hadirnya fasilitas kesehatan pertama Muhammadiyah yang dibangun di atas lahan 3 hektar ini melengkapi empat perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di Papua.

"Dengan bersyukur kepada Allah, kita hari ini hadir untuk groundbreking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unimuda. Ini menjadi hari yang spesial," ungkapnya. Haedar Nashir turut berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang turut mendukung kiprah Muhammadiyah di Bumi Cenderawasih ini.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi konsep integrasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong.

“Rumah sakit ini saya lihat, ini adalah rumah sakit yang terintegrasi, ada rumah sakit, hotel, mall, saya melihat belum pernah ada Amal Usaha Muhammadiyah yang menggabungkan konsep integrasi ini, dan ini yang pertama kali, ada di Sorong,” ujar Jokowi.

Pembangunan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong diharapkan selesai pada tahun 2024 dengan dukungan APBN. Presiden Jokowi menegaskan akan mengirim tim untuk memastikan pencapaian target ini.

"Dana yang diperlukan sebesar 256 miliar. Saya telah berjanji kepada ketua PP Muhaamdiyah untuk mengirim tim Kementerian PU, agar pembangunan ini segera dikerjakan dan diselesaikan tahun depan," kata Jokowi.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pemberian kuis dan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo. Maria Guretty Alatubir dari Program Studi Agribisnis dan Apia Renwarin dari Program Studi Pendidikan IPA menjadi dua mahasiswa beruntung yang mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Republik Indonesia.

Groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong ini menjadi kado istimewa bagi Persyarikan Muhammadiyah yang baru saja merayakan Milad ke-111 pada tanggal 18 November 2023. Hadirnya Rumah Sakit di Tanah Papua ini juga merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam mewujudkan visi “Indonesia Maju”, melalui pemerataan pembangunan yang bukan Jawa-sentris, tetapi Indonesia-sentris.

Melalui kerjasama antara pemerintah, Persyarikan Muhammadiyah, dan UNIMUDA Sorong, pembangunan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong diharapkan menjadi tonggak penting dalam penyediaan pelayanan kesehatan merata dan berkualitas bagi penduduk di Wilayah Timur Indonesia. (endra/riz)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 81 murid kelas VI SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo m....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - LazisMu dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Medan menggelar kegiatan berba....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Pendiri dan Ketua Pembina Odesa Indonesia Budhiana Kartawijaya m....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

BINJAI, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Pujimulio (PRPM Pujimulio) m....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Resiliensi Bencana Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Ist....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah