Selamat! Mahasiswa UM Bandung Terpilih sebagai Duta Inisiatif Indonesia Jabar

Publish

10 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
206
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Gita Amara Aulia, mahasiswa program studi Teknik Informatika UM Bandung, terpilih sebagai Duta Inisiatif Indonesia Provinsi Jawa Barat tahun 2024. Duta Inisiatif Indonesia merupakan program dari organisasi non-pemerintah (NGO) bernama Green Zinitiative.

Untuk meraih prestasi ini, Gita harus bersaing dan menyisihkan ratusan peserta lainnya. Gita merasa bersyukur dan bahagia atas pencapaian ini. Dia menjalani berbagai tahap seleksi untuk menjadi Duta Inisiatif Indonesia. "Pada awalnya kami mengisi data diri, motivasi, visi-misi, dan alasan ingin menjadi Duta Inisiatif Indonesia," ujar Gita di UM Bandung pada Sabtu (08/06/2024).

Selain itu, Gita dan peserta lainnya juga melalui tahapan penting seperti wawancara dengan panitia. "Peserta diberi pertanyaan seputar duta dan isu lingkungan sekitar beserta videonya," kata Gita.

Setelah melewati tahap pemberkasan, para peserta mendapatkan mentoring dan pembekalan seputar Duta Inisiatif. "Mentoring ini menjadi syarat bagi kami untuk melakukan roadshow ke provinsi masing-masing guna memberikan edukasi di sekolah atau lingkungan sekitar," terang Gita, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UM Bandung.

Pengetahuan lingkungan

Gita menjelaskan bahwa Green Zinitiative bertugas mendorong generasi muda Indonesia untuk bergerak dalam menjalankan program Disaster Preparedness Education Roadshow. "Dalam program ini kami membekali generasi muda dengan pengetahuan tentang lingkungan berkelanjutan, kesiapsiagaan bencana, dan aksi perubahan iklim," ungkap Gita.

Perempuan yang hobi membuat pastry ini juga menjelaskan bahwa program tersebut ditujukan untuk pelajar Indonesia dari Sabang sampai Merauke. "Program ini bertujuan untuk mempercepat terwujudnya cita-cita Indonesia Emas tahun 2045 dan target Sustainable Development Goals 2030," jelas Gita.

Alumni SMAN 1 Banjaran, Kabupaten Bandung, ini yakin bahwa perempuan juga bisa berkarya dan berprestasi. Ia menegaskan bahwa pandangan yang menganggap perempuan lemah dan hanya bisa membuat drama adalah salah. Motivasi Gita mengikuti seleksi hingga terpilih menjadi duta adalah untuk memperluas relasi dan memberikan edukasi tentang lingkungan kepada masyarakat.

"Terpilihnya saya sebagai Duta Inisiatif tentu merupakan kehormatan besar bagi saya pribadi. Saya berharap dapat memberikan kontribusi besar bagi kemajuan lingkungan di Jawa Barat," tutup Gita.*(FK)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PERLIS, Suara Muhammadiyah - Internasionalisasi Muhammadiyah bertujuan untuk memberi dampak secara l....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Ahad (31/12) Lazismu Mantrijeron menggelar Wisuda dan Tutup Ta....

Suara Muhammadiyah

1 January 2024

Berita

BANJARNEGARA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah melalui Induk Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) menga....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Unit Layanan Pemeriksaan Psikologi (ULPP) UM Bandung menggelar p....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Permasalahan darurat sampah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah