Selamat! Prof Bunyamin Resmi Dikukuhkan sebagai Guru Besar Manajemen Pendidikan

Publish

19 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
260
Istimewa

Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prof. Dr. Bunyamin, M.Pd.I dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) di Aula Ahmad A.R Fachruddin FEB Uhamka, Sabtu (18/05/24).

Pengukuhan ini menjadikan Prof Bunyamin sebagai  guru besar ke-19 yang ada di Uhamka. 

Prof. Bunyamin menyampaikan orasi Ilmiah  berjudul Total Quality Management (TQM) Berbasis Nilai Religi: Model Kendali Revitalisasi Mutu Lembaga Pendidikan Islam.

Pengukuhan ini dihadiri oleh Toni Toharudin Kepala LLDikti Wilayah III, Akhmad Abu Bakar Ketua PWM DKI Jakarta, Prof Jamhari Makruf Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Ma’mun Murod Al-Barbasy Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prof Sudarnoto Abdul Hakim Sekretaris BPH Uhamka, Nurhadi Anggota BPH Uhamka, Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka, Anisia Kumala Warek I Uhamka, Desvian Bandarsyah Warek III Uhamka, Muhammad Dwifajri Warek IV Uhamka, segenap pimpinan di lingkungan universitas dan fakultas, dan seluruh Stakeholder Uhamka.

Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka menyampaikan bahwa proses pendidikan yang baik harus berlandaskan nilai luhur seperti kejujuran, kasih sayang, dan integritas, sebagaimana disampaikan dalam orasi.

Menurutnya, Prof Bunyamin telah membangun prinsip yang menjadi landasan pengembangan mutu pendidikan, diantaranya kepemimpinan yang berbasis nilai, partisipasi aktif seluruh Stakeholder, orientasi capaian tujuan, pengendalian mutu, dan peningkatan mutu berkesinambungan.

"Selamat dan mari kita nantikan kontribusi-kontribusi selanjutnya dari Prof Bunyamin dalam penerapan pembelajaran di masa depan" ujarnya, sebagaimana dimuat dalam laman kabar pendidikan.
Sementara itu, Prof Toni Toharudin menyampaikan apresiasi. atas gelar guru besar yang telah dinobatkan kepada Prof Bunyamin. 

Ia menyebutkan bahwa di tahun 2024 ini telah tercatat 12 guru besar baru yang SK nya terbit di LLDikti Wilayah III. Maka, Kepala LLDikti Wilayah III ini mengharapkan adanya akselerasi program di perguruan tinggi sehingga bisa melakukan percepatan guru besar dalam rangka mendorong mutu universitas.

“Selamat atas pengukuhan Prof Bunyamin. Pengukuhan guru besar merupakan pencapaian yang mengesankan dan menjadi kontribusi ilmiah yang luar biasa. Semoga melalui pengukuhan ini, ia semakin meningkatkan peran dan kontribusinya dalam dunia akademik sehingga bermanfaat bagi seluruh umat. Semoga Uhamka juga terus bisa mencetuskan profesor-profesor lainnya dalam rangka menciptakan pendidikan yang unggul di masa depan,” pungkasnya.

Menurut Prof Jamhari Makruf Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Total Quality Managemen atau TQM akan sangat bermanfaat untuk pengembangan Islam di Indonesia dan khususnya pendidikan di Muhammadiyah.

“Orasi ilmiah beliau sangat cocok untuk diimplementasikan dalam penyelenggaraan pendidikan Islam di Indonesia, khususnya Muhammadiyah. Sudah saatnya para pengelola atau stakholder pendidikan mempertimbangkan kualitas dan mutunya di masa depan,” tutur Prof Jamhari.

Menurutnya, terdapat tiga pilar yang dapat diterapkan pada pengelolaan lembaga pendidikan diantaranya, fokus pada pelanggan, perbaikan terus menerus, dan libatkan seluruh elemen atau unsur yang ada pada lembaga pendidik. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertepatan Milad ke-74 SMA Muhi dilaksanakan acara sarasehan d....

Suara Muhammadiyah

6 September 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh  Dr. ....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam menanggapi ketidakstabilan situasi politik di Afghanista....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Upaya menghidupkan dakwah di lingkungan Persyarikatan Muhamma....

Suara Muhammadiyah

21 January 2024

Berita

PANDEGLANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa, dosen, dan jajaran pimpinan Fakultas Ilmu Keperawatan Un....

Suara Muhammadiyah

19 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah