Selamat, UM Palopo Raih Akreditasi Baik Sekali dari BAN PT

Publish

11 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
114
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALOPO, Suara Muhammadiyah – Prestasi membanggakan kembali diukir Universitas Muhammadiyah Palopo (UM Palopo), setelah 3 Prodi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan raih Akreditasi Baik Sekali, serta Prodi S1 Manajemen raih Akreditasi Unggul.

Kali ini, Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) UM Palopo ditetapkan melalui SK BAN-PT Nomor: 1346/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024 memperoleh peringkat BAIK SEKALI dengan skor 339.

Rektor UM Palopo, Prof. Dr. H. Suhardi M. Anwar, Drs., M.M., CIQaR, menyatakan kesyukurannya atas capaian ini dan sebelumnya.

“Skor 339 itu Baik Sekali gemuk, dan sebenarnya jika nilai NSA (Akumulasi Akreditasi Prodi) cukup 3,50 maka kami bisa meraih peringkat Unggul,” kata Prof. Suhardi.

Ia optimistis, ke depan UMPalopo akan meraih prestasi-prestasi yang membanggakan.

“Alhamdulillah, InsyaAllah 2-3 tahun ke depan institusi UMPalopo bisa unggul dan semakin tumbuh mendunia,” ucap Suhardi.

Menurutnya, tim taskforce yang dipimpin oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Lembaga Penjaminan Mutu, telah bekerja sejak Juli 2023 dan baru divisitasi oleh BAN-PT pada tanggal 28-30 Juli 2024.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Badan Pembina Harian, para Wakil Rektor, tim Taskforce, Dekanat, Prodi, Biro, Lembaga, UPT, cleaning service, serta stakeholder yang hadir, seperti kepala LLDIKTI Wil. IX Sulawesi, Dirut Bank Sulselbar sekaligus alumni, Kadis Kesehatan Provinsi Sulsel sekaligus alumni, semoga bernilai ibadah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, semakin tumbuh mendunia,” tutupnya.

Sementara itu Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UM Palopo, Prof. Dr. Hadi Pajarianto, M.Pd.I., menjelaskan bahwa akreditasi adalah wujud dari akuntabilitas dan jaminan mutu perguruan tinggi, karena semua kriterianya mencerminkan keseluruhan indikator yang harus dikerjakan perguruan tinggi.

“Pemerintah juga melakukan pemantauan melalui platform PEMUTU, di situ detail indikator apa yang sudah dipenuhi dan belum dipenuhi oleh perguruan tinggi,” jelas Hadi.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada LPM dan tim Taskforce yakni, anak-anak muda yang militan dan penuh dedikasi.

“InsyaAllah 2-3 tahun ke depan Institusi UMPalopo kita targetkan Unggul dan terakreditasi internasional. Kami juga sedang bekerja keras melakukan reakreditasi sebanyak 10 Prodi, dengan target Unggul dan Baik Sekali,” tutup Hadi.

Di tempat yang sama, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UM Palopo, Dr. Syafruddin, menjelaskan bahwa jaminan mutu institusi UMPalopo telah memenuhi, bahkan beberapa indikator telah memiliki daya saing internasional.

“Contohnya Prodi Manajemen itu ada 27 dimensi yang memiliki daya saing internasional, sehingga mendapat peringkat Unggul dari Lamemba,” tutur Dr. Syafruddin.

Penyelenggaraan Catur Dharma di UMPalopo, kata Syafruddin, saat ini dilaksanakan secara digital, termasuk Sistem Informasi Penjaminan Mutu (Simutu) merupakan penyempurnaan dari SIM sebelumnya yang bernama Qamon.

“Sistem kami semua disusun oleh tim IT yang dipimpin oleh Rahmat Siswanto, S.S.T., M.T., dan kawan-kawan. Melalui digitalisasi ini kami mudah untuk melakukan proses P.P.E.P.P. (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan). Itu juga yang diapresiasi oleh setiap asesor yang datang di UMPalopo,” tutupnya. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Pondok Pesantren Mode....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengawali proses pen....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti, mengungkapkan rasa syukurnya karena ....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Gedung Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) me....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung (AKMT) dan Pemerintah Kab....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah