Siswa SD Muhammadiyah Sapen, Sedekahkan Uang Hasil Jualan ke Lazismu

Publish

21 May 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
294
Istimewa

Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebuah perbuatan yang sangat mulai ditunjukkan siswa SD Muhammadiyah Sapen dalam bentuk program berbagi. Program berbagi ini dilakukan siswa-siswa kelas 2 dengan cara menyalurkan keuntungan hasil jualan dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasioa (P5)  kepada Lazismu Kota Yogakarta.

Kegiatan P5 yang bertemakan wirausaha, memberikan pengalaman belajar kepada siswa didik untuk berwirausaha dengan menjajakan barang dagangannya baik melalui online melalui konsep pre order ataupun offline dengan menjajakan barang dagangan secara langsung kepada pembeli.

Salah satu tujuan dari kegiatan kewirausahaan  menurut Ismi Nurmawati untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik tentang manajemen penjualan. Siswa diedukasi untuk merencanakan, membuat produk, memasarkan, dan menjual barang dagangan hingga menghitung jumlah keuntungan yang didapatkan.

Menurut Ismi, setelah siswa menjual dan menghitung jumlah keuntungan, siswa diedukasi untuk belajar berbagi dengan sesama melalui penyaluran hasil keuntungan yang diberikan kepada saudara-saudara kita melalui  Lazismu Kota Yogyakarta.

“Kami senang dapat berbagi dengan uang hasil keringat sendiri. Ini adalah sebuah pengalaman yang baru pertama kami alami dan lakukan untuk dapat berbagi dengan sesama secara bersama-sama. Semoga sedikit yang kami berikan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi saudara-saudara kita”, ujar salah seorang siswa.

Terpisah, Agung Rahmanto, Kepala SD Muhammadiyah Sapen menguatkan kegiatan ini mengolaborasikan antara literasi numerasi dengan pembentukan karakter siswa yang mengedepankan empati dan sosial untuk saling membantu dan meringankan beban sesama.

“Kegiatan P5 kali ini, mengangkat tema kewirausahaan. Melalui kegiatan P5, siswa diedukasi tentang konsep kewirausahaan beserta langkah dan strategi pemasarannya dan hasil keuntungan berwirausaha dikumpulkan untuk disumbangkan kepada saudara-saudara kita melalui Lazismu Kota Yogyakarta," pungkasnya. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Kemah Prestasi Mandiri (Presma) SD Muhammadiyah Condongcatur (SDM CC) m....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

SIDRAP, Suara Muhammadiyah - Institut Kesehatan dan Sains (ITKES) Muhammadiyah Sidrap mensyukur....

Suara Muhammadiyah

15 October 2023

Berita

JEMBRANA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Pimpinan Daerah Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Wilayah (Musywil) Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muh....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Muhammadiyah Sumatera Uta....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah