SMA Muhi Jalin MoU Internasional dengan 5 Institusi Pendidikan di Malaysia

Publish

21 May 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
141
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KL, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melakukan lawatan kunjungan internasional ke Singapura - Malaysia pada Ahad 19 Mei 2024 sampai Kamis, 23 Mei 2024. Kunjungan internasional bertajuk “School Colaboration Visit” tersebut dipimpin oleh Drs. H. Herynugroho, M.Pd selaku kepala sekolah dan Achmad Muhamad, M.Ag selaku Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal PWM DIY. 

Rombongan bertolak dari Yogyakarta International Airport Kulon Progo pada Ahad, 19 Mei 2024 dan transit terlebih dahulu menuju Singapura. Setelah seharian melakukan studi inspirasi di Singapura, malam harinya rombongan mulai bergerak menuju Johor, Malaysia.

Senin, 20 Mei 2024 rombongan memulai kegiatan di Malaysia. Selama 4 hari di Malaysia rombongan melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Ada 3 perguruan tinggi dan 2 sekolah menengah yang dikunjungi diantaranya adalah Universitas Teknologi Malaysia (UTM) dan Netherlands Maritime University College (NMUC) yang merupakan salah satu universitas ternama di Malaysia. Selanjutnya rombongan berkunjung ke Kolej Islam Sultan Alam Shah (KISAS) yang merupakan sebuah sekolah berasrama penuh di Klang, Selangor, Malaysia. 

Destinasi kunjungan selanjutnya adalah mengunjungi Sekolah Menengah (SM) Kebangsaan. SM Kebangsaan merupakan sekolah negeri yang ada di negara Malaysia. Terakhir rombongan mengunjungi Universitas Islam Internasional Malaysia (UIIM) UIIM merupakan Universitas Islam modern yang didirikan pada tahun 1983 oleh Kerajaan Malaysia dan pada permulaannya disponsori oleh delapan pemerintah negara yang tergabung di Organisasi Konferensi Islam. Sebelum meninggalkan Malaysia rombongan juga menyempatkan diri berkunjung ke Kantor Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia.

Menurut Marini Amalia Octavianti, M.Pd selaku wakil kepala urusan humas, kegiatan Memorandum of Understanding (MoU) ini adalah untuk menjalin kerjasama untuk memfasilitasi lulusan SMA Muhi melanjutkan studi lanjut di Malaysia. Selain itu kegiatan ini juga menjalin kerjasama terkait summer school di Universitas Teknologi Malaysia (UTM).

 Sebelumnya selama tahun 2021-sekarang SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah bekerjasama dengan ACT Educations Solutions Limited (ACT) International untuk melaksanakan program Global Assessment Certificate (GAC). Program GAC ini membekali peserta didik dengan kualifikasi masuk 100 perguruan tinggi di dunia. 

“Tiada lain, hal itu dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar dan kehidupan di level internasional untuk mempersiapkan peserta didik SMA Muhi memasuki persaingan global.” tuturnya.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Drs H Herynugroho M.Pd berkomitmen menjawab tantangan zaman dengan membekali siswa dengan kemampuan era industri 4.0. Menurutnya, kegiatan ini merupakan implementasi program Internasionalisasi Gerakan Muhammadiyah. Internasionalisasi Gerakan Muhammadiyah, kata dia, adalah proyek besar yang bertujuan bukan hanya memperkenalkan tapi menjadikan Muhammadiyah sebagai bagian dari umat Islam global. 

”Gerakan ini dibarengi dengan internasionalisasi pemikiran Muhammadiyah. Bismillah semoga peserta didik SMA Muhi dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, karakternya di Malaysia ini. Semoga Sumber Daya Manusia SMA Muhi semakin berkembang dan berkemajuan,” ujarnya.

Achmad Muhamad, M.Ag selaku Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal PWM DIY berharap kerja sama dan kolabarasi antara  SMA Muhamamdiyah 1 Yogyakarta dengan instansi pendidikan di Malaysia semakin dalam, dan semakin luas.

"Kerja sama yang sudah dijalankan ini harus terus ditingkatkan dengan membangun persahabatan dan persaudaraan sejati di antara 2 bangsa yang banyak memiliki kesamaan budaya. Kami membangun program kerja bersama yang memiliki kemanfaatan untuk kedua belah pihak," katanya. (Yusron)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Pemuda Lintas Iman dan PKK Joyotakan Surakarta Bersemangat  SOLO, Suara Muhammadiyah - Eco Bhi....

Suara Muhammadiyah

4 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) DIY menggelar Taawun Sosial Ramadha....

Suara Muhammadiyah

9 April 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - PPDB di SMK Muhammadiyah Purwodadi Kabupaten Purworejo tahun pelajar....

Suara Muhammadiyah

23 July 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Guna menyambut tahun 2024, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Su....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Masjid Al Muttaqiin Perumahan Grand Tanjung Elok di hari-hari biasa m....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah