SMP Muhammadiyah se-Depok Komitmen Wujudkan Sekolah Unggul di Era Merdeka Belajar

Publish

9 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
601
Seminar Nasional dan Launching Sekolah Unggul Berdiferensiasi SMP Muhammadiyah Depok Sleman. Doc. SM

Seminar Nasional dan Launching Sekolah Unggul Berdiferensiasi SMP Muhammadiyah Depok Sleman. Doc. SM

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Tantangan dunia saat ini semakin berat dan kompleks. Demikian juga dengan pendidikan. Untuk merespons hal tersebut, sekolah SMP Muhammadiyah se-Depok Sleman mengadakan Seminar Nasional pada Selasa (9/1). Kegiatan tersebut digelar di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY dengan mengusung tema “Mewujudkan Sekolah Unggul dan Berdiferensiasi di Era Merdeka Belajar.”

Tampak hadir Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Depok Muhammad Ichsan, SE., MM, Ketua Bidang Pendidikan Nonformal Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Nonformal Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY Dr Dra Sarjilah, MPd, Kepala BBGP DIY Dr Adi Wijaya, SPd., MA, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Drs Ery Widaryana, MM, Kepala SMP Muhammadiyah se-Depok, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Hasanudin, MPd menyampaikan seminar nasional ini sebagai misi untuk menguatkan dan meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat. Hasanudin menilai bahwa pendidikan sebagai bantalan vital dalam kehidupan yang sedemikian rupa masyarakat harus memperoleh akses pendidikan.

“Kegiatan seminar ini dimaksukan kepada kami di tiga sekolah di dorong untuk berupaya dan lebih meningkatkan kembali pelayanan kami terhadap masyarakat. Kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat bagaimana kemodernan pendidikan Muhammadiyah yang sesuai dengan tuntutan zaman,” ujarnya.

Sementara, Ery Widaryana menuturkan setidaknya ada empat isu penting pendidikan yang semestinya harus dikembangkan. Yaitu unggul-kompetitif, unggul-komparatif, pendidikan karakter, dan pendidikan entrepreneur. Menurutnya, ketiga sekolah SMP Muhammadiyah Depok telah menawarkan keunggulannya masing-masing sesuai kemampuannya.

“Jadi sekolah yang unggul itu akan memenangkan persaingan. Karena persaingan sekarang sangat kompetitif. Tentunya keunggulan itu yang harus diupayakan supaya anak-anak kita bisa memenangkan persaingan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ichsan sangat mendukung totalitas layanan pendidikan kepada masyarakat di era merdeka belajar. Upaya ini sebagai komitmen bagi sekolah SMP Muhammadiyah se-Depok menjadi sekolah unggul dan berkemajuan. Sehingga muncul semboyan inspiratif yaitu “Maju Bersama, Bersama-sama Maju, Besar Bersama, Bersama-sama Besar.”

Dalam kegiatan ini, juga dilancuhing Sekolah Unggul Berdiferensiasi. Yakni upaya untuk menawarkan keunggulan di setiap masing-masing sekolah. Seperti SMP Muhammadiyah 1 Depok akan berkonsentrasi di bidang seni dan bahasa internasional. SMP Muhammadiyah 2 Depok berkonsentrasi di bidang sains, teknologi, dan olahraga. Dan SMP Muhammadiyah 3 Depok berkonsentrasi di bidang digitalisasi dan Al-Qur'an. Sehingga peserta didik dibebaskan untuk memilih dari ketiga sekolah ini sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

Merespons hal tersebut, Irwan Akib sangat mengapresiasi setinggi-tingginya sekaligus memberikan tahniah kepada SMP Muhammadiyah se-Depok yang telah merancang ide menarik ini. Pada saat bersamaan Irwan juga mendorong agar sekolah ini harus bisa menciptakan keunggulan yang berbeda-beda. Jangan sampai ada kesamaan di setiap keunggulannya.

“Maka saya mensuport betul buat teman-teman yang ada di tiga sekolah ini agar mereka punya keunggulan masing-masing. Sehingga nanti peserta didik bisa bebas memilih dari ketiga sekolah ini. Saya kira ini adalah hal yang sangat positif, dan itu akan menghargai bakat minatnya para siswa,” ujar Guru Besar Ilmu Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar, Sulawesi Selatan ini.

Dalam seminar nasional ini, menghadirkan beberapa narasumber. Yakni dari Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Kasyiarno, MHum dan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Siswanto, MPd. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah berjuang menghadapi Sumatif Akhir Semester (SAS) semes....

Suara Muhammadiyah

15 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suar aMuhammadiyah - Resmi meraih Akreditasi ‘UNGGUL’ pada pertengahan ....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti, mengungkapkan rasa syukurnya karena ....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

PONTIANAK, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan Rakerwil 'Aisyiyah Kalimantan Barat Sabtu 09 Desember 20....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh)Makassar mengg....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah