Songsong ASPD, 1423 Siswa SD Ikuti Tryout Akbar di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan

Publish

28 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
252
Siswa Kelas 6 SD/MI saat mengerjakan soal dalam di Tryout Akbad SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Doc. SM

Siswa Kelas 6 SD/MI saat mengerjakan soal dalam di Tryout Akbad SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Doc. SM

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah 1 Prambanan dalam rangka menyongsong acara ASPD (Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah), SMP Muhammadiyah 1 Prambanan mengadakan try out Akbar, Ahad (28/1). Kegiatan tersebut di ikuti sebanyak 1423 siswa SD yang ada di Wilayah Prambanan, Sleman.

Menurut Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Daswati Rofiatun Sahifah ST., MPd, pihaknya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dengan diadakannya tryout akbar ini. Ia mengatakan bahwa tryout akbar ini selalu di laksanakan setiap tahun untuk memfasilitasi siswa kelas 6 SD yang akan melaksanakan ASPD.

“Alhamdulillah, hari ini kita mengadakan kegiatan akbar, yaitu tryout akbar yang ditargetkan untuk siswa SD/MI kelas 6. Kegiatan ini kami gelar setiap tahunnya, biasanya di bulan Januari seperti sekarang,” ujarnya saat di wawancarai Suara Muhammadiyah.

Daswati mengatakan bahwa kegiatan tryout akbar ini bertujuan sebagai wahana persiapan bagi siswa kelas 6 SD/MI yang akan melaksanakan ASPD. Rencananya, ASPD bakal digelar di bulan Mei mendatang. Meskipun masih panjang, tetapi Daswati menegaskan tryout akbar ini sebagai pemompa semangat bagi siswa SD agar lebih matang dan siap lebih dini melaksanakan ASPD yang sesungguhnya.

“Kegiatan ini tujuannya adalah memberikan kesiapan kepada anak-anak kita kelas 6 SD/MI untuk lebih siap menghadapi ASPD. Dan yang terpenting dalam rangka menjalin silaturahmi dari berbagai sekolah mitra,” tuturnya.

Peserta tryout akbar ini, sambung Daswati, mendapatkan beberapa fasilitas. Yakni soal, Lembar Jawab Kerja (LJK), buku tulis, pensil 2B, dan stiker SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Lebih dari itu, pada saat bersamaan, Daswati menyampaikan para peserta tryout akbar berkesempatan mendapatkan hadiah utama, yaitu sepeda gunung dan handphone.

“Tentu, kegiatan ini kita memberikan supporting kepada anak-anak yang berprestasi nanti berupa sepeda gunung dan handphone. Tentu akan ada juga doorprize yang menarik,” jelasnya.

Daswati berpesan agar peserta tryout akbar dapat sukses meraih hasil yang memuaskan pada ASPD nanti. Juga tak ketinggalan berpesan kepada siswa-siswanya untuk belajar dengan sungguh-sungguh di tengah kemajuan zaman yang sangat cepat.

"Anak-anakku, kita sekarang memasuki zaman yang serba cepat. Maka, kalau kita masih leha-leha (santai), kita nanti akan terlambat dan terlibas. Maka bekal penguatan yang paling utama apapun zamannya, jangan tinggalkan Tuhan kita. Karena itu akan screening di kehidupan kita selanjutnya. Maka, siapkan diri kita sedini mungkin, pilih teman-teman yang tepat, pilih hobi-hobi yang menurut kalian bisa mengantarkan kesuksesan. Salah satunya, silakan masuk di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan," ucapnya.

Tryout akbar ini juga menjadi kesempatan mempromosikan SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Daswati mengatakan bahwa saat ini, pendafataran peserta didik baru (PPDB) telah dibuka. Ia mengungkapkan tahun ajaran 2024/2025, SMP Muhammadiyah 1 Prambanan membuka sebanyak 6 rombel kelas baru.

“Kegiatan ini sebagai ajang untuk mempromosikan SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Adapun kita sudah membuka program pendaftaran pada gelombang 1 (program beasiswa) khusus untuk siswa yang berprestasi. Beasiswa ini terdiri dari beasiswa akademik atau nonakademik. Jadi anak-anak kita kelas 6 yang berprestasi akademik atau punya talenta apapun, kita berikan spesial benefit. Yaitu free SPP, daftar ulang 3 tahun, dan 50% program sekolah di 1 tahun,” bebernya.

Selain itu, bagi siswa kelas 6 yang belum berprestasi, Daswati tetap memberikan kesempatan untuk bergabung. Lewat pemberiaan bebas pembayaran SPP dan daftar ulang selama 3 tahun. “Itu semua kita berikan waktu sampai sebelum Ramadan. Namun, nanti ketika sudah Ramadan, kita akan buka gelombang 3, yaitu dengan ta’awun dibebaskan uang SPP dan daftar ulang selama 1 tahun,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Daswati mengajak kepada warga masyarakat untuk bergabung di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Menurutnya, sekolah ini telah memiliki fasilitas dan infrastruktur laik menunjang aktivitas pembelajaran peserta didik. Antara lain laboratorium IPA dan komputer, 18 ruang kelas representatif, perpustakaan interaktif, ruang keterampilan, buku panduan, masjid sebagai sarana ibadah dan spiritualitas keagamaan, lapangan olahraga, hotspot (wi-fi), dan ruang studio.

“Maka, monggo, seluruh warga masyarakat silakan untuk berbondong-bondong menyekolahkan putera-putrinya di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Sekolah ini mempunyai tagline “Sekolah Anak Saleh.” Tentunya SMP kita ini Alhamdulillah banyak sekali prestasi baik guru, siswa, demikian juga prestasi kepala sekolahnya. Beberapa hari yang lalu meraih juara 1 OlympicAD DIY 2024 kategori Best Practice Pengelolaan Sekolah,” tandasnya.

Sebagai informasi, SMP Muhammadiyah 1 Prambanan membuka kelas peminatan. Yaitu kelas tahfiz, talenta olahraga, talenta media dan IT (Multimedia), talenta musik, talenta tapak suci, dan talenta cooking class. 

Adapun masa pendafataran di mulai pada gelombang 1 (program beasiswa unggulan): 1 Agustus – 10 Maret 2024. Gelombang 2 (program beasiswa khusus): 1 Agustus 2023 – 20 Maret 2024). Gelombang 3 (program Ramadan dan Syawal): 11 Maret 2024 – 10 Mei 2024. Dan gelombang 4 (program reguler): 11 Mei 2024 – kuota terpenuhi. 

Link pendaftaran (gfrom): bit.ly/ppdbmusapra

(Cris/Farrel)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Menteri Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi telah menerbi....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Nasyiatul 'Aisyiyah (PDNA) Kota Surabaya dilanti....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melangsungkan program Ram....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Kemarau panjang tahun ini telah menyebabkan sumber air di beberapa te....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Hal tersebut disampaikan oleh mantan rektor Universitas Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

6 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah