Studi Tuntas dengan Penelitian Berkualitas

Publish

12 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
146
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Prodi Ekonomi Syariah UMY Sukses Selenggarakan Workshop Penelitian Skripsi

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses menyelenggarakan Workshop Penelitian Skripsi dengan tema "Studi Tuntas dengan Penelitian Berkualitas" pada Sabtu, 11 Mei 2024. Workshop ini dikhususkan untuk mahasiswa semester VI sebagai persiapan penulisan skripsi.

Ketua Panitia Workshop, Muhammad Zakiy, M.Sc mengungkapkan bahwa perkembangan revolusi industri dan teknologi informasi telah banyak merubah praktik bisnis syariah. "Kondisi ini memberikan peluang sekaligus tantangan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian di bidang ekonomi syariah yang dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori dan praktik ekonomi berbasis nilai-nilai Islam," paparnya.

Kegiatan ini berlangsung dalam empat tahapan, dimulai dengan sesi materi pada 11 Mei 2024 yang menghadirkan tiga pembicara kunci. Aqidah Asri Suwarsi, M.E.I memaparkan Road Map Penelitian Prodi Ekonomi Syariah tahun 2021-2025 yang menjelaskan terkait tema penelitian yang boleh dan tidak boleh dilakukan mahasiswa Ekonomi Syariah. Dr. Nuryakin, SE., Memaparkan materi terkait Pencarian Gap Penelitian dan bagaimana merumuskan ide penelitian yang menarik. Sementara Muhammad Zakiy, M.Sc menyampaikan materi terkait Panduan Penulisan Skripsi & Kesalahan dalam Penelitian yang sering dilakukan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi.

Aqidah selaku sekretaris Prodi. Ekonomi Syariah menegaskan bahwa melalui workshop ini, pihaknya berharap dapat memberi pemahaman kepada mahasiswa mengenai penulisan karya ilmiah yang baik dan benar, menelaah potensi penelitian mahasiswa, serta menyelaraskan ide penelitian dengan Road Map Penelitian Prodi Ekonomi Syariah. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk ikhtiyar Prodi dalam akselerasi kelulusan mahasiswa Tingkat akhir Prodi. Ekonomi Syariah.

"Penulisan skripsi merupakan puncak dari perjalanan studi mahasiswa di perguruan tinggi. Oleh karena itu, kami berupaya untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan memberi kontribusi bagi kemajuan ekonomi syariah yang ada di Indonesia," tegas Aqidah.

Setelah sesi materi, agenda kegiatan akan dilanjutkan dengan pengumpulan proposal penelitian skripsi pada Jumat, 24 Mei 2024, dan akan dilakukan review proposal pada Sabtu, 25 Mei 2024 oleh tim reviewer yang terdiri dari dosen-dosen Prodi. Ekonomi Syariah, dan diakhiri dengan pengumuman dosen pembimbing skripsi (DPS) pada Senin 27 Mei 2024 mendatang.

Mahasiswa peserta workshop, Umar Bahusin mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. "Workshop ini sangat bermanfaat untuk membantu kami memetakan topik penelitian skripsi dan memperdalam pemahaman terkait penulisan karya ilmiah yang bai," ungkapnya.

Workshop Penelitian Skripsi 2024 Prodi Ekonomi Syariah UMY dibiayai sepenuhnya oleh program studi. Kegiatan rutin tahunan ini diharapkan dapat terus mendorong peningkatan kualitas penelitian mahasiswa di bidang ekonomi syariah agar dapat memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan Indonesia kedepannya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Memperkuat Tali Persaudaraan dalam Keluarga Besar Muhammadiyah  GARUT, Suara Muhammadiyah - Pi....

Suara Muhammadiyah

22 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) meny....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati hari kelahiran ke-34, dr Furqon Satria Pr....

Suara Muhammadiyah

27 May 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Empat bulan pasca dikukuhkan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM)....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah – Lazismu Jawa Tengah menutup akhir tahun dengan gemilang, merai....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah