Sukses, Musycab Muhammadiyah dan Aisyiyah V Lubuk Palas

Publish

2 October 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
249
Foto Istimewa

Foto Istimewa

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Cabang (Musycab) V Muhammadiyah dan Aisyiyah di Cabang Lubuk Palas digelar. Kegiatan ini berlangsung di Desa Lubuk Amat Kecamatan Silau Laut mengusung tema, yaitu "Memajukan Silau Laut, Mencerahkan Asahan: Perempuan Berkemajuan Mencerdaskan Silau Laut.” Ahad, 1 Oktober 2023.

Pembukaan acara Musycab ini ditandai dengan pawai ta'ruf drumband Hizbul Wathan (HW) ibu ibu aisyiyah baik cabang dan ranting serta Bapak - Bapak Cabang, Ranting dan PDM ikut serta meriahkan pawai taruf yang dimulai pukul 07.00 Wib pagi hari. 

Selain itu, acara pembukaan ini diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran serta berbagai tari kreasi yang dibawakan oleh anak-anak TK ABA 15 Desa Lubuk Amat, diantaranya penampilan tarian seperti Jawa, Melayu, dan banyak lagi.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh dan pemimpin daerah, termasuk Ketua PDM Asahan, Ayahanda Drs. M.Akhiar MA, Sekretaris PDM Asahan, Ir. Yusuf Sinambela, dan Bendahara PDM Asahan, Ayahanda Muktar, S.Pd. 

Juga turut hadir Anggota PDM Asahan lainnya yakni Drs. Jumiadi, Yusri, S.Ag, Ketua PDA Asahan, Sumiati, SH.,MH, Wakil Ketua PDA, Nurul Husna S.Pdi, dan Sekretaris PDA Asahan, Fatimah Yani S.Pd bersama seluruh unsur pengurus Muhammadiyah baik cabang dan ranting turut serta dalam mensukseskan acara ini.

Tampak juga hadir dalam acara ini anggota DPRD Sumut, Ir. H. Yahdi Khoir M.B.A, anggota DPRD Asahan Dahrun Hutagaol. SE MM serta Camat Silau Laut yang diwakili oleh Sekretarisnya. Babinsa Silau Laut, Rudi, dan PDM Batu Bara, Rudi Arianto, serta Ketua Cabang Lubuk Palas, Nurwanto S.Pd.

Ketua panitia pelaksana Musycab, Amrin, dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam Muhammadiyah.

Ia juga mengungkapkan ada empat ranting di Cabang Muhammadiyah Silau Laut yakni yaitu Ranting Lubuk Palas, Ranting Lubuk Amat, Ranting Lubuk Gajah, dan Ranting Tanah Raja. Amrin berharap agar semua dapat bekerja sama untuk mencapai kesuksesan bersama dan mengganti nama Cabang menjadi Cabang Silau Laut.

Ketua Cabang Lubuk Palas, Nirwanto S.Pdi, juga mengucapkan  terima kasih kepada para undangan atas partisipasinya dalam acara ini.Ia menjelaskan sedikit tentang ranting-ranting yang ada di daerah ini dan berharap agar semua anggota dapat aktif dalam pembangunan daerah. Ia juga mengingatkan bahwa anak-anak adalah generasi penerus yang harus dididik dengan baik.

Camat Silau Laut yang diwakili oleh Sekretarisnya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia dan warga Muhammadiyah Kecamatan Silau Laut.

Ia berharap agar Musyawarah Cabang Muhammadiyah ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang baik untuk kemajuan daerah ini.

Ketua DPRD Sumut, Ir. H. Yahdi Khoir M.B.A, mengucapkan ribuan terimakasih atas undangan yang diterimanya, khususnya dari PDM Asahan dan para panitia baik ranting maupun cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Lubuk Palas. 

Ia juga memberikan informasi penting mengenai dana hibah dari APBD tahun 2023 yang akan diterima oleh AUM (Anggaran Usaha Muhammadiyah) dan Aisyiyah. Dana hibah ini akan dialokasikan untuk berbagai lembaga pendidikan Muhammadiyah dan Aisyiyah di daerah ini, untuk kemajuan pendidikan yang lebih baik.

Sementara Pimpinan Daerah Aisyiyah Asahan, Ibunda Sumiati SH. MH, menyampaikan terimakasih kepada panitia Musycab atas penyelenggaraan yang meriah. 

Ia menegaskan pentingnya keseriusan Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam mengikuti ADRT (Anggaran Dasar dan Rumah Tangga) agar organisasi ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Ia juga mengapresiasi semangat dalam pelaksanaan Musycab ini dan berharap agar pemilihan pemimpin yang terpilih dapat menjalankan program kerja dengan baik.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua PDM Asahan, Drs. Mohd. Akhiar MA, yang juga membuka acara Musycab ini. Ia menjelaskan bahwa ini adalah Cabang Muhammadiyah yang ke-6 dan Aisyiyahnya yang ke-7, berharap agar Musycab ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sesuai dengan Anggaran Dasar Muhammadiyah. Ia juga memberikan apresiasi atas pembukaan pawai ta'ruf dan kreasi tari anak-anak TK ABA yang menghibur dalam acara ini.

Ketua PDM Asahan menekankan pentingnya menjadi Islam Washatiyah dan menciptakan konsep Washatiyah yang tidak arogan dan tidak diskriminatif. Ia mengingatkan bahwa Muhammadiyah tidak pernah melakukan diskriminasi dan bahwa Islam harus menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Pada kesempatan itu, Akhyar berharap agar pemimpin yang terpilih dapat menjalankan program-program yang telah ditentukan demi kemajuan Muhammadiyah.

Sementara Acara dilanjutkan dengan pengesahan calon tetap sekaligus rapat pleno satu dan seterusnya dalam program pogram kerja kedepan, dari calon tetap diputuskan ada 9 formatur terpilih dan ditetapkan 7 orang sebagai pimpinan cabang muhammadiyah lubuk palas priode 2022/2027 jelasnya 30 orang pesrta musycab yang akan memilih calon pemimpin cabang muhammadiyah lubuk palas.

Nama nama Dari 9 orang formatur yang dipilih sebagai calon pimpinan cabang muhammadiyah lubuk palas periodesasi 2022&2027 adalah :  Agus (12 suara), Ahmad MS (22 suara), M. Amrin (26 suara), Budi Irawan (26 suara), Dedy Irawan (20 suara), Julkifli (16 suara), Nirwanto (24 suara), Rudi Ismanto (22 suara), Zulkifli (18 suara)

Kemudian sidang formatur yang fasilatasi panlih sekaligus diawasi oleh Pimpinan daerah Muhammadiyah Asahan bapak Yusri, S.Ag menetapkan M. Amrin sebagai ketua terpilih cabang muhammadiyah lubuk palas periode 2022&2027. Semoga dapat mengembankan amanah dan program kerja kedepan berikutnya.

Yusri S.Ag, PDM Asahan dan korbid majelis bidang MPK dalam sambutannya sekaligus penutupan acara musycab muhammadiyah lubuk palas menyampaikan kepada anggota anggota cabang terpilih pertama cintailah muhammadiyah hidupilah muhammadiyah dalam hatimu bermohon dan selalu berdoa dan meminta petunjuk jahui yang namanya pertikaian dan hal apapun itu.

Kedua perkuatkanlah bangun tali silaturahmi, saling bekerjasama, bergandengan hilangkan sifat egois mari bersama sama bekerjasama satu komitment dan satu program dalam menjalankan tugas dan amanah yang diberikan kepada kita jika ni terjadi maka terbentuklah amar ma’ruf nahi munkar dalam pesan terakhirnya “jika ada yang mengkritik kita, tak perlu teriak sana sini, tapi cukuplah berbisik dan bangun silaturahmi." 

Musycab Aisyiyah

Proses pemilihan ada 10 formatur Pimpinan Cabang Aisyiyah Lubuk palas untuk periode 2022-2027 berlangsung dengan tertib. Proses pemilihan ini dipimpin oleh Panitia Pemilihan (Panlih) yang telah bekerja keras untuk memastikan kelancaran acara ini. Dengan total peserta mencapai 26 orang yang memiliki hak pilih, terdiri dari unsur perwakilan Pimpinan Ranting cabang dan perwakilan Ortom  se-Cabang Aisyiyah Lubuk Palas, pemilihan dimulai pada pukul 15.30 WIB.

Sementara Salah satu sorotan utama dalam Musycab ke-V ini adalah kehadiran calon tetap anggota formatur cabang Aisyiyah lubuk palas periode 2022-2027. Setiap peserta Musycab ke-V memiliki tugas berat, yaitu memilih 10 calon formatur dari calon-calon yang berpotensi. Proses pemilihan dilakukan secara perhitungan suara

Dan setelah itu pengesahan calon ditetapkan formatur 11 orang Pimpinan Asiyiyah dan calon tetap dalam kepengurusan pimpinan aisyiyah 7 calon di tetapkan Pimpinan cabang aisyiyah lubuk palas. sekaligus membentuk rapat pleno membahas program program kerja kedepan, dari calon tetap diputuskan ada 11 formatur terpilih Aisyiyah dan ditetapkan 7 orang sebagai pimpinan cabang Aisyiyah lubuk palas periode 2022/2027 jelasnya 26 orang peserta musycab Aisyiyah yang akan memilih calon pemimpin cabang Aisyiyah lubuk palas.

Nama nama Dari 11 orang formatur yang dipilih sebagai calon pimpinan cabang Aisyiyah lubuk palas periodesasi 2022&2027 adalah :  Ari Masdayanti (15 suara), Asnun (21 suara), Erniati (4 suara), Hamidah (19 suara), Jumini (01 suara), Jurliani (02 suara), Sari Ningsih (7 suara), Sri Muliana (10 suara), Supiana (01 suara), Zunesti Sihombing ( 14 suara), Yusnida Asmarani (13 suara)

Kemudian sidang formatur yang fasilitasi panlih sekaligus diawasi oleh Pimpinan daerah Aisyiyah Asahan Ibu Fatimah Yani S.Pd dan menetapkan Yusnida Asmarani Lubis dari hasil musyawarah sebagai ketua terpilih dan sekretaris terpilih Asnun. S.Pdi  cabang Aisyiyah lubuk palas periode 2022&2027. Semoga dapat mengembankan amanah dan program kerja kedepan berikutnya.

Sumiati SH. MH, Ketua PDA Asahan sekaligus menutup musycab aisyiyah cabang lubuk palas beliau menegaskan tetap jalani program untuk kedepannya yang lebih baik lagi dan jadilah ibu ibu aisyiyah terdepan serta memiliki komitmen berkemajuan tetap menjalin ukhuwah jaga tali silaturahmi bekerjasama dan berikan ide2 yang cemerlang untuk Aisyiyah kedepannya menjadi lebih baik dan yang lebih penting dalam perserikatan terapkan keseriusan organisasi Aisyiyah dalam mengikuti ADRT (Anggaran Dasar dan Rumah Tangga) agar organisasi ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Laksanakan dan ikutilah perserikatan muhammadiyah sesuai aturan jangan menyimpang dari aturan dan selalu jalankan amanah dengan ikhlas, Jelas Sumiati SH MH Ketua PDA Asahan. (mpi/riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah — PW Aisyiyah Sumbar melalui Majelis Tabligh dan Ketarjihan PW Aisy....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Berita

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang, menghadirkan Dosen Tamu Ibu....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Kamis, 19 Oktober 2023 SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta atau yan....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

SINJAI, Suara Muhammadiyah - Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa berharap, peran majelis-lembaga ....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah