Tani Bangkit Lazismu Panen Perdana Melon Hidroponik Golden Aroma

Publish

18 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
196
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Panen perdana Melon Hidroponik Golden Aroma Lazismu Banyumas penuh dengan kegembiraan, karena telah berhasil melakukan panen perdana melon hidroponik Golden Aroma. Program ini merupakan bagian dari upaya pemberdayaan ekonomi yang melibatkan kolaborasi antara Lazismu (Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Muhammadiyah) Banyumas, MPM (Majelis Pemberdayaan Masyarakat), dan partisipasi aktif jamaah Masjid Al Ikhlas Karangtawang

Dalam kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada hari Ahad (17/23), sebanyak 360 pohon melon hidroponik Golden Aroma dipanen dengan hasil yang menggembirakan. Hasil panen tersebut berhasil mencapai omset sebesar Rp 19 juta. Menariknya, masih terdapat 150 pohon melon yang siap panen dalam seminggu ke depan, menjanjikan kelanjutan kesuksesan proyek ini.

Sabar Waluyo selaku Direktur Lazismu Banyumas menyampaikan bahwa greenhouse melon hidroponik golden aroma ini sudah ada ada dua titik yaitu Purwojati dan Karangtawang, nantinya akan dilanjutkan untuk pemberdayaan ini di kecamatan lain.

Melon Golden Aroma yang dihasilkan dari program ini memiliki tingkat kemanisan yang mencapai angka 17, menjadikannya pilihan yang istimewa bagi para konsumen. Keberhasilan program ini tidak lepas dari peran aktif Lazismu, MPM, dan partisipasi antusias jamaah masjid.

Hadirnya Lazismu dari daerah Kendal dan Pemalang turut memperkaya kegiatan tersebut, menunjukkan dukungan dan kolaborasi yang kuat antarlembaga untuk mewujudkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

Dalam suasana yang penuh semangat, jamaah masjid dan warga sekitar pun antusias menyerbu untuk berpartisipasi dalam pembelian melon Golden Aroma ini. Selain memberikan manfaat ekonomi, program ini juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan, karena melon hidroponik dikenal memiliki kualitas yang lebih sehat, manis, dan renyah.

Proyek panen perdana melon hidroponik Golden Aroma ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Masjid Al Ikhlas Karangtawang dan Lazismu Banyumas tetapi juga membuka peluang bagi pengembangan pemberdayaan ekonomi melalui proyek-proyek berbasis masjid di masa mendatang.

PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Banyumas juga memberikan apresiasi dan dukungan penuh. Ketua PDM Banyumas, Djohar menyampaikan ucapan gembira, "Rasanya gurih manis, teman-teman di Banyumas harus mencoba melon Golden Aroma hasil panen perdana ini". (Romi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 19 perlombaan ajang Olympicad Ahmad Dahlan (Olympicad) 7 ti....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

  BANJARNEGARA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah menjadi besar bukan karena ingin mewujudkan ....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Di tengah perang Hamas dan Israel, Samar T. M. Alhaj, seorang ....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – PCM Kasihan menyelenggarakan Rapat Kerja bertempat di SMA Muhamma....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Palestina asal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP),....

Suara Muhammadiyah

10 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah