Tantangan Al-Qur`an Bagi para Hater

Publish

12 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
75
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Tantangan Al-Qur`an Bagi para Hater

Donny Syofyan: Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas

Al-Qur`an surah Al-Baqarah ayat 23 menyatakan, “Jika kamu ragu tentang apa yang Kami wahyukan kepada hamba Kami, maka buatlah satu surat yang semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.” Sebenarnya, tidak ada yang aneh dengan surah ke-2 ini. Ini adalah surah yang panjang, jadi terdiri dari banyak ayat. Namun beberapa ayat telah disalahpahami, seperti yang telah dilakukan oleh para mufassir klasik. Seusai menjelaskan sesuatu dengan mengacu pada surah kedua Al-Qur`an, mereka tidak perlu menjelaskan hal yang sama lagi ketika tema yang sama muncul kembali di surah-surah lain dari Al-Qur`an.

Namun ada tema-tema yang disalahpahami, salah satunya ayat di atas. Ayat ini menegaskan tantangan Al-Qur`an kepada para pembecinya untuk menghasilkan kitab seperti itu. Ini adalah tanggapan terhadap para penentang Al-Qur`an yang mengatakan, “Kitab ini hanyalah buatan Muhammad, bukan dari Tuhan.” Dan jawaban Al-Qur'an adalah bahwa kitab ini berasal dari Tuhan.

Jika Muhammad mencoba memalsukannya, Tuhan tidak akan membiarkan itu terjadi. Tapi apakah Anda mampu menunjukkan bahwa Muhammad memalsukan atau memproduksinya sendiri dan kemudian mengatakan bahwa ini berasal dari Tuhan? Ayo coba, apakah Anda bisa melakukan hal seperti itu?

Lalu apa sebenarnya tantangan yang disebutkan di sini? Disebutkan dalam surah ke-10 dan ke-11 dalam Al-Qur`an. Begitu banyak surah yang berbeda dari Al-Qur`an. Tantangan itu diambil dalam tafsir Al-Qur'an klasik yang berarti bahwa Al-Qur'an memiliki standar kefasihan yang tinggi dalam bahasa Arab sehingga tidak mungkin bagi orang lain untuk menghasilkan sesuatu seperti itu. Ini hanya bisa dihasilkan dengan bantuan Tuhan.

Keajaiban ini bukan hanya aspek linguistiknya, tapi Al-Qur`an juga berbicara tentang masa lalu dan juga masa depan. Ia merinci pengetahuan yang tidak mungkin diketahui oleh manusia mana pun pada saat itu. Ia juga memiliki cara menembus hati dan jiwa manusia. Al-Qur`an adalah pengetahuan Tuhan dan juga menyangkut psikologi manusia; bagaimana menarik dan memenangkan hati manusia mereka dengan persuasi dan sebagainya. Al-Qur`an menyuguhkan kombinasi dari berbagai hal dan holistik, bukan hanya satu aspek saja tapi dari berbagai segi.

Di zaman modern, pelbagai ayat Al-Qur'an menunjukkan relevansinya dalam ilmu pengetahuan modern. Tidak sedikit testimoni dan pertanyaan, “Bagaimana ini bisa diketahui? Ini pasti wahyu dari Tuhan Yang Maha Esa.” Banyak yang terpesona dengan sudut pandang matematis terhadap Al-Qur'an. Mereka menemukan banyak ayat ‘berbaris’ secara matematis dalam Al-Qur'an: jumlah ayat, jumlah surah , bahkan jumlah kata.

Kata-kata tertentu digunakan dengan makna yang seolah-olah disengaja dan direncanakan. Bahkan terkadang kita bisa melihat bahwa jumlah huruf-huruf seolah disengaja. Kita tidak bisa menganggapnya sebagai kebetulan. Begitu spesifik dan ada begitu banyak dan saling berhubungan. Jadi semua ini menunjukkan campur tangan dan bantuan ilahi ketika Nabi Muhammad menyampaikan pesannya. Ada kekuatan yang lebih besar, zat maha tahu yang memastikan bahwa Al-Qur`an sampai kepada kita hari ini.

Kembali ke tantangan itu sendiri yang disebutkan dalam ayat di atas, “Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang al-Qur`an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal al-Qur`an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang memang benar/Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang yang kafir” (QS 2: 23-24).

Apa yang ingin saya tambahkan di sini bahwa ayat ini kerap disalahpahami. Ini harus dipahami dengan benar. Pada surah lain disebutkan, “Katakanlah (Muhammad), "Jika Allah menghendaki, niscaya aku tidak membacakannya kepadamu dan Allah tidak (pula) memberitahukannya kepadamu." Aku telah tinggal bersamamu beberapa lama sebelumnya (sebelum turun Al-Qur`an). Apakah kamu tidak mengerti?” (QS 10: 16).

Apa yang ditekankan pada ayat di atas adalah sudut pandang psikologis, bahwa dari sudut pandang psikologi manusia tidak masuk akal jika orang jujur seperti Nabi Muhammad SAW berbohong dengan menyatakan "Al-Qur`an berasal dari dirinya sendiri. Dan sekarang bola dikembalikan ke pengadilan para penentang Allah dan Rasul-Nya.

Jika Anda berpikir bahwa ini mungkin secara psikologis, cobalah sendiri. Dan jika ada orang, orang yang berakal sehat, merenungkan hal ini sejenak, Anda akan menyadari bahwa itu adalah sesuatu yang sangat sulit dilakukan. Ini seperti bagaimana mungkin orang jujur menghasilkan tulisan sendiri, miliknya sendiri, dan sambil berkata, "Ini sebenarnya berasal dari Tuhan" padahal dia tahu bahwa itu bukan dari Tuhan. Itu hanya dari diri mereka sendiri?  Jadi dari sudut pandang psikologis mustahil Nabi Muhammad SAW menjadi penulis Al-Qur`an ini. Ia adalah wahyu yang diberikan kepadanya oleh Allah. Ini juga berlaku pada semua hal lain juga—aspek linguistik, sains dan lain-lain.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Ikhtiar Awal Menuju Keluarga Sakinah (26) Oleh: Mohammad Fakhrudin (warga Muhammadiyah tinggal di M....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Wawasan

Keseimbangan dalam Bederma Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Bed....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Wawasan

Dampak Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Siswa Oleh Wiguna Yuniarsih, Pendidik dan Wakil Kepala SMK Mu....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Wawasan

Menghidupkan Ranting Muhammadiyah dengan Bahagia Oleh: Ahsan Jamet Hamidi – Ketua PRM Legoso ....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Wawasan

Oleh: Saidun Derani Dosen pascasarjana UM Surabaya dan UIN Syahid Jakarta serta aktivis PWM Banten ....

Suara Muhammadiyah

22 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah