Tari Paduppa dan Inovasi Dosen Warnai Pembukaan Asesmen Lapangan BAN-PT Unismuh

Publish

15 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
315
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyambut kedatangan empat asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan pemasangan Songkok Recca (songkok khas Bugis) dan persembahan Tari Paduppa.

Penyambutan dihelat di pelataran depan Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Senin, 15 Januari 2024.

Tari Paduppa dibawakan kelompok penari dari mahasiswa Unismuh yang tergabung dalam Sketsa, Sanggar Seni Prodi PGSD Unismuh. Tari Paduppa merupakan salah satu tarian khas Bugis-Makassar, yang sering ditampilkan untuk menyambut tamu. Biasanya disebut pula sebagai tari selamat datang.

Selain tarian, asesor BAN-PT juga disambut puluhan mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) III yang mengikuti perkuliahan di Unismuh selama satu semester. Mahasiswa yang berasal dari 47 kampus se-Indonesia itu menggunakan pakaian adat atau jas almamater kampus masing-masing.

Keempat Asesor BAN – PT yang mengikuti penyambutan tersebut, yakni Prof Mulyono Baskoro (Institut Pertanian Bogor), Prof Adang Suhendra (Universitas Gunadarma), Prof Asaril Muhajir (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung), dan Prof Andi Sularso (Universitas Jember). Mereka didampingi salah seorang staf BAN-PT, Ekwan Tunggul Wibowo. 

Setelah penyambutan, asesor didampingi Pimpinan Unismuh, naik ke Balai Sidang Muktamar Lantai 3. Di tempat itu, para asesor mengunjungi stand pameran yang telah disiapkan Lembaga, dan Fakultas yang ada di Unismuh. Di semua stand, seperti buku, produk inovasi teknologi, ataupun produk pemberdayaan masyarakat, yang merupakan hasil karya sivitas akademika.

Setelah mengunjungi stand, acara pembukaan pun dimulai. Dalam kegiatan pembukaan, ditampilkan video profil dan panduan keselamatan (safety briefing) dalam kampus Unismuh Makassar. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, Ketua Badan Pembina Harian Prof Gagaring Pagalung, Kepala LLDIKTI IX Dr Andi Lukman dan Koordinator Tim Asesor Prof Mulyono Baskoro.

Pembukaan asesmen ini juga dihadiri Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Irwan Akib. Hadir pula Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Prof Ma’mun Murod, yang juga datang ke Makassar sebagai narasumber kegiatan Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PW Muhammadiyah Sulsel.

Di jejeran undangan, tampak hadir beberapa Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Rektor Umpar, sekaligus Rektor UMS Rappang Prof Jamaluddin Ahmad. 

Di internal Unismuh, kegiatan ini dihadiri para Anggota BPH, Wakil Rektor, Ketua Badan/Biro dan Lembaga, Dekan, Wakil Dekan, hingga Pimpinan Prodi.

Asesmen Lapangan ini merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertuang dalam borang Laporan Evaluasi Diri (LED) Unismuh yang telah dikirim beberapa waktu lalu.

Asesmen lapangan ini dimulai sejak Ahad, 14 Januari 2024, dimana para asesor melakukan observasi sarana dan prasarana kampus. Pada Senin, 15 Januari 2024, asesor fokus melakukan verifikasi terkait dokumen bukti pendukung LED, dan mewawancarai dosen, mahasiswa, alumni, dan stakeholder kampus. Asesmen lapangan ini bakal berakhir pada Selasa, 16 Januari 2024. (Hadi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mengusung tema “Sempurnakan Tugasmu dengan Mendeley”, H....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 107 siswa SD Muhammadiyah Gunungpring Magelang pada Sa....

Suara Muhammadiyah

4 June 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Tim MBKM Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menggelar kegiatan sosi....

Suara Muhammadiyah

26 January 2024

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Dukuhturi pada Ahad, (23/7) me....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Tim Pengabdian Masyarakat Pemula UM Bandung sukses mengadakan pe....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah