Tingkatkan Loyalitas Kader, IMM OKU Timur Sukses Gelar DAD

Publish

15 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
131
Foto Istimewa

Foto Istimewa

OKU TIMUR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah OKU Timur (PC IMM OKU Timur) sukses menggelar Darul Arqam Dasar (DAD) yang dilaksanakan di Kompleks Panti Asuhan Al-Furqon Lubuk Harjo, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Jumat-Ahad (11-13/10/2024).

DAD IMM OKU Timur 2024 tersebut mengusung tema, "𝘊𝘳𝘦𝘒𝘡π˜ͺ𝘯𝘨 𝘠𝘰𝘢𝘯𝘨 𝘊𝘒π˜₯𝘳𝘦𝘴 𝘞𝘩𝘰 𝘈𝘳𝘦 π˜“π˜°π˜Ίπ˜’π˜­ π˜›π˜° π˜›π˜©π˜¦ π˜‰π˜°π˜―π˜₯𝘴" alias menciptakan kader muda yang berloyalitas terhadap ikatan.

Kegiatan tersebut menghadirkan Stadium General Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Hj. Meilinda, S.Sos., M.M tentang tema besar DAD IMM dan kepemimpinan.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur H. Prioyitno, S.Pd., M.M melalui Dr. Abdul Muhith, S.Fil. I. M.Pd selaku Sekretaris PDM OKU Timur dalam sambutannya menyampaikan pada DAD IMM ini tolong waktu sholat dikerjakan, sholat 5 waktu berjamaah di Masjid dalam pelatihan ini. Tolong panitia jadi pegangan karena sholat merupakan bentuk ejawantah kita dalam ideologi Muhammadiyah.

Ini adalah kader-kader yang sangat luar biasa, kalian orang-orang terpilih yang mengikuti Darul Arqam Dasar IMM ini.

"Dalam Al-Qur'an itu ada 15 kali sumpah terkait waktu. Artinya begitu pentingnya kita mendisiplinkan waktu, begitu pentingnya kita menghargai waktu. Kebiasaan jam karet jangan diterapkan disini, ayo sama-sama kita disiplin. Surat Al Asr, Surat Al Lail, Surat Al-Dhuha dan lain sebagainya begitu pentingnya waktu.

"Pesan untuk kalian dalam kegiatan DAD ini 'ISA' yaitu Ikuti, Serap, Aktualisasikan atau Amalkan. Dalam melihat sesuatu jika dalam filsafat itu secara koheren (runtut), komprehensif (menyeluruh), dan rasional sehingga nantinya berwawasan luas, dan tidak menyalahkan maka tidak mudah mengkafirkan orang lain. Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu sebagaimana dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11," terang Muhith.

"Mars IMM tadi Cendekiawan berpribadi, Susila cakap takwa kepada Tuhan implementasinya adalah sholat 5 waktu. Pewaris tampuk pimpinan umat nati yakni calon-calon pemimpin masa depan" pungkasnya.

Terpisah, Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur Dr. Didi Franzhardi, M.Pd menyampaikan ucapan syukur karena PC IMM OKU Timur sukses mengadakan Darul Arqam Dasar dengan baik dan lancar sebagai amanat dari ortom dan hasil Musycab.

Berharap peserta bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatnya dalam kehidupan kampus sehari-hari. Para Kader IMM setelah DAD ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi Mahasiswa lainnya. 

"Harus ada follow up setelah kegiatan DAD ini. Dengan terlaksananya DAD tentunya akan menjadi kader-kader Persyarikatan yang mampu meneruskan khitah perjuangan persyarikatan dan tentunya IMM OKU Timur akan semakin solid dan baik tidak hanya kuantitas namun kualitas," ujar Didi pada awak media pada Senin (14/10/2024).

"Semoga kegiatan DAD ini akan menjadi kegiatan rutinitas tahunan dalam mencetak kader kader Persyarikatan," tutupnya.

Ketua Umum PC IMM OKU Timur, IMMawan M. Vicky Bagas Saputra mengatakan dengan dilaksanakan perkaderan ini, tentu saja agar lebih ditingkatkan lagi pergerakan ini, karena DAD ini merupakan awal dari pergerakan.

"Saya berharap mereka bisa lebih berpikir kritis, dewasa, dan sebagainya. Karena mereka sudah di tahap Mahasiswa sudah bukan anak-anak yang masih polos dan tidak tau apa-apa. Dan juga mereka ini merupakan bibit baru kader IMM OKU Timur yang harus terus maju agar kedepannya bisa lebih baik lagi dari sebelumnya," ujar Vicky pada awak media pada Senin (14/10/2024).

"Berharap IMM OKU Timur tetap pada tri kompetensi dasar yaitu religiusitas, intelektualitas, dan humanitas. Karena kader IMM wajib memiliki tri kompetensi dasar tersebut. Dan juga mereka agar selalu pada amar Ma'ruf nahi munkar serta berfastabiqul khairat," tutupnya.

Adapun Tim Instruktur DAD IMM OKU Timur tersebut diantaranya: Master Of Training, IMMawan Preli Yulianto, Sekretaris Of Training IMMawan M. Vicky Bagas Saputra, Imam Of Training IMMawati Widya Astutik, dan IMMawan Ikhwanul Muslimin, Ketua Observer IMMawati Betty Triyani, dan Anggota Observer: IMMawan Arman, IMMawan Fandi, IMMawati Putri, dan  IMMawati Nelli Suci Rahayu.

Adapun tamu undangan yang hadir dalam pembukaan Dr. Abdul Muhith, S.Fil. I. M.Pd selaku Sekretaris PDM OKU Timur, Dr. Didi Franzhardi, MPd selaku Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur, H. Paino selaku Bendahara PDM OKU Timur, H. Sugeng Supriyanto, S.P., M.M selaku Sesepuh Muhammadiyah OKU Timur/Staf Khusus Bupati OKU Timur, H. Usman selaku Ketua PCM Madang Suku I, Kakanda Preli Yulianto, S.P. selaku Korps Instruktur IMM Sumsel/Instruktur Madya IMM, M. Hafiz Azhad, SP., M.Si selaku Pembinaan AMM Kabupaten OKU Timur.

Adapun pemateri Darul Arqam Dasar IMM diantaranya: Materi Tauhid dan Aqidah oleh Dr. Mursyid, S.IP. MM. M.Si, Materi Ibadah Praktis Harian oleh Ustadz Muallim, M.Pd, Materi Kemuhammadiyahan oleh Dr. Abdul Muhith, S.Fil. I, M.Pd, Ke-IMMan oleh Ayunda Betty Triyani, Kepemimpinan Keorganisasian oleh Dr. H. Didi Franzhardi, M.Pd, Pergerakan Mahasiswa dan Manajemen Aksi (Simulasi) oleh Preli Yulianto, S.P., Analisis Sosial dan Terapan oleh M. Hafiz Azhad, S.P., M.Si., Pemateri Motivasi dalam Beroganisasi oleh MH. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. (Rilis IMM)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Panitia Ramadan di Kampus (RDK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

TABANAN, Suara Muhammadiyah - Upaya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengembangkan dan melindun....

Suara Muhammadiyah

16 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka mendukung pembiayaan para pelaku usaha, program studi Eko....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Asosiasi Program Studi Administrasi Negara dan Administrasi Publik (AP....

Suara Muhammadiyah

23 July 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Peningkatan profesionalitas dan kualitas kelembagaan media ser....

Suara Muhammadiyah

24 August 2024

Tentang

Β© Copyright . Suara Muhammadiyah