UM Bulukumba Berikan Pembekalan untuk Mahasiswa FKIP

Publish

23 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
127
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

BULUKUMBA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UM Bulukumba), melalui Lembaga Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (P4), sukses menggelar kegiatan pembekalan Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) untuk Tahun Akademik 2024/2025 di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Senin (23/09/2024). Mengusung tema "Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Proyek MKWK". MKWK terdiri dari Agama Islam, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Pancasila. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa menginternalisasi nilai-nilai Pancasila serta meningkatkan kemampuan kolaborasi dan inovasi.

Wakil Rektor II, Yuliartati, SE., MM dalam sambutannya mengapresiasi peran Lembaga P4 dalam menyelenggarakan kegiatan penting ini. "Saya sangat menghargai langkah P4 yang terus berupaya memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi mereka melalui pembekalan MKWK ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Yuliartati juga menekankan pentingnya interaksi lintas program studi di lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). "Meskipun berasal dari prodi yang berbeda, mahasiswa diharapkan dapat saling berinteraksi, berbagi pengetahuan, dan bekerja sama untuk memecahkan masalah melalui pembelajaran MKWK berbasis proyek . Ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk memperkaya wawasan dan keterampilan, sehingga dapat menghasilkan solusi yang lebih inovatif dan bervariasi," jelasnya.

Wakil Rektor I, Dr Hj A Sumrah, AP, MSi, juga memberikan pandangannya bahwa pembelajaran MKWK berbasis proyek merupakan wadah yang baik bagi mahasiswa untuk menerapkan pembelajaran kolaboratif. "Dengan adanya proyek ini, mahasiswa tidak hanya belajar dari dosen, tetapi juga belajar satu sama lain. Ini adalah langkah yang baik untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan partisipatif," ujarnya.

Ia juga berharap pembelajaran MKWK berbasis proyek dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori agar bermanfaat bagi masyarakat. "Saya berharap mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam proyek nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. Ini adalah kesempatan emas untuk membangun karakter dan kepemimpinan yang dibutuhkan di masa depan," tuturnya

Kegiatan ini diikuti oleh 98 mahasiswa semester 1 FKIP yang berasal dari empat program studi, yakni Pendidikan Non Formal (PNF), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Biologi yang dibagi dalam beberapa kelompok bersama dosen pembimbing masing-masing. Para peserta diharapkan dapat berkolaborasi dalam proyek-proyek yang mengasah kemampuan berpikir kritis, inovatif, dan kolaboratif.

Kepala P4, Andi Andriyani Asra, SPd, MPd. selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan tujuan dari pembekalan pembelajaran MKWK berbasis proyek adalah untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills atau HOTS) mahasiswa. "Melalui tugas proyek ini, kami berharap mahasiswa dapat mengatasi kesenjangan antara teori dan praktik serta menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan nyata," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa proyek yang akan dilaksanakan mahasiswa dapat berupa seminar, sosialisasi, penelitian, pembuatan film, dan lain-lain. "Kami berharap proyek ini dapat menciptakan dampak positif yang nyata. Luarannya juga akan mencakup seminar hasil, banner, dan video dokumentasi kegiatan, yang semuanya akan membantu mahasiswa dalam mempresentasikan hasil kerja mereka dengan lebih efektif," jelasnya.

Ia juga berharap mahasiswa menjadi lebih percaya diri dalam menjalani perkuliahan, mampu bekerja sama dengan baik, dan memiliki kemampuan untuk mempresentasikan ide-ide mereka terhadap isu-isu sosial masyarakat.

"Kami ingin mahasiswa tidak hanya mengembangkan keterampilan praktis, tetapi juga membangun kepercayaan diri untuk mempresentasikan ide-ide mahasiswa terkait isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat dan mampu berkolaborasi secara efektif," tambahnya.

Salah satu peserta, Nuraisa Amna, mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, mengungkapkan antusiasmenya terhadap kegiatan ini. "Saya merasa kegiatan ini sangat bermanfaat karena kami didorong untuk berpikir kreatif dan belajar bekerja sama dengan teman-teman dari prodi lain. Ini menjadi pengalaman berharga dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia nyata ke depannya," ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UM Bulukumba untuk mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki karakter kuat yang sesuai dengan nilai-nilai Agama dan Pancasila. "Kami berharap mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan praktis dan nilai-nilai luhur dalam kehidupan nyata, sehingga mampu menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan," tutup Andriyani. (Syayyidina Ali/Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fenomena Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) seringkali terjad....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse, membuka acara Pelatihan Ases....

Suara Muhammadiyah

24 July 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Pendiri dan Ketua Pembina Odesa Indonesia Budhiana Kartawijaya m....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Ke....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dosen prodi Agribisnis Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung Alg....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah