UM Buton dan Komnas Disabilitas Wujudkan Kampus Inklusif

Publish

26 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
139
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BUTON, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton) sukses menggelar serasehan pimpinan perguruan tinggi dengan tema pemenuhan hak penyandang disabilitas pada Rabu (25/6). Acara yang berlangsung di Gedung Korea ini dihadiri oleh perwakilan dari beberapa kampus di Kota Baubau dan dibuka oleh Dr. Samsul Bahri, S.E., M.Si., Wakil Rektor 2 UM Buton.

Dalam sambutannya, Samsul Bahri menekankan komitmen UM Buton dalam meningkatkan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas. "Meskipun presentasinya masih kecil, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan fasilitas ini setiap tahunnya, tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi juga untuk tenaga pengajar dan pekerja lainnya," ujarnya.

Puncak acara ini adalah penandatanganan nota kesepahaman antara Komisi Nasional Disabilitas dan UM Buton. Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di lingkungan perguruan tinggi. Sebagai simbol kerjasama yang baru terjalin, Komisi Nasional Disabilitas memberikan plakat kepada UM Buton, yang juga membalas dengan plakat sebagai tanda apresiasi dan komitmen untuk mewujudkan kampus inklusif.

Dr. Rachmita Maun Harahap, ST., M.Sn, dari Komisi Nasional Disabilitas, memberikan pemahaman mendalam tentang peran dan fungsi Komisi Nasional Disabilitas dalam mengawal pemenuhan hak penyandang disabilitas di Indonesia.

Diskusi yang melibatkan beberapa kampus di Kota Baubau membahas implementasi pembentukan unit layanan disabilitas di perguruan tinggi dan peran Komisi Nasional Disabilitas dalam mendukung unit tersebut.

Dengan adanya serasehan ini, UM Buton berharap pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di lingkungan perguruan tinggi dapat semakin optimal dan inklusif, menciptakan lingkungan pendidikan yang adil dan merata bagi semua pihak.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan ....

Suara Muhammadiyah

23 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Dakwah Komunitas Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menyeleng....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka penutupan Milad 74, SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogya me....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Tapak Suci Putera Muhammadiyah kota Makassar meraih juara umum pertam....

Suara Muhammadiyah

25 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) dan Lemb....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah