UMJ Resmikan Pusat Pengembangan Kompetensi SDI Kesehatan

Publish

30 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
120
Istimewa

Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., meresmikan lembaga Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Insani Kesehatan (PUSBANG SISDIK). Acara peresmian digelar secara daring bertajuk Soft Launching dan Webinar Kesehatan, Rabu (29/5/2024).

“Lembaga ini memang sudah dibicarakan terbatas di UMJ dengan melibatkan beberapa pihak. Alhamdulillah hari ini kita bisa mengadakan kegiatan soft launching,” tutur Ma’mun.

Baca juga: Meningkatkan Kesadaran Kesehatan di Hari Bermuhammadiyah

Ma’mun mengharapkan lembaga PUSBANG SISDIK dapat selaras dengan tujuan utama pembentukan yakni mendukung peningkatan pengembangan kompetensi dalam bidang sumber daya kesehatan. “Semoga lembaga baru ini dapat menjalin kerja sama terutama dalam bidang sumber daya kesehatan di lingkup UMJ maupun lembaga lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PUSBANG SISDIK Prof. Dr. dr. Abdul Razak Thaha, M.Sc. mengatakan, lembaga ini hadir untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan baik di dalam maupun di luar bidang yang berkaitan dengan Kementerian Kesehatan.

“Saat ini kami sedang melakukan proses pengajuan akreditasi kepada Kementerian Kesehatan sehingga lembaga kami menjadi layak,” kata Abdul.

Abdul menyampaikan, PUSBANG SISDIK dalam upaya peningkatan kompetensi tenaga kesehatan bekerja sama dengan lembaga lainnya seperti Kementerian Ketenagakerjaan RI. PUSBANG SISDIK akan segera melakukan pembukaan pelatihan pertama pada 3 hingga 8 Juni untuk dokter perusahaan.

“Pelatihan itu menjadi sangat penting karena mendapatkan sertifikat dari Kementerian Ketenagakerjaan sebagai salah satu syarat bagi yang ingin berkarier menjadi dokter perusahaan,” ungkapnya.

Acara peresmian sekaligus webinar kesehatan bertajuk Peran Vital Tenaga Kesehatan Dalam Transformasi Mutu Layanan Kesehatan, Akses dan Kualitas ini menghadirkan dua narasumber. Keduanya yaitu Praktisi Neurologist dan Pain Intervention Expert Dr. Eka Candra Sasmita Putri, Sp.N, FIPP, DAIFIDN., dan Direktur SDM dan Umum Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS)  Dr. dr. Andi Afdal Abdullah, MBA. AAK.

Kegiatan ini diikuti 500 peserta dari berbagai instansi kesehatan maupun pendidikan. Hadir Dekan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK UMJ) Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaning Tyas, Sp.PK., Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK UMJ) Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed.

Turut hadir pula Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Dr. Harif Fadhillah, S.Kp.,SH.,M.Kep.,MH., serta pengurus Perhimpunan Dokter Anti Penuaan, Wellness, Estetik & Regeneratif Indonesia (Perwaderi). (Dinar Meidiana) 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Condong Catur dan SD Muhammadiyah Condong Catur 2 mengg....

Suara Muhammadiyah

15 June 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - UKM Paduan Suara Mahasiswa SSV (Sunshine Voice) Universitas Muha....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Percut Sei Tuan menggelar Kegiatan DIALOG I....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali meraih pengh....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Wakil Ketua Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial PP Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah