UMMAD Siapkan 3 Prodi Ikuti Asesmen Lapangan Akreditasi Anyar

Publish

14 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
224
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Tahun ini Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) optimis akan mampu melaksanakan proses reakreditasi terhadap 3 prodi yang dikelola saat ini.

Bahkan dari 3 prodi tersebut, satu prodi diantaranya sudah melakukan asesmen lapangan guna mendapatkan status akreditasi baru. 

Satu prodi yang dimaksud adalah Prodi Kesejahteraan Sosial FISIP UMMAD yang telah melakukan asesmen lapangan pada Senin, 9 Oktober 2023.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UMMAD, Okti Sri Purwanti, M.Kep., Ns.Sp.Kep.M.B menerangkan, hingga akhir tahun ini, ada 3 prodi UMMAD yang melakukan reakreditasi berupa asesmen lapangan dari BAN PT Kemenristek Dikti.

Yaitu Prodi Kesejahteraan Sosial, Prodi Bio Kewirausahaan dan Prodi Actuaria. Prodi Kesos sudah dilalui proses asesmen lapangan yang harus dijalani.

Selanjutnya Prodi Bio Kewirausahaan yang akan melakukan asesmen lapangan dengan rencan aawal tanggal 13-15 Oktober. Namun demikian, mengalamai pengunduran pelaksanaan dan mesti menunggu informasi lebih lanjut.

“Berikutnya berproses (Prodi) Ilmu Aktuaria (meski) belum tahu jadwal dari BAN PT.  Bio Kewirausahana dan Aktuaria ngga bisa diperkirakan, tergantung jadwal BAN PT karena mereka punya banyak perguruan tinggi yang juga harus di-asesmen,” kata Okti, panggilan akrab tenaga pengajar Prodi Keperawatan FIK UMS tersebut.

Asesmen lapangan Prodi Kesos

Okti Sri Purwanti menerangkan asesmen lapangan yang dilakukan BAN PT Kemenristek Dikti RI kepada Prodi Kesos FISIP UMMAD dilalukan asesor BAN PT untuk mencocokan data akreditasi (soft file) yang sudah diunggah dengan kondisi di lapangan.

“Beliau (para asesor) datang kesini melakukan interview pejabat struktural, penjamin mutu, dekan, kaprodi, termasuk dosen, alumni dan pengguna lulusan,” ujar Okti.

Kemudian asesori juga melihat bukti-bukti dari data akreditasi pihak Prodi Kesos yang telah diunggah ke website BAN PT yang mengacu pada 9 kriteria penilaian akreditasi.

Yaitu 1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, 2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, 3) Mahasiswa, 4) Sumber Daya Manusia, 5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian kepada Masyarakat 9) Luaran dan Capaian Tridharma.

“Kriteria Pendidikan ini mengenai persiapan perencanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran,” kata Okti.

Sedang kritera Mahasiswa ini yang dinilai mulai dari luaran Pendidikan, dari prestasi akademik dan non akademik, publikasi. Apakah mahasiswa mempunyai jurnal internasional, proses seleksi mahasiswa baru, animo kesiswaan,  pelayanaan mahasiswa.

Kriteria Luaran dan Capaian mengacu pada Tridharma PT terkait IPK, kelulusan tepat waktu, masa study. Luaran penelitian dan PKM terkait publikasi ilmiah ke jurnal, proceeding media massa internasional, nasional, wilayah.

“Ada HAKI (hak kekayataan intelektual ) yang dimiliki nggak, atau juga buku ber-ISBN,” kata Okti.

Mengenai pelaksanaan asesmen lapangan dari BAN PT terhadap Prodi Kesos FISIP UMMAD, Okti Sri Purwanti mengatakan berjalan lancar.

“Alhamdulillah lancar asesmen lapangan Prodi Kesos. Ini tadi cek bukti, cukup. Ganti wawancara pada mahasiswa alumni dan pengguna lulusan,” ujar Okti. (Pujoko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - LazisMu dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Medan menggelar kegiatan berba....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Bandung bersama Majelis Pem....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Berita

Ratusan Peserta Ikuti ‘Tapak Suci National Championship’ YOGYAKARTA, Suara Muhammad....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Buku-buku yang membahas pemikiran dan sosok Abdul Malik Fadjar kembali ....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

MALUKUUTARA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Aisyiyah melakukan aksi berbagi sembako untuk anak ya....

Suara Muhammadiyah

5 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah