UMRI Gelar Baitul Arqom dan Pembekalan Purna Studi Calon Wisudawan

Publish

25 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
37
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqom dan Pembekalan Purna Studi bagi calon wisudawan angkatan ke-27. Kegiatan yang gelar di Asrama Haji Provinsi Riau dibuka secara langsung oleh Rektor UMRI Dr Saidul Amin MA serta dihadiri Anggota DPR RI dari Komisi VIII Dr H Achmad MSi, Pimpinan dan Civitas Akademika UMRI lainnya pada Rabu (25/9).

Dengan mengambil tema ‘Sarjana SMART Mencerahkan Umat’ kegiatan ini dikuti 989 mahasiwa yang merupakan calon wisudawan UMRI tahun 2024.

Dihadapan calon wisudawan Ke-27 UMRI yang mengikuti Baitul Arqom dan Pembekalan Purna Studi tersebut, Ketua Panitia Dr Jupendri dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin digelar setiap tahunnya.

Lewat kegiatan ini, UMRI ingin memberikan dua hal pada calon wisudawan yang akan menyelesaikan studinya, yaitu Baitul Arqom dan pembinaan karir. 

"Bukan kami menganggap bahwa ilmu yang diperoleh selama masa studi belum baik, tapi lebih pada memantapkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan yang pernah diterima. Sehingga setelah tamat, mereka betul-betul jadi kader Persyarikatan yang menjunjung tinggi Agama Islam. Sehingga masyarakat Islam yang sebenarnya itu bisa terwujud," tuturnya. 

UMRI juga menginginkan lewat kegiatan ini calon alumni dibekali sejumlah soft skill. Sehingga ketika masuk ke dunia kerja dan berbaur di tengah masyarakat, tidak ada yang gagap menghadapinya. 

Dijelaskan Jupendri, jumlah peserta pada kegiatan ini sebanyak 989 orang. Karena jumlahnya banyak, maka kegiatan ini dibagi jadi dua gelombang dan berlangsung selama 4 hari. Kegiatan ini juga akan menghadirkan sejumlah pemateri hebat.  

Sementara, Rektor UMRI, Dr Saidul Amin menilai acara ini sangat penting. Acara ini menanamkan untuk yang terakhir kalinya nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan bagi yang muslim. 

"Peserta akan dilatih salat yang baik dan menjalani kehidupan di tengah masyarakat. Karena mau tak mau, alumni UMRI adalah duta Muhammadiyah di tengah masyarakat," paparnya. 

Dia berharap, setelah jadi alumni jangan sampai ada yang tidak mau shalat. Bahkan tidak mau datang ke Masjid. Karena, alumni UMRI adalah orang-orang yang akan membawa nama Muhammadiyah di tengah masyarakat.   

Selain itu terkait Al Islam Kemuhammadiyahan, acara ini juga akan mengajarkan softskill. Hal penting yang akan didapatkan di dunia Perguruan Tinggi sebagai bekal untuk berkiprah di tengah masyarakat. Dengan harapan, setelah mendapat dua bekal tadi, mahasiswa tidak galau menyikapi dunia nyata. 

Saidul Amin juga menyampaikan alasan kenapa UMRI mengundang Dr Achmad menjadi pembicara awal. Menurut dia, hal itu dilakukan karena Achmad merupakan salah satu anggota DPR RI yang memperoleh posisi ini tidak dengan jalan mudah. Bahkan dimulai dari nol.  

Rektor juga menjelaskan sedikit bagaimana perjalanan Achmad dari awal sekolah hingga menjadi anggota DPR RI. Dia berharap, pengalaman ini bisa memberi motivasi bagi seluruh calon wisudawan. 

Sementara, Dr Achmad mendorong calon wisudawan harus cerdas. Ilmu yang diperoleh selama 4 tahun bisa jadi belum menjamin orang jadi cerdas. "Karena orang pintar belum tentu cerdas. Sementara, tingginya ilmu jika tidak cerdas, tentu tak akan ada gunanya," tuturnya. 

Calon wisudawan yang telah memiliki ilmu juga diminta tidak seperti pisang. Karena pisang hanya berbuah sekali. Dia mendorong calon alumni menjadi seperti pepaya yang selalu bermanfaat sepanjang hidup. 

Anggota DPR RI ini juga meminta agar tidak banyak mengeluh. Karena menurut dia, mengeluh bukan solusi dari semua masalah. Alumni UMRI diharap menjadi pribadi yang tangguh. Karena, seorang yang banyak diuji akan menjadi orang tangguh dan ulet. 

"Memang selama ini sudah ada di tengah masyarakat. Namun, ketika jadi alumni, tentu kalian akan menjadi sarjana, cendikiawan yang membawa nama UMRI di tengah masyarakat," ujar mantan Bupati Rokan Hulu.

Kegiatan Baitul Arqam dan Purna Studi UMRI ini merupakan bagian dari pembekalan akhir sebelum para mahasiswa resmi dilantik sebagai sarjana, dan diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap karir mereka di masa mendatang. (Rls/Syae/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Bertempat di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman, Sabtu, 20 Januar....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dua Atlet Sepak Bola Indonesia yaitu Muhammad Ferrari dan Salman Al-Fa....

Suara Muhammadiyah

18 May 2024

Berita

BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan wilayah Muhammadiyah Lampung menerima delegasi bisnis d....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Berita

PC IMM Surabaya Gelar Pelatihan Crowfunding dan Conten Creator dalam Rangkaian Tour Humanity SURABA....

Suara Muhammadiyah

20 March 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Event tahunan English Communication (ECA) 2024 yang diinisiasi progr....

Suara Muhammadiyah

29 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah