Unismuh Kini Miliki 16 Prodi Berakreditasi Unggul, Terbaru Ilmu Pemerintahan

Publish

4 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
131
Doc. Unismuh

Doc. Unismuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), menggantikan akreditasi A yang sebelumnya dipegang.

Keputusan ini dituangkan dalam SK Nomor 4572/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/VI/2024, yang ditetapkan pada tanggal 4 Juni 2024. Predikat unggul diperoleh melalui mekanisme Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Informasi ini diumumkan oleh Wakil Rektor II Unismuh, Prof. Andi Sukri Syamsuri, yang membagikan tangkapan layar laman BAN-PT di Grup WhatsApp Unismuh Makassar, Selasa, 4 Juni 2024. “Alhamdulillah, selamat Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh raih akreditasi Unggul,” ungkapnya.

Saat dikonfirmasi, Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh, Ahmad Harakan, MHI menceritakan proses panjang yang mereka lalui dengan ISK Peringkat Akreditasi. “ISK diimplementasikan berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 dan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020. Dasar inilah yang mendorong kami untuk melakukan konversi dari akreditasi A menjadi Unggul,” katanya.

ISK, lanjutnya, merupakan instrumen tambahan yang digunakan untuk konversi peringkat akreditasi yang diperoleh dengan Instrumen Akreditasi 7 Standar menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan Instrumen Akreditasi 9 Kriteria.

Terdapat empat instrumen kunci dalam ISK, yaitu instrumen dosen, instrumen kurikulum, instrumen penjaminan mutu internal, dan instrumen sistem pelacakan lulusan, jelas Ahmad Harakan. “Sekarang, Alhamdulillah, upaya kami telah membuahkan hasil sesuai harapan, yaitu Akreditasi Unggul. Tidak semua prodi yang melakukan pengusulan ISK dapat meraih pencapaian serupa,” ungkapnya.

Faktor pendukung keberhasilan ini meliputi dukungan penuh dari semua stakeholder, baik di tingkat universitas maupun fakultas, serta dukungan dari tenaga teknis profesional. Namun, perjalanan ini tidak lepas dari kendala.

Selain itu, banyak pihak yang berperan aktif dalam pencapaian ini, termasuk tim penginputan data, pimpinan prodi, Badan Penjaminan Mutu di tingkat universitas, GKM Fakultas, dan seluruh dosen.

Ahmad Harakan menambahkan bahwa program studi ini sedang mempersiapkan diri untuk Akreditasi Internasional. Kesuksesan ikhtiar internasionalisasi program studi telah dirintis sejak tahun 2016 melalui berbagai kegiatan seperti International Conference, Visiting Professor, Student Exchange, ISO 21001:2018, penerbitan Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan terindeks Web of Science, KKN Internasional, pembukaan kelas internasional hingga kegiatan prestisius lainnya.

"Ikut terlibat dalam Hibah PRELAB bersama University of Latvia, Dublin City University, Irlandia, dan lain-lain juga merupakan bagian dari upaya internasionalisasi ini," tambahnya.

Dekan FISIP Unismuh, Dr. Ihyani Malik mengatakan semua raihan ini merupakan wujud dari kerja keras semua pihak. “Alhamdulillah, pencapaian yang luar biasa. Termasuk akreditasi yang lama kami tunggu-tunggu. Menjadi prodi ke-2 yang unggul dari 3 prodi di FISIP. Ini tidak lepas dari kerja keras tim dan dukungan dari semua pihak, mulai dari rektorat, BPM, hingga ke prodi," katanya.

Apresiasi turut disampaikan Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse. Ia sangat bangga dengan raihan prestasi yang telah digapai oleh Unismuh Makassar. Diharapkan ke depan kampus ini terus melahirkan prestasi-prestasi yang gemilang baik tingkat nasional maupun internasional.

"Alhamdulillah, Prodi Ilmu Pemerintahan menjadi Unggul. Terima kasih kepada Pimpinan Fakultas, Pimpinan Prodi bersama dosen dan Karyawan, yang secara sungguh- sungguh berusaha untuk mewujudkan akreditasi Unggul tersebut, barakallahu fikum," ungkapnya. (Hadi/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Milad Muhammadiyah yang ke-111, Universitas Ahmad Dahlan mengundang....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ratusan warga persyarikatan Muhammadiyah Kota Makassar memadati pelat....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Merespon bencana banjir di Demak, Universitas Muhammadiyah Surakarta....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - TIM Kreativitas Mahasiswa Kewairausahaan (PKM-K) Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Dr. Edy Soesanto, SKp., M.Kes dilantik menjadi Rektor Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah