Semarak Tutup Tahun KB-TK ABA Karangjati Indah 1 Kasihan

Publish

8 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
183
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Kegiatan Akhirussanah sekaligus pentas seni tutup tahun ajaran 2023-2024 KB-TK ABA Karangjati Indah 1 Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, yang berlangsung di Gedung Sastro Soekarno Balai Desa Bangunjiwo, berkesan di hati para murid serta orang tua. "Kegiatan dengan tema merajut impian ini merupakan simbol bahwa anak telah menyelesaikan pendidikan formal," terang Kepala KB-TK ABA Karangjati Indah 1, Anik Setyawati, S.Ag, Sabtu (8/6/2024).

Sederhana, guyub, bikin gemes, hangat dan apresiatif. Itulah prosesi pelepasan 58 siswa: 15 KB dan 53 TK yang dihadiri Lurah Bangunjiwo Parja, ST, MSi, Pendiri dan Penasihat KB-TK ABA Karangjati Indah 1 dr HM Soeroyo Machfudz, Sp.A (K), MPH, Ina Nazariyati, S.Pd.I (Ketua Pengurus KB-TK ABA Karangjati Indah 1), Penasihat PRM Bangunjiwo Barat Agus Mulyono, SE, Dra Suratini (Pengawas TK Kapanewon Kasihan) dan Mudiyana, S.IP, M.Si (Penilik PAUD Non Formal Kapanewon Kasihan).

HM Soeroyo Machfudz mengimbau kepada orang tua agar di usia balita tetap menjaga nutrisi atau gizi untuk dapat menggapai impian. "Belajar bisa konsentrasi di TK," ungkap Soeroyo yang ucapkan terima kasih kepada Pemkal Bangunjiwo yang telah memberikan fasilitas untuk kegiatan belajar mengajar.

Pada kesempatan itu dimeriahkan pentas tari, senam, angklung, hafalan surat pendek, hadits dan doa sehari-hari serta hafalan surat ad-Dhuha dan ayat Kursi.

Keharuan nampak ketika ucapan terima kasih dan perpisahan disampaikan kepada para guru ketika penyerahan kembali siswa kepada orang tua. "Selamat menempuh ilmu di tempat yang baru, Nak. Jadilah insan pembelajar di manapun kau berada," ungkap Anik yang menerangkan total siswa ada 113 anak.

Sejatinya, acara penutupan masa belajar ini bukan pesta wisuda yang menandakan telah berakhirnya proses pendidikan. "Sebab siswa akan melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar," kata Agus Mulyono selaku Penasihat Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bangunjiwo.

Lebih tepatnya, lanjut Agus, ini momen merayakan kemandirian siswa dan merayakan kesiapan siswa untuk melanjutkan ke jenjang SD.

Lurah Bangunjiwo, Parja, ST, MT, mengatakan, kemandirian dicapai melalui proses. "Dan perlu pola asuh keluarga dan sistem pendidikan di sekolah yang saling mendukung," katanya.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu wadah bermain dan belajar bagi anak-anak. Dalam proses pendidikan di KB-TK ABA Karangjati Indah 1 anak-anak dididik dan dibantu untuk mengeluarkan serta mengembangkan potensi dan kreatifitasnya sejak dini. Tentunya melalui program bermain sambil belajar sehingga diyakini tidak akan membuat anak-anak jenuh ataupun bosan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada hari ini, Jum’at, 23 Februari 2024 telah berlangsung Sidang....

Suara Muhammadiyah

26 February 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Prambanan (Musapra) Daswati Rof....

Suara Muhammadiyah

12 June 2024

Berita

TERNATE, Suara Muhammadiyah – Hari yang bersejarah bagi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara ....

Suara Muhammadiyah

17 September 2023

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah – Penandatanganan Kesepahaman Bersama (MoU) mengenai Catur Darma Pe....

Suara Muhammadiyah

14 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir, MSi....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah