Unismuh Lantik 9 Pejabat Baru, Rektor: Bekerjalah dengan Hati

Publish

15 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
408
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat manajemen kampus melalui pelantikan sejumlah pejabat struktural baru. Acara ini digelar di Ruang Rapat Senat, Lantai 17 Unismuh Makassar, pada Senin, 15 Juli 2024, yang dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Dekan, dan Kepala Badan di lingkungan Unismuh.

Kegiatan ini diawali dengan pengajian oleh Wakil Rektor IV Unismuh Dr Mawardi Pewangi. Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor oleh pihak terkait.

Dalam prosesi pelantikan ini, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse melantik beberapa pejabat baru, yaitu:
- Try Gustaf Said, S.Pd., M.Pd menggantikan Hj. Haerani Gama, SE sebagai Kabag BKD, Kepangkatan, dan Serdos.
- M. Rizal, KR., S.Ag., M.M. menggantikan H. Muhammad Rusdi, S.E., M.M. sebagai Kabag SDM dan Kepegawaian.
- Hartini Nanda, S.Ag. menggantikan Drs. Agus Hidayat sebagai Kabag Umum & Sekretariat.
- Mita Astuti, S.E., M.Ak. menggantikan Nurhayati Naba SE sebagai Juru Bayar Biro Administrasi Umum, Keuangan, dan Sumber Daya (BAUKS)
- M. Zarkasih Yunus, S.Pd. menggantikan Sabri ST sebagai Kepala Tata Usaha Program Pascasarjana.
- Nur Aliah, S.Ag menggantikan Nurahedah Hamdat, S.Sos sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis
- Rahmawati, S.E. menggantikan Drs. Muh. Ilyas sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
- Sabria S.Pd menggantikan Hj. Aminah Kadir, SE sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Pertanian.
-  Suryani Prawita Sari S.Pd M.Pd. menggantikan Mantang, SE sebagai Kepala Tata Usaha - Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan.

Acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan oleh pejabat yang baru dilantik dan disaksikan oleh para hadirin. 

Tiga Pesan Ketua BPH

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Prof. Gagaring Pagalung, memberikan sambutannya pada acara pelantikan pejabat struktural baru di Unismuh Makassar. Ia menekankan tiga poin penting terkait pergantian jabatan dan tantangan ke depan yang dihadapi Unismuh.

Pertama, Prof Gagaring menegaskan bahwa pergantian jabatan adalah suatu hal yang alami dan diperlukan dalam sebuah organisasi, sama halnya dengan siklus hidup manusia yang pada akhirnya akan menghadap Sang Pencipta. 

"Pergantian jabatan itu sunnatullah suatu organisasi. Seperti manusia yang suatu saat akan menghadap Allah SWT. Sama halnya dalam organisasi, ini disebut business process," ujarnya.

Unismuh yang saat ini telah meraih predikat unggul, menurut Gagaring, memerlukan regenerasi yang baik untuk terus mendukung kinerja akademik dan keuangan. 

"Tantangan yang dihadapi Unismuh saat ini berbeda dengan generasi kita dulu. Mahasiswa yang kita hadapi sekarang adalah generasi Z dan Alpha. Menghadapi business process di Unismuh, dari proses belajar mengajar hingga pelayanan administrasi mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidikan, memerlukan penyesuaian yang terus-menerus," tambahnya.

Prof Gagaring juga mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang purna bakti atas jasa-jasanya selama ini. Bagi pejabat baru, ia mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi tidak hanya untuk menjaga Unismuh tetap unggul, tetapi juga memastikan setiap bagian dalam organisasi turut berprestasi. 

Menutup sambutannya, Prof Gagaring mengutip filosofi dari Ibnu Rusd (Averroes), "Siapa yang bermain-main dengan usianya berarti menyia-nyiakan hari penanaman, yang menyia nyiakan hari hari penanaman akan menyia nyiakan hari panen," kata Gagaring.

Pesan ini ditujukan sebagai pengingat bagi pejabat baru untuk tidak menyia-nyiakan waktu dan terus bekerja keras demi kemajuan Unismuh.

Dengan pelantikan pejabat baru ini, diharapkan Unismuh Makassar dapat terus beradaptasi dan meraih prestasi yang lebih baik di masa mendatang.

Amanah Rektor

Prof Ambo Asse mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat yang telah purna tugas. "Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras yang telah diberikan. Apa yang telah kita lakukan bersama semoga menjadi amal jariyah yang bermanfaat," ujarnya.

Kepada pejabat baru, Rektor menyampaikan selamat bertugas dan berharap mereka sukses dalam menjalankan amanah yang diberikan. Ia menjelaskan alasan pergantian jabatan sebagai bagian dari proses regenerasi yang alami dalam organisasi. 

"Pergantian ini dilakukan karena proses purna bakti yang tidak dapat berlangsung dalam jabatan. Ada masa tenggang di mana pejabat lama masih memberikan bimbingan dan pendampingan kepada penggantinya," tambahnya.

Rektor menekankan pentingnya meninggalkan kebaikan yang dapat menjadi amal saleh atau jariyah bagi penerus. "Pimpinan fakultas diharapkan memberikan arahan kepada kepala Tata Usaha yang baru. Bekerjalah dengan hati, bukan dengan nafsu, agar semua merasa nyaman dan tenang, sehingga akhirnya tugas dapat diselesaikan dengan sukses," jelasnya.

Ia menekankan tiga aspek penting dalam menjalankan amanah. Pertama, Integritas. 

"Jujur dalam ucapan, sikap, dan tindakan. Keteladanan dan akhlak mulia adalah bagian dari integritas," ungkapnya.

Kedua, komitmen. "Berkomitmen pada tugas, agama, persyarikatan Muhammadiyah, dan universitas," tambah Ambo Asse.

Ketiga, kompetensi, kata Ambo Asse, bermakna memiliki kemampuan intelektual dan kapasitas untuk memgemban tugas yang diberikan.

Ia juga menyoroti pentingnya kolaborasi dan sinergi dalam kebersamaan, serta menghindari konflik yang dapat merusak keharmonisan dan keunggulan institusi.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhamamdiyah – Persoalan hal ihwal radikalisme menjadi salah satu kompleksit....

Suara Muhammadiyah

5 December 2023

Berita

Kolaborasi PWA DIY Bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  YOGYAKARTA....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) kembali menggelar Baitul Arqam ....

Suara Muhammadiyah

8 June 2024

Berita

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah - Berbahagia dan beruntunglah pada hari ini, kepada mereka yang telah ....

Suara Muhammadiyah

14 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FH UMY) y....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah