UTM Jakarta Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Publish

11 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
117
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta (UTM Jakarta) kembali menunjukkan komitmennya dalam peningkatan kualitas pendidikan dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama 23 Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (FPPTMA) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Penandatanganan ini berlangsung dalam acara Silaturahmi Nasional Perpustakaan Muhammadiyah Aisyiyah (SILASMA) yang diadakan pada 5-7 Juni 2024 dihadiri oleh perwakilan 172 PTMA di ruang Aula BAU UMM Malang Jawa Timur.

Kegiatan SILASMA yang digelar oleh FPPTMA ini juga dihadiri oleh berbagai perpustakaan perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah dari seluruh Indonesia. Universitas Muhammadiyah Jakarta turut berpartisipasi sebagai peserta dalam acara yang meliputi Seminar Nasional bertema “Kontribusi Perpustakaan dalam Pengembangan Reputasi Institusi”, Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS), MoU, Talk Show, Call for Papers, FPPTMA Awards, dan Cultural Tour.

Rektor UTM Jakarta, Prof, Dr. H. Suradika, M. Pd yang diawakili oleh Susi Marlina, S. Hum.,M.A, sebagai Kepala Pustawakan UTM Jakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat jaringan perpustakaan Muhammadiyah Aisyiyah serta memanfaatkan sumber daya dari Perpusnas RI. “Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan literasi, mendukung penelitian, dan meningkatkan reputasi institusi melalui kontribusi perpustakaan yang lebih baik,” ujar Susi Marlina.

Prof Dr. Nazaruddin Malik, M. Si sebagai Rektor UM Malang dan Irkhamiyati selaku Ketua Umum FPPTMA., juga menyampaikan apresiasi atas inisiatif ini dan menegaskan pentingnya kolaborasi antara perpustakaan nasional dan perguruan tinggi. “FPPTMA siap mendukung pengembangan perpustakaan di lingkungan Muhammadiyah Aisyiyah dengan menyediakan akses ke berbagai sumber informasi dan program pelatihan untuk para pustakawan,” ujarnya.

Mohammad Adam Jurusalem, Ph.D selaku Wakil seketaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, menyatakan literasi yang tinggi menyatakan posisi ilmu dan iman setara. Alquran q.s  Al-Mujaddalah Ayat 11.  Dan Artinya: “Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha Melihat terhadap apa yang kamu kerjakan.” akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu.

Penandatanganan MoU ini mencakup beberapa bidang kerja sama Pengembangan Koleksi,  Pelatihan dan Pengembangan SDM, Pemanfaatan Teknologi Informasi, serta Penelitian dan Publikasi. 

Kegiatan SILASMA yang diadakan oleh FPPTMA ini juga menampilkan berbagai acara menarik seperti Seminar Nasional, Talk Show, Call for Papers, dan Cultural Tour, yang bertujuan untuk memperkuat jejaring dan berbagi pengetahuan di antara para peserta.

Dengan adanya MoU ini, diharapkan perpustakaan perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah dapat lebih berperan aktif dalam mendukung proses belajar mengajar dan penelitian, serta memberikan layanan informasi yang lebih baik kepada sivitas akademika. *

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh  Dr. ....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menjadi tuan ruma....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Berita

KEDIRI, Suara Muhammadiyah - Summer Camp merupakan agenda tahunan SD Muhammadiyah 15 Surabaya (....

Suara Muhammadiyah

16 January 2024

Berita

Tingkatkan Peran Tenaga Kesehatan dalam Pelayanan, Pencegahan, dan Penanganan YOGYAKARTA, Suara Muh....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Tim Tapak Suci IMBS Miftahul Ulum Pekajangan sukses menyabet gelar ....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah